10 Rahasia WhatsApp yang Wajib Kamu Tahu Sekarang juga

0

Hampir setiap waktu kita menggunakan aplikasi ini namun kadang kita melewatkan sesuatu fitur yang ada di sana. Ya.. khususnya penggun WA  yang lama yang tidak begitu memperhatikan update fitur yang ada. Rahasia whatsapp ini adalah fitur yang masih belum diketahui oleh kebanyakan orang.

Ada banyak sekali fitur whatsapp yang bisa di gunakan untuk keperluan komunikasi dengan sesama.  Namun ada beberapa fitur yang masih tersebunyi yang masih jarang orang menggunannya. Semoga  Rahasia WhatsApp bisa menambah wawasan kamu semua.

Baca juga :
Aplikasi Penting Android Terbaik Namun Jarang di Gunakan
Tips Memaksimalkan dan Mengoptimalkan HP Android

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi pesan instan yang populer di telingan para pengguna smartphone. Tidak hanya berkirim pesan tulis, WhatsApp juga dapat digunakan untuk mengirim pesan suara, file, bahkan video.

Rahasia WhatsApp

Namun tidak disangka dan mungkin Anda belum tahu bahwa WhatsApp ternyata mempunyai beberapa fitur rahasia tersembunyi. Walaupun disebut rahasia tersembunyi, tapi sebetulnya fitur tersebut dapat diakses dan digunakan oleh siapapun juga dengan satu syarat mengetahui caranya.

Pengguna WhatsApp di smartphone bisa menggunakannya untuk mempermudah banyak hal, semisal melindungi privasi, meminimkan konsumsi data, hingga menyimpan percakapan ke dalam bentuk teks.

Nah, apakah kamu ingin tahu fitur rahasia whatsapp sekarang juga?

Lihat juga :
Download WhatsApp (WA) Terbaru Apk AndroidOffline 2017

 

Rahasia whatsapp yang masih belum diketahui banyak orang yang harus kamu ketahui

 

1. Sembunyikan “Last Seen”

WhatsApp memperbolehkan para penggunanya untuk saling melihat waktu terakhir mereka online. Namun jika hal itu menurut Anda terasa mengganggu privasi, maka Anda dapat menyembunyikan tanda “last seen” tersebut.

Caranya cukup mudah yaitu pilihlah menu Setting, lalu pilih tab Account dan Privacy. Kamu akan temukan bilah bertulis “Last Seen”. Pilihlah tab tersebut, maka muncul pilihan lain secara pop-up.

Kamu akan temukan beberapa pilihan yaitu Everybody supaya semua orang dapat melihat “Last Seen” kamu, atau pilih My Contact supaya cukup orang yang ada di buku kontak kamu saja yang dapat melihat last seen kamu, atau bisa kamu pilih Nobody supaya last seen kamu tertutup oleh siapapun, tidak ada satu pun orang yang dapat mengetahui informasi last seen kamu.

 

2. Cadangkan percakapan

Fitur rahasia whatsapp berikut ini adalah mengembalikan semua percakapan seperti semula. di WA Anda dapat membuat backup atau cadangan data percakapan kamu, sehingga pada waktu kamu berganti ponsel, maka percakapan lawas yang kamu backup bisa kamu pulihkan kembali dengan sangat mudah.

Caranya: pilih menu Setting, lalu cari tab Chat dan Chat Backup. Di situ terdapat pengaturan menyimpan cadangan data percakapan ke Google Drive. Pilih pengaturan tersebut dengan memasukkan akun Gmail, dan atur aplikasi otomatis untuk melakukan backup sesuai durasi waktu yang kamu tentukan. Selanjutnya kamu tinggal menunggu saja, sebab semua sudah berjalan secara otomatis.

 

3. Simpan Percakapan

Pengguna WhatsApp dapat menyimpan percakapan mereka ke dalam bentuk teks. Hal ini sangat berguna bagi orang seperti kamu, orang yang rapi dan suka menyimpan arsip percakapan apapun yang kamu anggap penting.

Caranya: bukalah tab percakapan yang ingin kamu simpan ke dalam bentuk teks. Lalu sentuh tiga titik yang ada di sebelah kanan atas, kemudian ke bilah More dan sentuh pilihan Email Chat. Selanjutnya kamu dapat memilih untuk menyertakan bermacam media yang ada di percakapan atau cuma teks aja. Setelah kamu memilih salah satunya maka akan muncul e-mail untuk mengirimkan percakapan itu. Selesai.

 

4. Block kontak

Jika kamu sering jengkel karena mendapatkan kiriman pesan spam maka sebenarnya kamunbisa memblokirnya. Karena WhatsApp telah memberikan fitur blokir spam dan fitur itu dapat kamu gunakan dengan mudah.

Caranya: buka percakapan dengan pihak yang kamu inginkan. Lalu sentuh menu titik tiga di bagian kanan atas, dan pilihlah tab More. Selanjutnya kamu cari ‘Block’ di menu yang muncul. Lalu sentuhlah, dan selesai.

 

5. Hentikan download otomatis

Umumnya bermacam foto, mp3, atau video yang dikirimkan melalui aplikasi WhatsApp akan terdownload otomatis. Dan hal ini bagi sebagian orang sangat menjengkelkan karena ponsel bisa error, sebab memori internel ponsel menjadi penuh, ponsel lelet, dan menghabiskan paket data. Apalagi jika foto-foto itu jorok dan video tak penting. Na’udzubillah. J

Untuk itu supaya tidak semua media yang kamu terima terunduh otomatis maka kamu harus mengubah pengaturan WhatsApp.

Caranya: masuk ke menu Setting, lalu pilih Data Usage. Di dalamnya kamu temukan tab Media Auto Download yang merupakan pengaturan download otomatis. Sentuh tab tersebut, selanjutnya kamu akan temukan tiga tab lagi, yaitu When using mobile data, When connected on WiFi, atau When roaming. Lalu aturlah masing-masing tab tersebut, pilih media apa saja yang boleh terdownload otomatis, atau bahkan kamu bisa memilih tidak download sama sekali. Mudah bukan?

 

6. Tanda bintang

Berilah tanda bintang pada percakapan di WhatsApp yang kamu anggap menarik atau penting. Tanda bintang ini sangat berguna untuk mencatat informasi penting tersebut, semisal percakapan yang didalamnya terdapat alamat rumah atau nomor telepon yang kamu perlukan.

Caranya: pilihla pesan yang akan kamu tandai, sentuh dan tahanlah pesan tersebut beberapa detik. Maka akan muncul tanda bintang pada header WhatsApp, yang berada tepat disamping ikon “delete”. Lalu pilihlah tanda bintang itu untuk menyimpan atau mencatat pesan.

Perhatian: jika kamu ingin melihat bermacam pesan yang telah kamu tandai bintang, maka kamu cukup sentuh menu titik tiga di bagian sudut kanan atas. Kemudian pilih tab “Starred messages”.

7. Sembunyikan tanda centang

Ketika kamu kirim pesan melalui WhatsApp dan pesan itu telah dibaca maka akan muncul centang biru. Hal ini sangat membantu sekali. Namun, jika kamu tak ingin lawan bicara kamu mengetahui status pesan dia sudah kamu baca atau belum, karena alasan tertentu, maka kamu sebenarnya bisa melakukannya.

Caranya: pilih menu Settings, lalu Accounts dan Privacy. Di bagian bawah, kamu akan menemukan tab Read Receipts. Hapuslah tanda centang di bilah itu. Selesai tanda centang telah non-aktif.

 

8. Teks tebal dan miring

Dalam penulisan pesan WhatsApp kini dapat dibuat dengan huruf bold (tebal) atau italic ( miring), dan strike through (di coret). Caranya pun mudah kamu cukup hanya menambahkan karakter tertentu sebelum dan setelah kalimat yang akan di format.

  • Tambahkan tanda bintang (*) di antara *kalimat yang kamu inginkan* supaya kalimat tersebut menjadi tebal.
  • Tambahkan underscore  (_) di antara _kalimat yang kamu inginkan_, supaya kalimat tersebut menjadi miring.
  • Dan Tambahkan tanda ~ di antara ~kalimat yang kamu inginkan~ supaya kalimat tersebut dicoret (strike through).

9. Colek teman

Fitur ini biasanya l;ebih populer di facebook namun di WA kamu juga bisa melakukannya. Aplikasi WhatsApp kini juga memiliki fitur mencolek atau mention teman di grup percakapan. Dengan fitur colek ini, teman yang kamu colek dalam grup obrolan akan lebih awas ketika di-mention. Sebabnya, fitur mention itu akan memaksa sistem untuk membunyikan notifikasi ketika teman kamu di colek, meskipun grup percakapan tersebut telah dibuat mute (mode senyap), yang pada sebelumnya, jika teman grup kamu gunakan mute di grup, sistem tidak mengeluarkan bunyi notifikasi. Sehingga teman kamu tidak menyadari bahwa dia sedang kamu ajak berbicara di grup WhatsApp.

Cara menggunakan fitur mention atau colek yaitu dengan menambah simbol “@” (tanpa tanda petik). Setelah itu deretan nama kontak yang ada di grup kamu akan muncul. Dan kamu cukup memilih salah satu dari daftar kontak tersebut, atau kamu juga bisa langsung mengetik nama yang kamu inginkan.

 

10. Balas pesan yang tenggelam

Apabila kamu ingin mengutip satu pesan di sebuah grup dan ingin membalasnya, kamu bisa menekan beberapa detik pesan tersebut, maka antarmuka WhatsApp akan memunculkan beberapa ikon untuk bertindak. Salah satunya, yaitu ikon panah di sebelah paling kiri, tekan tanda panah tersebut, maka WhatsApp secara otomatis akan mengutip pesan itu dan silahkan kamu membalasnya. Selanjutnya kamu tinggal kirim pesan komentar kamu tadi.

Anggota grup yang lain akan mengerti bahwa kamu sedang membalas pesan tertentu yang dilontarkan satu teman yang kamu komentari.

Demikianlah 10 Rahasia WhatsApp yang Wajib Kamu Tahu. Semoga bermanfaat.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.