9 Fungsi Bluetooth yang Perlu Kamu Tahu Agar Tidak Katrok

0

Fungsi Bluetooth adalah sebagai alat tranfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Bluetooth awalnya dibuat oleh Ericsson tahun 1994 sebagai teknologi terbaru pengganti dari infrared (infra merah).

Bluetooth adalah jenis hargware (perangkat keras) yang ditanamkan di berbagai perangkat elektronik, seperti ponsel, komputer, dan laptop. Ada juga yang ditanamkan di printer, kamera digital, dan proyektor. Dan seterusnya.

Baca juga:

Cara Memperbaiki Memori Card Rusak Atau Tidak Terbaca

9 fungsi bluetooth

Awal mula tercipta, fungsi bluetooth adalah sebagai alat tranfer data dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Namun seiring waktu, fungsi bluetooth semakin melebar dan berkembang.

Berikut 9 Fungsi Bluetooth yang perlu kamu tahu:

  • Kirim dan Menerima File di Ponsel, PC dan Laptop

Untuk fungsi bluetooth ini sudah sangat maklum, sehingga tidak perlu kami panjang lebarkan kata-kata. Semua sudah tahu jika bluetooth bisa kita gunakan untuk tranfer file dari ponsel ke ponsel yang lain, atau dari ponsel ke PC atau laptop.

  • Mencetak File dari Printer Tanpa Colok Kabel

Selain itu, bluetooth juga bisa kalian gunakan untuk mencetak file tanpa harus menyambungkan kabel printer ke PC atau laptop. Ini bisa kalian lakukan jika printer sudah memiliki bluetooth tentunya. Jika belum tahu, kalian bisa googling untuk mengetahui printar apa saja yang sudah tersupport bluetooth.

  • Bertukar File di Kamera Digital dan Handycam

Jika Kamera Digital atau Handycam kamu sudah support bluetooth, maka kamu bisa memanfaatkan fungsi bluetooth untuk bertukar file tanpa harus khawatir kamera digital dan handycam penuh memori.

  • Mendengarkan Musik Tanpa Kabel di Speaker dan Headset

fungsi bluetooth selanjutnya ialah mendengarkan musik tanpa colok kabel di speaker atau headset dengan hanya perlu mengaktifkan bluetooth keduanya. Dua perangkat audio ini sudah ada yang support bluetooth dan bisa kalian coba dan buktikan.

  • Menjalankan Mouse dan Kayboard Tanpa Colok Kabel

Fungsi bluetooth ini cocok kalian gunakan tanpa perlu repot colok kabel. Karena sudah banyak dijual Mouse dan kayboard yang dapat dijalankan tanpa kabel.

Uniknya, Kayboard itu juga bisa kamu koneksikan ke smartphone sebagaimana ke PC atau laptop.

  • Menghubungkan Gamepad ke PC atau Laptop

Gamepad idealnya memang tanpa kabel agar para gamer bisa leluasa bergerak dan fleksibel. Untuk itu, Fungsi bluetooth bisa menjadi solusi menghubungkannya ke PC tanpa colok kabel lagi. Dengan begitu, para gamer tidak harus dekat dengan monitor.

  • Menghubungkan Proyektor Lebih Jauh

Proyektor bisa kamu gunakan dengan jarak lebih jauh dengan bantuan bluetooth, daripada proyektor dengan koneksi kabel.

  • Berbagi Internet ke Perangkat Lain

Fungsi bluetooth ini bisa disebut dengan Tethering, yakni membagikan sambungan internet ke perangkat lain dari perangkat yang mengakses internet. So, kamu bisa membagikan koneksi internet smartphone kamu ke smartphone teman kamu dengan bantuan bluetooth.

Caranya, koneksikan smartphone kamu ke internet dengan mencentang “Bluetooth Tethering” di Pengaturan Tethering and Poretable Hotspot. Selanjutnya buka semartphone lainnya dengan pengaturan yang sama tanpa dikoneksikan ke internet.

  • Nelpon Gratis Tanpa Pulsa dan Tanpa Internet

Fungsi bluetoth yang terakhir ini bisa kamu lakukan dengan bantuan aplikasi BlueFi.

Berikut cara lengkapnya:

Cara Gratis Nelpon, SMS dan Chatting di Android via BlueFi

Itulah 9 Fungsi Bluetooth yang Perlu Kamu Tahu Agar Tidak Katrok. Semoga bermanfaat. Silahkan mencoba dan jangan lupa share pengalaman kalian di kolom komentar. Terimaksih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.