Apakah BIOS Perlu di Update? Begini cara Menentukannya

0

nutuler.com – Apakah BIOS Perlu di Update pada komputer anda? Mungkin tidak, tapi di artikel ini saya akan memandu Anda melalui proses penentuan apakah ada update untuk firmware BIOS atau UEFI Anda dan apakah Anda perlu menginstalnya atau tidak.

Hanya karena ada update untuk BIOS Anda, tidak berarti Anda harus menginstallnya. Ini adalah mitos bahwa update BIOS entah bagaimana membuat komputer Anda lebih cepat atau berjalan lebih baik. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, pembaruan BIOS dapat memperbaiki masalah motherboard yang mungkin membuat komputer Anda memiliki kinerja lebih baik, namun biasanya tidak terkait dengan kecepatan.

Apakah BIOS Perlu di Update

Baca juga :
Cara Screenshot di Laptop Windows Tanpa Software Tambahan
Membuka Situs yang Diblokir di Google Chrome

Sebagai contoh, update BIOS dapat membantu memecahkan masalah mesin yang terlalu panas. Selain itu, banyak update BIOS yang dirilis yang hanya mendukung perangkat keras baru seperti model CPU atau kartu grafis baru. Jika Anda secara khusus membutuhkan perangkat keras baru ini, mungkin perlu mengambil risiko untuk menginstalnya. Jika tidak, maka sebaiknya tetap dengan BIOS Anda saat ini karena BIOS baru tidak akan ada bedanya dan sebenarnya bisa menimbulkan lebih banyak masalah.

Berbeda dengan Operating Sistem, BIOS adalah perangkat lunak tingkat rendah yang tersimpan pada sebuah chip pada motherboard komputer. Untuk memperbarui perangkat lunak tingkat rendah ini, Anda biasanya harus ” flash BIOS “, yang akan menggantikan perangkat lunak lama dengan versi baru. Jika Anda membeli komputer dari Dell, HP, dll, Anda biasanya hanya perlu mendownload file EXE dan menjalankannya untuk menyalakan BIOS.

Lihat juga :
Membuat Shutdown Otomatis di Laptop Berbasis Windows
Cara Menampilkan File Hidden di Laptop Windows Secara Permanen

Apakah BIOS Perlu di Update, Begini Cara memnetukan.

Nah, Apakah BIOS Perlu di Update? Jika Anda menata komputer Anda sendiri, Anda perlu mendownload program pembaruan BIOS dari produsen motherboard Anda atau Anda perlu melakukan flash secara manual, yang biasanya memerlukan USB stick dan booting ke DOS.

Alasan Mengapa Komputer Anda tidak perlu update BIOS

Setiap model motherboard memerlukan versi BIOSnya sendiri dan ini adalah tempat masalah bisa terjadi.

  1. Pertama, jika Anda menggunakan BIOS untuk motherboard yang berbeda atau bahkan revisi yang sedikit berbeda dari motherboard yang sama, masalah utama bisa terjadi. Komputer Anda mungkin tidak menyala sama sekali atau Anda mungkin mendapat pesan kesalahan aneh saat boot.
  2. Kedua, jika komputer kehilangan daya atau ada yang tidak beres selama pembaruan itu sendiri, komputer Anda bisa menghancurkan komputer Anda dan memerlukan biaya berlipat-lipat untuk memperbaikinya.
  3. Ketiga, tidak semua update BIOS diuji secara menyeluruh seperti Operating Sistem yang diinstal pada komputer Anda, jadi versi BIOS baru dapat menyebabkan masalah boot, dll.

Perhatikan bahwa produsen PC mengatasi beberapa masalah ini untuk Anda. Sebagai contoh, update BIOS dari Dell akan dikemas ke dalam file eksekusi yang akan memeriksa untuk memastikan versi BIOS yang Anda instal kompatibel dengan sistem Anda.

Sekarang setelah saya menjelaskan sedikit tentang Apakah BIOS Perlu di Update serta alasan tidak memperbarui BIOS Anda, mari kita bicarakan bagaimana mencari informasi tentang BIOS anda, apakah ada update untuk BIOS Anda.

Bagaimana mengetahui apakah ada update untuk BIOS Anda.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa versi BIOS Anda saat ini. untuk mengetahui versi BIOS anda anda bisa melihat lakukan regedit. seperti gambar di bawah ini.

cara memeriksa versi BIOS komputer

 

Catat versi dan tanggal rilisnya. Sekarang Anda harus mengunjungi situs web produsen PC dan pergi ke bagian dukungan mereka. Cari model komputer milik Anda dan Anda harus melihat bagian yang disebut Drivers and Downloads atau yang serupa. Berikut adalah contoh dari Dell.com.

drivers and download

Selalu baca catatan rilis atau rincian untuk melihat apa yang sebenarnya sedang diperbarui. Anda bisa klik Lihat rincian di situs web Dell untuk melihat informasi ini.

apakah bios perlu di update diperbaharui

Lihat juga :
Cara Membuka Password Pc Paling Mudah dan Ampuh
Penyebab Layar Biru (Blue Screen) di Laptop Windows

Masalah yang sering terjadi karena proses update BIOS

Seperti yang Anda lihat, pembaruan ini memperbaiki beberapa masalah keyboard / mouse USB dan mengupgrade ePSA ke versi terbaru. Jadi sebaiknya anda menginstall update ini? Nah, jika Anda tidak memiliki masalah keyboard atau mouse dan tidak ada masalah lain dengan sistem Anda, maka komputer tidak butuh update.

Untuk PC yang dibuat khusus, Anda perlu mengunjungi situs web produsen motherboard dan mendownload driver dari sana. Ini adalah contoh dari situs MSI di bawah ini.

Ini juga memberi Anda deskripsi tentang pembaruan yang ada. Peningkatan kompatibilitas memori berarti motherboard hanya mendukung lebih banyak chip RAM dari produsen yang berbeda. Jika memori Anda baik-baik saja, maka itu bukan alasan untuk upgrade. Ada juga perbaikan untuk kartu LAN Realtek, tapi hanya jika Anda menonaktifkannya. Terakhir, ia memiliki beberapa update driver VBIOS dan GOP, yang menurut Intel Anda hanya perlu memperbarui jika Anda memiliki masalah grafis.

Tentu saja, Anda mungkin perlu memasukkan beberapa persyaratan teknis dari Google untuk memahami apa yang mereka bicarakan. Periksa versi dan tanggal BIOS yang tercantum di situs web dan bandingkan dengan yang ada di sistem Anda. Jika Anda memutuskan ada update yang ingin Anda instal, ada beberapa cara yang mungkin.

Bagaimana cara update BIOS pada komputer / laptop anda

Pertama, download file BIOS, yang biasanya dalam format arsip seperti .ZIP. Buka arsip dan cari file Readme.txt. File ini biasanya akan menjelaskan dengan tepat apa yang perlu Anda lakukan untuk melakukan upgrade. Ada tiga jalur utama:

  1. Download file BIOS, salin ke USB, boot ke BIOS dan cari opsi di BIOS itu sendiri untuk flash BIOS
  2. Jika BIOS Anda tidak mendukung flashing, Anda mungkin harus membuat drive live USB berbasis DOS dengan file BIOS yang Anda booting
  3. Download Windows flashing tool dan jalankan file eksekusi

Pilihan terakhir adalah yang paling mudah dan biasanya apa yang akan selalu Anda dapatkan dari produsen PC besar seperti Dell, HP, dll. Untuk PC khusus, sebaiknya gunakan opsi 1 atau 2, jika mungkin, karena kurang berisiko.

Penutup

Memperbarui BIOS saat login ke Windows dapat menyebabkan masalah dan menyebabkan update gagal. Setelah Anda memperbarui BIOS dan menyalakan ulang komputer Anda, Anda akan segera menggunakan BIOS baru.

Semoga artikel tentang Apakah BIOS Perlu di Update bisa menambah wawasan untuk anda

Leave A Reply

Your email address will not be published.