Arti Jaringan G, E, 2G, 3G, H, 4G Di Smartphone Signal Bar

0

simbol-simbol seperti G, E, 2G,3G dan lainnya sangat akrab ditelinga kita, namun pernahkah memikirkan artinya ??? Dalam benak kita simbol-simbol yang berada di mobile bar tersebut sering kita artikan sebagai tingkatan / level sinyal. apakah memang Arti Jaringan G, E, 2G, 3G, H, 4G DI Smartphone seperti yang anda pikirkan?..

Anda bisa menemukannya di dekat indikator sinyal Internet?

Mari Pelajari arti huruf G, E, 2G, 3G, H dan 4G simbol ponsel dalam konteks teknologi Internet mobile.

Masa ketika ponsel digunakan terutama untuk panggilan suara telah lewat. Kini ponsel sudah menjadi pintar dan jutaan orang mengakses internet melalui smartphone mereka. Di berbagai negara, kualitas dan kecepatan mobile internet berbeda-beda tergantung pada kemajuan industri telekomunikasi.

Indikator kekuatan sinyal Internet seluler di smartphone Android Anda, ditampilkan menggunakan huruf alfabet seperti G, E, 2G, 3G, H, dan 4G di dekat bilah sinyal. Simbol ini terlihat tepat di samping indikator kekuatan sinyal. Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang arti simbol-simbol ini?.

Lihat juga :
Aplikasi Hack Android Tanpa Root Terbaru Terpopuler 2017
Fungsi Lain Power Bank yang Unik dan Mengesankan
5 Fakta Unik Seputar Nomor Telepon

Arti Jaringan G, E, 2G, 3G, H, 4G Di Smartphone

Nah, saya akan menjelaskan tentang Arti Jaringan G, E, 2G, 3G, H, 4G Di Smartphone

Arti Jaringan G, E, 2G, 3G, H, 4G DI Smartphone

Gambar di atas  menunjukkan bilah sinyal dari ponsel berbasis Windows yang khas. Artikel ini memberi tahu Anda tentang ikon nomor 2 – yang menunjukkan jenis konektivitas seluler yang Anda dapatkan:

Arti Jaringan G dalam Sinyal Mobile

Huruf G merupakan singkatan dari GPRS ( General Packet Radio Service ). Ini menunjukkan kecepatan transfer data Internet paling lambat di ponsel Anda. Bila Anda melihat G dekat dengan indikator kekuatan sinyal Anda, dapat dipastikan bahwa koneksi Anda bekerja dengan kecepatan paling lambat.

GPRS dianggap sebagai teknologi mobile generasi kedua (2G). Ini adalah yang paling lambat dan terlama di antara semua teknologi mobile. Hal ini terutama cukup baik untuk mengirim pesan teks menggunakan aplikasi seperti WhatsApp . Kecepatan data di GPRS antara 56 dan 114 kbit / detik.

Jika sinyal ponsel Anda lemah, Anda mungkin akan mendapatkan kecepatan yang lebih lambat di Internet. Ada cara untuk meningkatkan kekuatan sinyal seluler dan juga dengan kecepatan internet.

 

Arti Jaringan E dalam Sinyal Mobile

Huruf E adalah singkatan dari EDGE ( Enhanced Data Rates for GSM Evolution ). Ini juga disebut Enhanced GPRS. Teknologi ini terletak di antara teknologi 2G dan 3G. Jadi, beberapa orang menyebutnya sebagai 2.5G .

EDGE lebih cepat dari GPRS tapi masih belum cukup bagus untuk browsing internet. Butuh banyak waktu dalam memuat situs web saat bilah sinyal Anda menunjukkan huruf E bersama. Biasanya EDGE menyediakan data rate 400 kbit / detik namun dalam kondisi ideal data rate upto 1 Mbit / detik juga bisa diraih.

Teknologi ini juga terletak di antara 2G dan 3G. Mereka yang menyebut GPRS sebagai 2.5G, maksudnya merujuk EDGE sebagai 2.75G .

Arti sinyal 3G di Mobile Signal

3G berarti teknologi telepon seluler generasi ketiga . Menggunakan Universal Mobile Telecommunications System dan didasarkan pada standar GSM .

Biasanya 3G menyediakan kecepatan transfer data 384 kbit / detik. Tapi tergantung bagaimana implementasinya di berbagai jaringan, data rate bisa naik hingga 42 Mbits / detik.

Biasanya 3G lebih cepat dari EDGE dan Anda dapat dengan mudah melihat-lihat situs web danmendengarkan musik.

Makna Sinyal H dalam Sinyal Mobile

H singkatan dari HSPA (High Speed ​​Packet Access). Ini adalah bentuk teknologi 3G yang disempurnakan. HSPA menyediakan kecepatan transfer data yang lebih tinggi daripada 3G dasar.

Catatan: Pada grafik perbandingan di atas, semua kecepatan data diberikan dalam bentuk bit (misalnya kilobit, megabits dll.) Untuk mendapatkan kecepatan dalam hal byte (misalnya kilobyte, megabyte, dll.), Anda perlu membagi ditunjukkan angka dengan 8. Satu byte = 8 bit.

HSPA dapat memberikan kecepatan data puncak hingga 14 Mbit / s untuk downlink dan 5,76 Mbit / s untuk uplink.

High Speed ​​Downlink Packet Access (HSDPA) adalah versi lanjutan dari HSPA. HSDPA mendukung kecepatan download hingga 99,3 Mbit / s.

Bila Anda melihat huruf H di dekat bilah sinyal di ponsel Anda, Anda dapat mengakses musik dan bahkan video YouTube tanpa banyak gangguan. Tapi jika Anda ingin mendownload film, itu akan memakan waktu yang sangat lama!

Arti H + dalam Sinyal Mobile

Ini adalah peningkatan HSPA . Ini lebih cepat dari pada dasar HSPA (seperti yang dijelaskan di atas). Transfer data yang relatif cepat di H + akan membuat video Anda diunduh atau streaming jauh lebih lancar.

Saat ini, teknologi 4G tidak banyak tersedia. Jadi, di sebagian besar dunia, HSPA + adalah kecepatan tercepat yang bisa Anda dapatkan melalui internet seluler.

Makna Jaringan WCDMA di Smartphone

WCDMA juga merupakan teknologi 3G. Ini singkatan dari Wide-band Code-Division Multiple Access (CDMA) . Yang menarik, teknologi ini sebenarnya digunakan dalam sistem GSM. WCDMA di GSM meningkatkan kecepatan transmisi data dengan menggunakan interface udara CDMA. International Telecommunications Union telah mengadopsi WCDMA.

Arti 4G di Mobile Signal

Jika Anda melihat 4G di dekat bilah sinyal di ponsel Anda , Anda beruntung! Ini berarti Anda menggunakan koneksi Internet mobile tercepat yang tersedia di dunia saat ini.

4G adalah teknologi mobile generasi keempat. Ini juga disebut LTE (Long Term Evolution). Koneksi 4G bekerja sebaik koneksi wi-fi rumah atau kantor Anda. Dengan koneksi seperti itu Anda bisa melakukan segalanya di ponsel Anda yang bisa Anda lakukan di desktop Anda.

Untuk mengatasinya, bar pada indikator sinyal menunjukkan kekuatan atau kualitas sinyal yang Anda dapatkan di lokasi Anda saat ini. Selain itu, pembuat ponsel sering menggunakan warna kusam (seperti abu-abu) untuk menunjukkan sinyal lemah / tidak ada dan warna cerah (seperti hijau dan biru) untuk menunjukkan sinyal yang baik.

Panah kecil di bar sinyal menunjukkan bahwa transfer data sedang berlangsung. Radar seperti ikon menunjukkan koneksi wi-fi. Semoga Bermanfaat. Terima Kasih…

Leave A Reply

Your email address will not be published.