7 Cara Paling Ampuh Agar Kinerja HP Android Tidak Lelet

0

Setelah kita membeli smartphone Android sering sekali ponsel pintar itu terasa berat atau lelet dan mudah sekali error. Dan hal itu sangat menjengkelkan dan mengecewakan, apalagi jika HP Android itu mahal harganya. untuk itu kamu harus tahu bagaimana Cara agar hp android tidak lelet. karena itu penting untuk kamu ketahui saat ini.

Saat smartphone itu masih kinyis-kinyis baru dibeli, ponsel Android itu bekerja dengan lancar dan cepat. Namun, setelah beberapa bulan digunakan barulah HP itu terasa berat dan kinerjanya menurun.

Cara agar hp android tidak lelet

Kinerja yang menurun, berat dan lelet tersebut ada yang karena suatu sebab dan bisa diatasi, dan ada juga ada yang permanen.

Namun, dalam kesempatan kali ini, kami akan coba informasikan tentang cara mengembalikan kinerja smartphone kamu seperti sedia kala ketika masih baru dibeli dulu.

Baca juga :

Cara agar hp android tidak lelet , Cara agar kinerja hp android tambah cepat dan maksimal sepanjang waktu

 

1. Perbarui OS

Cara agar hp android tidak lelet yang pertama adalah memperbarui atau update ponsel Android kamu ke sistem operasi terbaru. Dengan cara masuk ke menu Setting> About device> Software update lalu sentuh Check for updates.

Jika kamu menemukan pembaruan di smartphone Android kamu, maka segeralah unduh dan pasang. Sebab, pembaruan itu umumnya menawarkan fitur baru, dan kinerja yang semakin baik. Begitupun dengan aplikasi yang terinstal di ponsel pintar kamu, jika ada pembaruan aplikasi maka jangan ragu untuk segera unduh dan pasang.

Tapi yang wajib kamu tahu adalah bahwa tidak setiap produsen merilis pembaruan untuk sistem operasi Android. Bahkan, pembaruan untuk keamanan atau sistem secara berkala pun tidak mereka rilis. Jadi, jika itu yang terjadi di Android kamu, maka tidak banyak yang bisa kamu perbuat.

So, sebelum membeli ponsel, para pengguna smartphone Android harus memperhatikan dan memilih produsen Android yang rajin memperbarui software.

Baca juga :

 

2. Bersihkan layar utama

Layar utama atau Home screen umumnya selalu dipenuhi oleh banyak shortcut atau pemintas aplikasi, entah itu baru dipasang atau pun sebab sering digunakan. Maka sebaiknya hapus saja pemintas itu, dan cukup sisakan yang diperlukan.

Di samping hal itu, kamu juga pastikan bahwa wallpaper yang kamu pasang di Android adalah wallpaper yang bersifat statis dan tidak bergerak. Jadi, jangan gunakan wallpaper yang dapat bergerak, sebab bisa menjadi beban pada kinerja Android kamu.

3. Hapus aplikasi tak penting

Banyakya aplikasi yang kamu pasang di ponsel Android juga bisa menyebabkan kinerja ponsel menjadi menurun. Jadi, jika kamu memiliki aplikasi yang jarang digunakan atau pun aplikasa yang bahkan tidak pernah kamu pakai, maka sebaiknya segera kamu hapus. Agar ruang proses ponsel Android tidak penuh dan membebani kinerjanya.

Namun jika aplikasi itu ternyata tidak bisa kamu hapus, maka sebaiknya cukup kamu matikan saja agar tidak memenuhi memori.

Caranya: masuk ke menu Settings> Apps lalu lihat aplikasi yang ada. Selanjutnya jika ditemukan aplikasi yang tak penting dan tak berguna, maka kamu klik dan pilih disable untuk mematikan aplikasi itu tanpa menghapusnya, atau kamu uninstall agar langsung terhapus.

4. Kurangi animasi

Kurangi animasi, bahkan jika perlu matikan saja agar kinerja ponsel Android kamu semakin lancar dan cepat. Caranya yaitu masuk ke menu Settings> About phone lalu pilih menu Device information atau systems. Selanjutnya cari kolom yang menampilkan Build number. Sentuh kolom itu sebanyak 7 kali agar mode Developer aktif.

Setelah itu, di menu Settings, akan muncul pilihan Developer option. Masuk dan temukan kolom Window animation scale, Transition animation scale, serta Animation duration scale. Secara berurutan. Kemudian kamu ubah angka yang tertera menjadi 0.5x atau Animation off. Selesai.

5. Bersihkan cache

Umumnya Aplikasi ponsel selalu menyimpan data cached yang dapat digunakan membuka kembali aplikasi dengan cepat. Namun, jika itu terjadi terus menerus di waktu yang lama seiring menggunakan ponsel, maka data cached tersebut pasti menumpuk dan memenuhi memori, dan selanjutnya memperlambat kerja ponsel kamu.

Jadi, hapuslah data cached itu supaya memori ponsel lebih luas. Masuk ke menu Settings> Apps, lalu pilih aplikasi yang banyak cache, semisal aplikasi media sosial seperti Path. selanjutnya bukalah aplikasi tersebut dan kamu pilih Clear Cache. Selesai.

Untuk pengguna Android 6.0.1 Marshmallow, kamu dapat buka menu Settings> Storage dan pilih, lalu cari kolom Clear cache.

Jadi sebenarnya praktik setiap ponsel dalam meletakkan kolom clear cache itu tidak sama alias berbeda-beda. Yang jelas dimanapun kolom itu, cari saja. Begitu…

Bisa juga kamu memakai aplikasi pembersih cache dari pihak ketiga, misalnya CC Cleaner atau Clean Master, dan lainnya.

6. Matikan auto-sync

Memiliki banyak akun sudah menjadi kebiasaan para pengguna smartphone Android, baik itu akun media sosial, akun e-mail atau yang lain. Dan biasanya akun itu terpasang ketika kondisi auto-sync sedang menyala.

Perlu kamu tahu bahwa Auto-sync itu merupakan fitur yang berfungsi supaya aplikasi dapat secara otomatis menarik data terbaru dalam durasi tertentu, contohnya untuk menerima email. Walaupun sebenarnya auto-syns berguna sekali, namun masalahnya adalah ketika banyak aplikasi memakainya, sehingga auto-sync bisa membuat ponsel Android kamu menjadi menurun kinerjanya dan lelet.

So, jalan keluarnya adalah memilih mematikan auto-sync di aplikasi yang kamu inginkan, dan pastikan kamu tidak terlalu membutuhkan.

7. Factory reset

Cara terakhir dan merupakan jalan pintas  Cara agar hp android tidak lelet adalah melakukan Factory Reset. Hal ini dapat menjadikan software ponsel kamu kembali ke kondisi awal waktu kamu baru beli, dan juga membersihkan semua data di ponsel.

Jadi, ketika kamu melakukan reset ulang ini maka nantinya kamu perlu mendownload ulang aplikasi yang kamu butuhkan daan menyalin ulang data. Karena factory reset telah menghapus dan membersihkan semua aplikasa dan data yang terdapat di smartphone Android kamu.

Namun Factory Reset ketika dilakukan secara berkala, dapat menjaga kinerja ponsel Android tetap baik. Dan jangan lupa sebelum reset ulang, simpan atau copy lah data terlebih dahulu.

Demikianlah informasi tentang beberapa Cara agar hp android tidak lelet . Semoga bermanfaat. Sekian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.