Cara Amankan File Pribadi di Smartphone Dan Laptop

0

Cara Amankan File Pribadi di Smartphone Dan Laptop – Para pemilik smartphone, dan laptop, tentu memiliki banyak file yang bersifat pribadi di perangkatnya. Dan dia tidak ingin file pribadi itu di akses oleh orang lain.

Namun, mungkin juga suatu saat akan ada orang di sekitar kamu yang ingin meminjam smartphone ataupun laptop milikmu. Dan tentunya kamu tidak ingin dia melihat file pribadimu itu. Atau tidak disangka ada orang yang membuka smartphone atau laptop tanpa sengaja ketika kamu menaruhnya di tempat sembarangan.

Cara Amankan File Pribadi di Smartphone Dan Laptop

Lihat juga :

 

Ini bukan masalah buruk sangka, namun lebih soal kemungkinan file pribadi itu dibuka atau terbuka dengan sengaja atau tanpa sengaja. Maka dari itu, seyogyanya kamu melakukan langkah antisipasi untuk menyimpan dan mengamankan file pribadi tersebut.

File pribadi yang kamu miliki tentunya beragam, ada yang berupa dokumen dan ada yang berupa folder yang berisi berbagai file.

Kali ini simaklah langkah antisipasi untuk mengamankan file pribadi kamu yang berbentuk dokumen atau folder berikut ini:

Bagaimana Cara Amankan File Pribadi di Smartphone Dan Laptop

 

  • Dokumen

Jika file pribadi kamu yang ada di smartphone atau laptop itu berupa dokumen Microsoft Word, maka untuk mengamankannya kamu bisa memakai fitur enkripsi kata sandi atau password yang telah tersedia di Microsoft Word.

Caranya juga cukup simpel. Fitur enkripsi password tersebut dapat kamu temukan di menu File > Info > Protect Document > lalu Encrypt with Password. Selanjutnya buat dan ketik password atau kata sandi yang akan kamu pakai untuk membuka dokumen tersebut.

Nantinya akan ada dua pilihan, apakah password diperlukan untuk mengakses dokumen dengan modus read-only saja, atau password juga diperlukan untuk mengakses dokumen plus editing. So, kamu pilih salah satu yang sesuai keperluanmu. Cukup mudah bukan?

Tidak hanya itu. Cara yang sama juga bisa kamu lakukan untuk mengamankan file pribadi kamu yang berupa dokumen PDF, Excel, dan yang sejenis yang tersimpan di smartphone atau laptop kesayangan kamu.

  • Folder

Dan jika file pribadi kamu yang berada di smartphone atau laptop yang kamu miliki berbentuk folder, baik didalamnya hanya satu file pribadi atau lebih, baik dari satu jenis yang sama ataupun tidak, semisal berupa foto, musik, video, dan dokumen dalam satu folder, maka kamu bisa mengamankan semuanya dengan satu langkah mudah yaitu program arsip.

Salah satunya yaitu program arsip 7-Zip. Setelah program 7-Zip ini ter-install di laptop kesayanganmu, maka kamu cukup klik kanan di folder yang akan kamu amankan, kemudian pilih 7-Zip > lalu Add to Archive. Atau memakai progam arsip yang lain yang sudah ada di laptop kamu. Cukup klik kanan di folder lalu Add to Arsip.

Selanjutnya kamu pilih format arsip yang kamu inginkan dan ketik password atau kata sandi yang akan kamu pakai untuk mengakses folder tersebut, lalu pilih OK. Selesai. Folder pribadi kamu telah diarsipkan dan aman.

Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk sebuah file yang tidak berbentuk folder yang kamu anggap penting dan tidak ingin diketahui oleh orang lain.

Demikian cara amankan file pribadi di smartphone dan laptop. Semoga dapat bermanfaat. Dan silahkan kamu coba. Oke. Wassalam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.