Cara Amankan WiFi dari Pembajakan Para Peretas

0

Cara Amankan WiFi dari pembajakan para peretas harus dan wajib kalian ketahui. Karena maraknya kasus pembajakan WiFi yang dilakukan para hacker. Terlebih sudah tersedia banyak aplikasi – aplikasi pembobol WiFi yang mudah di dapat dan mudah dioperasikan.

Diantar kalian pasti mempunyai WiFi di rumah atau juga modem yang bisa kalian gunakan dimana pun dan kapan pun. Kegunaan utama WiFi adalah kecepatan koneksi internet yang tentu memuaskan.  Selain itu WiFi juga bisa lebih hemat kuota internet kalian. Dan lagi kalian bisa berbagi akses internet dengan saudara atau teman dekat.

Lihat juga

Fungsi Google Chrome Ketika Offline, Tidak Terhubung Internet

Cara Mudah Mencegah Pembajakan Akun Facebook

Cara Amankan WiFi dari Pembajakan
Cara Amankan WiFi dari Pembajakan

Nah, masalahnya akan muncul jika yang mengakses WiFi di rumah kalian adalah orang asing yang tidak kalian kehendaki dengan cara membajaknya. Dia seenak udel menggunakan koneksi internet WiFi kalian. Bahkan, ada kemungkinan juga dia mengintip data dan hasil browsing kalian yang bersifat rahasia.

Oleh sebab itu, kalian harus mengetahui dan memperhatikan cara amankan WiFi agar terhindar dari pembajakan para peretas berikut seperti kutipan dari laman Telegraph:

  • Rutin Ganti Kata Sandi

Cara amankan WiFi dari pembajakan yang paling sederhana adalah dengan sering kali mengganti password WiFi.

Caranya bisa kalian lakukan melalui setting router. Coba perhatikan panduan merubah password yang umumnya sudah tersedi di setiap router.

Ingat. Gunakan kata sandi yang sulit dibajak oleh peretas dan pastikan password itu mudah kalian ingat. Sesuai standart memnuat password, yakni memakai kombinasi huruf keci, kapital, dan angka. Sedikit ribet sih, tapi itu demi amankan WiFi kalian.

  • Rutin Cek Pemakai WiFi

Setelah cara pertama kalian lakukan, pemakai WiFi kamu harus kamu cek. Perhatikan di laman pengaturan WiFi, disana terdapat daftar siapa saja yang memakai WiFi kalian.

So, jika kalian menemukan gawai asing, maka kalian wajib waspada dengan gawai tersebut.

  • Pakai Aplikasi Pemantau

Cara selanjutnya yang bisa kalian lakukan sebagai cara amankan WiFi dari pembajakan adalah melalui bantuan sebuah aplikasi pemantau jaringan WiFi.

Contoh: Fing untuk iOs dan Android. Acrylic WiFi untuk Windows. Dan Who Is On My WiFi untuk macOS.

  • Update Router

Update router perlu kalian lakukan untuk meningkatkan keamanan WiFi. Router yang menggunakan sistem operasi terbaru tentu menghadirkan keamanan yang lebih baik dan meningkat. Untuk cara update router bisa kalian lihat di buku panduan Router.

  • Pasang VPN

Sebenarnya menginstall Virtual Private Network (VPN) tidak sepenuhnya membantu. Namun dengan memasang VPN akan dapat memberikan lapisan keamanan WiFi. Pemasangan VPN ini berfungsi untuk sedikit menurunkan kecepatan internet WiFi.

So, jika pun ada orang asing yang dapat menembus WiFi kamu, namun mereka akan memerlukan waktu yang lebih lama.

Demikianlah Cara Amankan WiFi dari Pembajakan Para Peretas yang tidak bertanggung jawab. Semoga bermanfaat untuk keamanan WiFi Anda. Terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.