Cara Jitu Agar Baterai Laptop Awet dan Tidak Bocor

0

Cara Jitu Agar Baterai Laptop Awet dan Tidak Bocor

Baterai laptop merupakan salah satu komponen yang penting dan krusial. Namun daya baterai sering kali tidak optimal, terutama jika kita membutuhkan daya yang cukup lama.

Banyak cara yang disarankan agar baterai laptop tetap awet dan panjang umur, mulai dari jangan menggunakan laptop di kasur hingga penggunaan aplikasi saver baterai.

Baca juga:

Cara Membuat Password Anti Hacker dan Anti Komputer

Cara Reset Browser Google Chrome (Kembali Ke Pengaturan Pabrik)

Baterai laptop awet dan tidak bocor

Mungkin cukup membantu jika kita menggunakan mode battery saver, namun ternyata itu tidaklah cukup memuaskan. Tapi tetap cukup sebagai solusi.

Untuk itu, agar baterai laptop kamu tahan lama dan tidak bocor maka sebaiknya perhatikan tips jitu berikut ini:

  • Stop pemakaian laptop jika baterai ada di 20% ke bawah

Artinya, jangan biarkan laptop mati dalam kondisi baterai di bawah 20%, karena hal itu bisa memperlemah komponen power baterai laptop.

  • Tidak mengisi daya jika baterai ada di 40% ke atas

Artinya jika baterai laptop ada dikisaran 40% sebaiknya jangan dulu kamu isi ulang daya karena 40% merupakan ukuran yang baik, tidak terlalu banyak dan tidak juga terlalu sedikit. So, jika ingin mengisi daya baterai sebaiknya jika sudah dibawah 40% dan diatas 20% dengan alasan diatas.

  • Tidak menggunakan laptop di atas kasur

Hal itu dikarenakan pemakaian laptop ditempat tanpa sirkulasi udara seperti kasur dapat menghambat pembuangan angin dari kipas di prosesor, yang berdampak komponen baterai laptop menjadi cepat rusak.

  • Tidak memakai laptop jika sedang di isi daya

Hal itu akan mengakibatkan konflik arus listrik yang dapat merusak baterai laptop karena harus bekerja dua kali lebih besar, terlebih jika dibuat browsing.

  • Tidak extrim dalam pemakaian laptop

Artinya, tidak berlebihan dan memaksa membuka banyak aplikasi, terutama ber-internet dan bermain game berat. Hal itu cukup boros baterai, bahkan merusak laptop jika sudah extrim, seperti jika sambil di isi daya.

  • Gunakan Baterai dan Adapter Original

Sudah cukup maklum, hal itu dikarenakan untuk mendapatkan hasil optimal, karena jika komponen itu bajakan tentu perfoma tidak bisa maksimal.

  • Gunakan fitur Power Option

Pengguna Windows harus tahu dan mengerti opsi pengaturan power ini, agar selalu bijak dalam menentukan kerja baterai laptop. Selain menggunakan opsi battery saver, pengguna juga bisa mengatur sendiri agar kerja baterai optimal.

Caranya, cari Control Panel, kemudian pilih Power Options, selanjutnya pilih opsi, seperti Battery Saver, atau buat sendiri dengan memilih Create a power plan di sebelah kiri halaman menu Power Option.

Demikian yang bisa kami bagikan seputar Tips Sederhana Agar Baterai Laptop Awet dan Tidak Bocor. Semoga berguna dan membantu. Jika ada cara lain yang belum kami sebutkan, silahkan komentar di kolom comment. Sekian. Terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.