Cara Memaksimalkan Pemakaian Google Chrome di Android

0

Cara memaksimalkan pemakaian Google Chrome bagi pengguna ponsel Android jarang ada yang tahu. Padahal Google Chrome itu merupakan peramban bawaan asli smartphone. Dan browser ini merupakan salah satu dari aplikasi yang wajib terpasang di Android.

Nah, jika kalian mau sedikit melakukan pengaturan di Chrome, pasti browser bawaan itu bisa digunakan secara maksimal dan optimal.

Lihat juga:

Buka Situs Tanpa Koneksi Internet di Google Chrome Android

Cara Reset Browser Google Chrome (Kembali Ke Pengaturan Pabrik)

Fungsi Google Chrome Ketika Offline, Tidak Terhubung Internet

cara memaksimalkan pemakaian google chrome di android
Cara Memaksimalkan Pemakaian Google Chrome di Android

Oke, langsung saja perhatikan cara memaksimalkan pemakaian Google Chrome di Android sebagaimana keterangan dari laman Android Pit berikut ini:

  • Mempercepat waktu muat situs

Cara mempercepat waktu muat situs di Google Chrome bisa kalian lakukan dengan bantuan progam Brotli. Progam ini bekerja mengompres data situs supaya bisa dimuat lebih cepat.

Cara menggunakan progam Brotli : ketik kalimat “chrome: // flags / # enable-brotli” di laman pencarian Google Chrome, lalu cari konten paling atas, yakni Brodi ContentEncoding”, kemudian aktifkan konten tersebut dengan memilih “Default”.

  • Menambah shortcut situs

Menambah shortcut (jalan pintas) sebuah situs bisa kalian lakukan jika memang sering membuka situs tersebut agar lebih cepat dan mudah. Fungsi shortcut itu sudah tersedia di Google Chrome. So, kalian bisa langsung mengunjungi situs itu di halaman depan menu Android.

Cara membuat shortcut: Buka situs yang sering kalian kunjungi di Chrome, lalu buka menu yang tersedia di kanan atas, kemudian pilih “Add to Home Screen, untuk membuat shortcut situs tersebut.

  • Sinkronisasi tabs dan favorites

Fitur sinkronisasi tabs dan favorites ini bisa sangat berguna jika kalian mempunyai perangkat lebih dari satu, dan kalian ingin membuka sebuah situs dari beberapa perangkat yang kalian miliki sekaligus.

Caranya: masuk ke menu “Setting” di aplikasi Google Chrome, lalu aktifkan “Sync”. Lakukan cara tersebut di beberapa perangkat lain yan kalian punya, seperti smartphone, komputer, dan laptop. Dan pastikan bahwa kalian memakai akun yang sama supaya riwayat penelusuran dan juga situs yang kalian simpan bisa dikunjungi antar perangkat milik kalian.

  • Hemat data

Jika kalian takut dengan komsumsi data tersedot sewaktu mengakses sebuah situs, maka perlu kalian tahu bahwa Chrome sudah memiliki fitur Data Saver. Fitur ini berguna untuk mengompres situs yang dikunjungi, sehingga data yang dipakai tidak akan terlalu besar.

Caranya: buka Google Chrome, lalu buka “Menu”, pilih “Setting”, dan cari “Data Saver” dan aktifkan fitur tersebut.

  • Mengaktifkan notifikasi Facebook

Fitur ini bisa membantu kalian yang sering memakai Chrome untuk membuka Facebook. Sehingga kalian tidak lagi terlewat notifikasi akun Facebook yang masuk.

Kalian dapat mengaktifkan fitur ini di saat pertama kali membuka Facebook via Chrome dengan mengizinkan notifikasi diberikan.

Dan untuk merubahnya, kalian masuk ke Profile Setting Facebook, lalu pilih Notifications. Buka icon gerigi, lalu pilih Mobile untuk melakukan setting.

Itulah cara memaksimalkan pemakaian google chrome di Android yang perlu kalian perhatikan. Selamat mencoba. Terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.