Cara Memaksimalkan Pemakaian MicroSD di Smartphone Android

0

Cara memaksimalkan pemakaian MicroSD di smartphone Android kesayangan kamu harus diketahui dan perlu diperhatikan.

Kebutuhan kartu MicroSD masih sangat diperlukan oleh pengguna Android. Terlebih bagi pengguna smartphone Android yang merasa memori internalnya masih kurang besar dan luas.

Baca juga:

Tips Membeli Micro SD yang Tepat Buat Smartphone Android

Cara Memperbaiki Memori Card Rusak Atau Tidak Terbaca

Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memori Card

Solusi Memori Android yang Penuh (Tanpa Menambah MicroSD)

cara memaksimalkan pemakaian microsd di smartphone android
Cara Memaksimalkan Pemakaian MicroSD di Smartphone Android

MicroSD merupakan satu solusi untuk memperluas kapasitas penyimpanan file di ponsel Android agar bisa menyimpan file lebih banyak tanpa ada kendala.

Tapi, pengguna Android wajib mengetahui dan memperhatikan beberapa hal sebelum dia menggunakan MicroSD agar pemakainnya lebih maksimal.

Nah, berikut ini merupakan cara memaksimalkan pemakaian MicroSD untuk memperbesar kapasitas penyimpanan di Android sebagaimana yang dikutip dari laman situs Make Use Of.

  • Tepat Memilih Kartu MicroSD

Memilih kartu MicroSD harus tepat dan sesuai dengan keperluan kamu dan kemampuan perangkat Android kamu.

Kapasitas MicroSD harus sesuai dengan perangkat Android agar dapat digunakan di Android dengan maksimal. Disamping itu, kecepatan kartu MicroSD juga wajib kamu perhatikan.

Kebutuhan pengguna dengan seberapa besar kapasitas yang dia perlukan juga menjadi pertimbangan lain dalam memilih kartu MicroSD.

  • Format Kartu MicroSD dan Mengaturnya

Setelah kartu MicroSD yang tepat telah kamu dapatkan, maka langkah selanjutnya adalah mem-format MicroSd itu terlebih dulu sebelum digunakan.

Umumnya, jika MicroSD telah masuk di slot perangkat Android, maka sistem dengan otomatis akan menawarkan MicroSD untuk di-format.

Melakukan format pada MicroSD diperlukan agar kalian bisa merubah MicroSD itu menjadi tempat penyimpanan utama di Android kamu. Dengan begitu, pemakaian MicroSD bisa menjadi lebih maksimal.

Nah, untuk mem-format MicroSD secara manual bisa kamu lakukan dengan cara membuka menu pengaturan “Storage”, lalu pilih opsi “Format as Internal” yang berada di sebelah pojok kanan.

  • Partisi Kartu MicroSD

Membuat partisi dari kartu MicroSD menjadi tempat penyimpanan internal dan external merupakan hal yang bisa menjadikan pemakaian MicroSD menjadi maksimal.

Dengan partisi MicroSD itu, kalian bisa menghindari beberapa kendala dan masalah ketika ingin transfer data dari MicroSD ke MicroSD  yang lain. Bahkan, cara partisi ini bisa meng-enkripsi bagian kartu yang sensitif sehingga orang lain atau pihak ketiga tidak bisa membacanya. Aman deh,.. .

Nah, itulah cara memaksimalkan pemakaian MicroSD di smartphone Android yang kamu miliki. Semoga artikel singkat ini bermanfaat bagi kalian. Sampai jumpa lagi, Gan.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.