Cara Membuat Password Anti Hacker dan Anti Komputer

0

Cara Membuat Password Anti Hacker dan Anti Komputer

Pemerintah Amerika Serikat merubah rekomendasi password bagi penikmat internet. Pada mulanya mereka merekomendasikan supaya membuat password sesuai kata favorit. Namun kini, mereka merekomendasikan untuk menggabungkan kata dengan simbol, semisal “c4tlo^eR”.

Tapi, jika manusia sulit menebaknya, namun bagi komputer kata sandi seperti itu mudah saja dibaca. Alternatif membuat kata acak semisal “ts48nBZ” juga dicoba, namun tak semua orang mampu mengingat kata jika diacak.

Cara Membuat Password Anti Hacker dan Anti Komputer

Lalu, bagaimana cara bikin password (kata sandi) yang sulit ditebak, baik oleh manusia maupun komputer?

Berikut adalah cara membuat password anti hacker dan anti komputer.

  1. Buatlah Password yang Panjang

Menurut laman Lifehacker, peretas atau hacker mempunyai banyak cara dan program pintar untuk membajak password (kata sandi). Umumnya program ini berbentuk database password yang acap kali digunakan.

Cara mengatasi hal itu adalah buatlah password yang panjang tapi sederhana. Contohnya “kodok terbang kalender” tapi tanpa memakai spasi. Password semacam ini cukup mudah untuk diingat, karena bisa memakai imajinasi kodok yang terbang melewati kalender. Namun agar password jauh lebih aman, gunakanlah huruf kapital dan angka.

  1. Uji Password

Setelah mempunyai password yang panjang, selanjutnya adalah menguji sejauh mana password panjang itu aman. Beberapa situs di internet dapat membantu hal itu, semisal situs How Secure Is My Password dan situs “How Strong Is Your Password”.

Kedua situs tersebut dijamin aman, sebab sudah diuji sejumlah pengembang yang terpercaya. Namun mereka tetap merekomendasikan agar menguji keamanan password terlebih dahulu sebelum membuatnya.

  1. Pakai Aplikasi

Aplikasi dapat membantu Anda untuk membuat password yang aman, semisal aplikasi “1Password”. Aplikasi ini berfungsi untuk membuat password dan mengingatnya sehingga Anda tidak perlu was-was dan khawatir.

Selain itu, 1Password juga bisa mendeteksi sejauh mana password kamu aman. Bahkan, 1Password telah memiliki fitur lain yaitu memberi tahu jika password telah diretas atau di-hack. Aplikasi lain yang dapat kamu coba adalah “KeePass” dan “LastPass”. Silahkan dicoba.

  1. Jangan Menyimpan Password di Browser

Iya, Jangan sampai kamu menyimpan password di browser, semisal Safari, Mozzila, atau Chrome. Alasannya, beberapa password di Opera sudah berhasil diretas pada tahun lalu. Bahkan akun Google juga ternyata belum aman.

Peretas atau Hacker hanya cukup berpura-pura sebagai pihak dari Google dan meminta kamu untuk memasukkan password. Dengan bermodal password Google, peretas bisa memakainya untuk membajak seluruh password yang kamu gunakan.

  1. Pakai Two-Factor Authentication

Jika kamu cukup malas untuk menghafal password, kamu dapat memakai fitur Two-Factor Authentication atau otentikasi dua langkah.

Misalnya aplikasi “Authy” yang membantu kamu untuk menambah lapisan keamanan selain menggunakan password. Cara seperti ini jauh lebih aman daripada mengirim kode otentikasi via SMS.

Demikianlah beberapa cara membuat password anti hacker dan anti komputer, agar password tidak mudah dibaca oleh keduanya. Semoga sukses.

Leave A Reply

Your email address will not be published.