Cara Membuka Smartphone Android Yang Lupa Kata Sandi

0

Cara Membuka Smartphone Android Yang Lupa Kata Sandi

Mengunci smartphone biasanya dilakukan untuk menjaganya agar tidak dibuka oleh orang lain. Sandi untuk mengunci smartphone juga beragam, ada yang berbentuk pola, password, PIN, dan sensor fingerprint.

Namun, bagaimana ceritanya jika pengguna smartphone lupa dengan sandi yang dibuatnya? Bagaimana jika smartphone Android kesayangannya tidak dapat dia buka? Pasti, bingung, jengkel, cemas, dan sebagainya. Kasihan sekali.

Baca juga:

Cara Termudah Menemukan Smartphone Android Yang Hilang

lupa kata sandi smartphone

Ops! Tenang, kami memiliki 7 cara membuka smartphone Android yang lupa kata sandi, bahkan tanpa harus factory reset.

Cara Membuka Smartphone Android yang Lupa Kata Sandi

  1. Android Device Manager

Cara pertama untuk membuka smartphone Android yang lupa kata sandi adalah dengan memakai layanan Android Device Manager.

Caranya yaitu buka link Android Device Manager, selanjutnya akan ada tiga pilihan disana yaitu Deringkan, Kunci, atau Hapus. Pilihlah pilihan “Kunci” yang ber-ikon ponsel digembok.

Selanjutnya, menu “Kunci layar baru” akan muncul dan kamu diminta memasukkan sandi baru untuk mengganti pola, PIN, atau password lama. Isi semua menu kunci layar baru, kemudian klik tombol “Kunci”. Tunggu proses selesai. Selanjutnya, kamu bisa buka smartphone dengan sandi baru.

Ingat!

Cara ini bisa dilakukan jika kamu masuk link Android Device Manager dengan akun Google (GMail) yang sama dengan akun Google smartphone Android kamu dan smartphone kamu harus terhubung internet.

  1. Find My Mobile

Jika Andorid yang lupa kata sandi kamu dari perangkat Samsung, kamu bisa membukanya via layanan Find My Mobile.

Caranya yaitu: buka link Find My Mobile dari browser, kemudian login ke akun Samsung. Selanjutnya, pilih “Lock my screen” dengan ikon gembok di panel sebelah kiri. Masukkan PIN baru, dan terakhir klik tombol “Lock”. Selesai.

  1. Fitur Forgot pattern

Jika smartphone yang lupa kata sandi kamu masih menjalankan sistem Android 4.4 KitKat atau lebih rendah, kamu bisa memanfaatkan fitur Forgot pattern untuk membukanya.

Fitur Forgot pattern ini akan muncul setelah lima kali usaha membuka smartphone kamu gagal. Kamu akan melihat pesan “Coba lagi dalam 30 detik”. Fitur Forgot pattern berada di bagian bawah layar di bawah pesan tersebut.

Selanjutnya, akan ada dua cara yang tersedia yaitu menjawab pertanyaan keamanan atau masuk dengan akun Google kamu. Jika cara kedua kamu pilih, Google akan mengirimkan email dengan pola pembuka kunci, atau kamu bisa mengubahnya waktu itu juga.

  1. ADB

Menghapus kata sandi melalui ADB menjadi cara membuka smartphone yang lupa kata sandi atau pola yang berikutnya. Cara ini bisa bekerja jika sebelumnya USB Debugging telah kamu aktifkan dan komputer/laptop sudah pernah tersambung dengan smartphone melalui ADB.

Caranya yaitu: sambungkan smartphone kamu ke komputer/laptop melalui kabel data, buka jendela “command prompt” di direktori instalasi ADB kamu, dan ketik perintah berikut:

adb shell rm /data/system/gesture.key

Lalu tekan “Enter”. Selanjutnya, reboot smartphone. Selesai. Sandi di lockscreen sudah terhapus. Tapi ingat! ini cuma terhapus sementara, so, kamu wajib membuat sandi baru sebelum terjadi reboot berikutnya.

  1. Safe Mode

Jika kamu menggunakan aplikasi keamanan locksceen pihak ketiga di smartphone Android, dan tiba-tiba ada bug dan kamu tidak bisa membuka smartphone. kamu bisa membukanya dengan melakukan boot ke Safe Mode.

Caranya bisa bermacam-macam sesuai dengan jenis dan merek smartphone Andoid kamu. Jadi, silahkan browsing untuk mencari dan menemukan kombinasi yang cocok untuk masuk ke Safe Mode smarpthone yang terkunci kesayanganmu.

Jika kamu telah sukses masuk ke Safe Mode, maka kunci layar dari aplikasi keamanan pihak ketiga tersebut akan dinonaktifkan sementara. Jadi, kamu harus cepat dan langsung uninstall aplikasi itu, dan selanjutnya tinggal reboot smartphone. Selesai. Kamu sudah keluar dari Safe Mode.

  1. Crash-kan Lockscreen

Cara selanjutnya untuk membuka Android yang lupa kata sandi adalah membuat crash pada lockscreen. Cara ini dengan memanfaatkan bug di smartphone yang sudah menjalankan sistem Android 5.0-5.1.1 Lollipop.

Caranya: tekan “Panggilan Darurat” yang muncul di layar kunci. Gunakan antarmuka dialer dan masukkan 10 tanda bintang. Ketuk dua kali untuk menyorot teks yang kamu masukkan, lalu pilih copy. Ulangi lagi lalu paste di situ sampai jumlah karakter bintangnya menjadi dua kali lipat. Ulangi proses ini (copy dan paste) untuk menambahkan lebih banyak karakter hingga pada batas akhirnya.

Selanjutnya, kembali ke layar kunci dan buka shortcut kamera. Tarik jendela notifikasi, lalu tekan ikon Settings, kamu akan diminta memasukkan kata sandi. Tekan lama di kolom input lalu pilih paste. Ulangi proses ini beberapa kali sampai kunci layar menjadi crash, dan kamu bisa mengakses seluruh antarmuka smartphone.

  1. Factory Reset

Jika semua cara membuka smartphone Android yang lupa kata sandi di atas telah dilakukan, namun ternyata belum berhasil, maka cara terakhir bisa kamu lakukan, yakni Factory Reset.

Proses masuk ke Recovery Mode ini beragam sesuai dengan jenis dan merek smartphone Android yang kamu miliki. Jadi, browsing dulu. Namun umumnya, “Recovery Mode” bisa dimulai dengan cara mematikan smartphone dan menyalakannya, yakni saat layar hitam pergi (hape mati), tekan tombol power dan tahan volume atas secara bersamaan.

Selanjutnya, gunakan tombol volume untuk menyorot pilihan Wipe Data/Factory Reset, kemudian tekan tombol daya untuk memilihnya. Ketika proses ini usai, pilih Reboot system now. Selesai.  Smartphone kembali baru.

Baca juga:

Cara Mengunci Jaringan 4G di Smartphone Android

Demikianlah cara membuka kunci smartphone Android yang lupa kata sandi terampuh yang kami tahu. So, jika masih ada cara lainnya, silahkan berbagi info di kolom komentar. Terimakasih.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.