Cara Memperbaiki Memori Card Rusak Atau Tidak Terbaca

0

Cara Memperbaiki Memori Card Rusak Atau Tidak Terbaca – SD Card atau biasa disebut dengan memori card adalah memori eksternal yang merupakan salah satu aksesoris smartphone yang sangat diperlukan untuk menyimpan data. Walaupun sekarang banyak smartphone telah banyak kemajuan dengan menambah ukuran memori internal yang memang cukup besar. Namun pengguna smartphone tetap membutuhkan memori eksternal atau biasa juga disebut dengan MicroSD.

Seiring waktu berjalan, memori eksternal kamu mungkin akan mengalami masalah damage atau memori tidak bisa terbaca atau bahkan rusak. Hal ini pastinya menyebalkan dan hal ini jelas menyulitkan kamu untuk menyalin data yang berada di memori.

Cara Memperbaiki Memori Card Rusak Atau Tidak Terbaca

Lihat ini juga :

Namun tenang, kali ini kita akan coba share informasi bagaimana cara memperbaiki memori card rusak atau tidak terbaca di smartphone Android, silahkan kamu simak.

Cara Memperbaiki Memori Card Rusak Atau Tidak Terbaca

Jika memori card smartphone maka ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan,

  • Membersihkan memori card
  • Cek memori card via PC atau laptop
  • Format memori card

Membersihkan memori card

Langkah pertama untuk memperbaiki memori card adalah matikan ponsel, lalu keluarkan memori card dari ponsel, selanjutnya bersihkan memori card.

Cara membersihkannya yaitu bersihkan lempengan tembaga yang berwarna kuning keemasan dengan menggunakan penghapus pensil yang berwarna putih. Gosok lempengan itu secara perlahan-lahan sampai benar-benar bersih. Selanjutnya masukkan memori card ke slot memori di ponsel dan cek, terbaca atau belum terbaca?

Cek memori card via PC atau Laptop

Langkah kedua adalah memastikan kerusakan memori card dengan cara cek error memori card lewat PC atau laptop.

Caranya yaitu hubungkan smartphone Android kamu ke PC atau laptop dengan menggunakan kabel data. Dan pastikan bahwa smartphone Android kesayanganmu terhubung ke PC atau laptop dalam mode Mass storage mode bukan mode Media transfer mode.

Selanjutnya kamu buka File Explorer, lalu kamu klik kanan di drive memori card, kemudian pilih Properties > Tools > Error Checking, dan selanjutnya kamu tunggu sampai proses cek error memori card selesai.

Setelah proses cek error selesai selanjutnya kamu eject memori card untuk mengeluarkannya, kemudian cek memori card lewat smartphone, sudah terbaca atau belum terbaca?

Format memori card

Jika memori card masih tetap tidak terbaca maka langkah terakhir memperbaikinya yaitu melakukan format memori card.

Cara format memori card via smartphone:

  • Masuk ke menu Setting, lalu pilih Storage.
  • Selanjutnya pilih Erase SD Card untuk menghapus isi kartu memori dan membersihkannya.

Jika memori card terlihat normal dan bisa terbaca di komputer atau laptop, namun tidak terbaca di smartphone Android kamu, maka sebaiknya kartu memori itu kamu format lewat PC atau laptop.

Cara format memori card via PC atau laptop

Sebelum melakukan format memori card, sebaiknya kamu backup terlebih dahulu semua isinya dengan cara menyalin semua isi memori lalu memindahkannya di folder baru di HardDisk. Selanjutnya lakukan format memori card.

  • Buka File Explorer, lalu klik kanan drive memori card, selanjutnya Format.

Setelah langkah format selesai, maka pindahkan semua isi kartu memori yang kamu pindahkan tadi dan masukkan kembali ke memori card. Selanjutnya cek memori card. Sudah terbaca atau belum?

Jika semua langkah itu tetap saja tidak berhasil, maka ada baiknya kamu ulang kembali langkah tersebut. Namun jika kamu sudah merasa putus asa, maka sebaiknya belilah memori card yang baru. Masalah jadi selesai. Ha ha… Sekian dan selamat mencoba.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.