Cara Mengatasi Blue Screen di Laptop Windows 10

0

Cara Mengatasi Blue Screen di Laptop Windows 10 – Blue screen atau layar biru akan membuat panik jika terjadi di laptop atau PC. Blues creen biasa terjadi karena masalah hardware atau software yang crash sehingga menjadikan system harus restart sendiri.

Jika Blue screen terjadi maka Windows akan memberikan informasi masalah crash yang ditampilkan via minidump dan tersimpan dalam harddisk. Dengan begitu, kita dapat memperbaiki penyebabnya dengan lebih mudah.

Baca juga:

Mempercepat Booting Laptop Windows 10 Tanpa Software

Cara Aktifkan Fitur Pelacak Lokasi di Laptop Windows 10

Cara Mengetahui Password WiFi di Laptop Berbasis Windows 10

Cara Aktifkan System Restore di Laptop Windows 10

Cara Mengatasi Blue Screen di Laptop Windows 10
Cara Mengatasi Blue Screen di Laptop Windows 10

Blue screen biasa terjadi dengan mendadak sehingga membuat tugas dan pekerjaan yang belum tersimpan menjadi hilang entah kemana.

Untuk itu, di kesempatan yang baik ini, NUTULER kembali hadir untuk mengulas Cara Mengatasi Blue screen di Laptop Windows 10 dengan cara dan langkah yang mudah dan dapat kalian praktek-kan sendiri di laptop.

Cara Mengatasi Blue Screen di Laptop Windows 10

Blue screen bisa kalian perbaiki dengan mudah melalui rangkaian langkah berikut ini:

  • Buka Control Panel melalui kolom pencarian Windows atau klik kanan di logo start Windows, lalu pilih Control Panel
  • Pilih dan arahkan kursos di Control Panel yang berada di kolom atas
  • Pilih menu System and Security
  • Pilih opsi System
  • Pilih Change settings yang berada di kanan bagian Computer name, domain, and workgroup settings
  • Pilih menu Advanced dan klik Settings yang berada dibagian Startup and Recovery (Settings paling bawah).
  • Hilangkan centang di Automatically restart, lalu OK.

Untuk akses lebih cepat membuka menu System, kalian bisa klik kanan di logo start Windows dan scroll ke atas untuk memilih System. Selanjutnya, pilih Change settings di Computer name >> Advanced >> Settings startup dan seterusnya sebagaimana langkah diatas.

Cara Alternatif Lain

Jika cara mengatasi blue screen di laptop Windows 10 diatas belum berhasil, kalian bisa melakukan alternatif lain berikut ini:

  • System Restore bila blue screen baru terjadi. Jika cara system restore berhasil maka besar kemungkinan penyebab blue screen adalah kesalahan software.
  • Scan Malware untuk memastikan jika ada malware yang menjadi penyebab blue screen.
  • Install Update Driver jika ada kemungkinan crash terjadi karena kesalahan install driver atau driver yang belum diupdate.
  • Masuk ke Safe Mode untuk uninstall driver yang bermasalah atau tidak terpasang sempurna dan menjadi penyebab blue screen terjadi.
  • Cek masalah Hardware dengan cara ketik: Memory Diagnostic untuk memilih Windows Memory Diagnostic, lalu ENTER. Pasalnya, blue screen bisa terjadi karena laptop yang terlalu panas dan membutuhkan FAN untuk menolongnya.
  • Install Ulang Windows¬†merupakan solusi terakhir dan paling mujarab jika blue screen terjadi karena hadrware yang bermasalah.

SEKIAN ulasan dari NUTULER terkait cara mengatasi blue screen di laptop Windows 10. Semoga sejumlah cara diatas dapat membantu kalian dalam mengatasi blue screen agar kerusakan laptop tidak bertambah parah. TERIMAKASIH.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.