Cara Menggerakkan Kursor tanpa Mouse ( Dengan Keyboard)

0

Baru-baru ini saya menulis sebuah artikel tentang cara mengklik kanan menggunakan keyboard Anda dan banyak orang merasa berguna. Sekarang  saya akan menyajikan tips bagaimana Cara Menggerakkan Kursor tanpa Mouse.

Jika touchpad Anda mati di laptop atau mouse Anda berhenti bekerja di desktop Anda, ada baiknya mengetahui bagaimana cara memindahkan kursor mouse ke sekitar sampai Anda bisa mengembalikan sistem Anda ke normal.

 

Jelas, langkah pertama untuk menavigasi tanpa mouse menggunakan tombol panah dan menekan Enter dan Tab untuk berpindah antara dan membuka item. ALT + TAB juga akan memungkinkan Anda beralih di antara program dan kembali ke desktop. ALT + F4 akan memungkinkan Anda menutup program.

 

Misalnya saat Anda berada di desktop, menekan TAB akan memindahkan Anda ke tombol Start di mana Anda kemudian dapat menekan Spasi atau Enter untuk membuka Start Menu. Jika Anda terus menekan tab, maka akan memindahkan Anda ke item yang disematkan ke taskbar dan kemudian berakhir ke area notifikasi sebelum kembali ke ikon desktop. Anda kemudian dapat menggunakan tombol panah untuk bergerak.

Baca juga :
Cara Mengatasi Layar Monitor LCD Berkedip & Mengetahui Penyebabnya
Cara Burning CD, DVD, dan Blu-ray Disc di Windows 7, 8, 10
Defrag Tool Terbaik untuk Windows yang Perlu Anda Ketahui

Cara Menggerakkan Kursor tanpa Mouse ( Dengan Keyboard)

Okey, sekarang kita kupas tentang bagaimana Cara Menggerakkan Kursor tanpa Mouse atau bagaimana cara menggeser kursor dengan menggunakan tombol keyboard.

Opsi 1: MouseKeys

Untungnya, ada fitur yang ada di Windows yang disebut Mouse Keys yang memungkinkan Anda menggunakan keypad numerik pada keyboard untuk menggerakkan mouse di sekitar layar. Ini bahkan memungkinkan Anda untuk mensimulasikan klik kanan, klik dua kali dan klik kiri. Di desktop, Anda akan menggunakan papan tombol di ujung kanan keyboard. Pada laptop, Anda mungkin harus mengaktifkan Num Lock atau menekan terus tombol fungsi sebelum menekan angka.

 

Untuk mengaktifkan Mouse Keys di Windows, buka Control Panel dan klik Ease of Access .

Cara Menggerakkan Kursor tanpa Mouse

 

Anda akan melihat link yang disebut Make The Mouse Easier to Use

Cara menggerakkan Kursor Mouse tanpa Mouse

Sekarang klik pada kotak Turn on Mouse Keys . Ini akan mengaktifkan Mouse Keys di Windows. Anda juga dapat mengaktifkan Mouse Keys tanpa harus melalui Control Panel dengan menekan ALT + Left SHIFT + NUM LOCK pada saat bersamaan. Perhatikan bahwa Anda harus menggunakan tombol SHIFT kiri karena yang kanan tidak akan berfungsi.

 

Cara menggerakkan Kursor Mouse tanpa Mouse dengan tombol keyboard

Klik pada Set up Mouse Keys untuk mengkonfigurasi semua pilihan dan pengaturan. Anda dapat menyesuaikan kecepatan penunjuk jika Anda merasa terlalu lambat atau cepat dan Anda juga dapat mencentang kotak untuk menggunakan CTRL dan SHIFT untuk membuat kursor bergerak lebih cepat atau lebih lambat.

cara mengatur kursor mouse

Pengaturan utama lainnya yang perlu diperhatikan adalah di bawah Other Settings . Secara default, Tombol Mouse akan bekerja hanya bila NUM LOCK sedang  On . Anda dapat mengubahnya ke Off jika Anda mau. Jika Tombol Mouse sedang digunakan, Anda harus melihat ikon mouse kecil kecil di taskbar sistem, jika tidak maka akan ada X merah di atas mouse.

cara mengatur kursor mouse

 

Berikut adalah kontrolnya, asalkan Anda memiliki keypad numerik, untuk menjalankan Mouse Keys. Anda sekarang bisa memindahkan kursor hanya dengan keyboard. Untuk mengklik sesuatu, Anda terlebih dulu menekan / , – , atau * untuk memilih tombol yang sesuai pada mouse. Kemudian tekan 5 untuk klik atau klik kanan tergantung pada tombol yang Anda pilih.

Fungsi Tombol keyboard untuk menggerakkan mouse

Untuk mengklik dua kali pada sesuatu, Anda harus memilih tombol kiri mouse (/) lalu tekan tanda + (plus) . Anda juga dapat drag dan drop item dengan terlebih dahulu menggerakkan kursor mouse ke atas item dan kemudian menekan 0 untuk memulai drag dan . (periode) untuk menjatuhkannya.

2 = Bergerak ke bawah

8 = Pindah ke Atas

4 = Bergerak ke kiri

6 = Pindah ke kanan

7 = Bergerak Diagonal Top Left

9 = Bergerak Diagonal Top Right

1 = Bergerak Diagonal Bawah Kiri

3 = Bergerak Diagonal Bawah Kanan

5 = Sekali Tombol Dipilih, akan

tombol / = Pilih Tombol Mouse Kiri

tombol – = Pilih Tombol Kanan Mouse

sedangkan tombol * = Pilih kedua tombol

 

Opsi 2: NeatMouse

Sejauh ini pilihan terbaik untuk mengendalikan mouse Anda adalah Mouse Keys karena Anda tidak perlu menginstal apapun dan ini cukup memungkinkan Anda mengendalikan mouse sepenuhnya.

 

Namun, jika karena alasan tertentu Anda tidak menyukai Mouse Keys atau tidak bisa mendapatkannya, Anda dapat mendownload dan menginstal program pihak ketiga yang disebut NeatMouse .

cara mengganti fungsi mouse dengan keyboard

Jadi lain kali Anda terjebak tanpa mouse, tidak perlu khawatir! Anda dapat dengan mudah mengendalikan penunjuk mouse Anda menggunakan tombol angka pada keyboard Anda. Jika Anda mengalami masalah dengan menggunakan Mouse Keys, silakan kirim komentar. semoga artikel tulisan saya tentang Cara Menggerakkan Kursor tanpa Mouse bisa menambah wawasan anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.