Cara Menjadi Youtuber Dengan Smartphone Android

0

Cara Menjadi Youtuber Dengan Smartphone Android

Sudah banyak orang yang sukses menjadi Youtuber. Bahkan Youtuber sudah menjadi salah satu dari cita-cita yang didambakan. Bagaimana tidak? Seseorang akan bebas berkreasi dengan channel youtube yang mereka kelola dengan baik dan menarik. Selain sebagai sebuah hoby, youtuber juga bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari hoby itu. Caranya juga cukup mudah, hanya dengan mengaitkan channel youtube dengan akun adsense. Uang pun didapat.

YouTube adalah penyedia layanan video, sebelum menjadi youtuber kamu harus mempunyai video yang akan kamu unggah ke channel youtube yang kamu kelola. Sebuah video yang menarik dan memiliki konsep pembahasan yang jelas. Video yang memiliki satu topik tertentu.

menjadi Youtuber dengan modal smartphone Android

So, sebaiknya dalam satu channel youtube hanya kamu khususkan untuk membahas satu topik saja. Hal ini untuk memudahkan subscriber kamu yang ingin menjelajahi video yang kamu unggah di youtube. Contohnya satu channel youtube membahas soal tutorial dan panduan, maka sebaiknya kamu tidak mengupload video selain tutorial. Dan seterusnya.

Namun, menjadi seorang Youtuber juga cukup sulit, tidak semudah yang kamu bayangkan. Karena memang harus mempunyai viewer atau penonton yang banyak. Dan mendapatkan viewer itulah yang cukup sulit. Tapi, yang jelas kamu bisa berkreasi dengan bebas sesuai keahlian dan keinginan kamu. Dan seyogyanya kamu tidak reupload video orang lain. Reupload memang menjadi salah satu jalan cepat mendapat viewer, namun hal itu bisa mengakibatkan channel youtube kamu kena banned, dan pada akhirnya tidak dapat diaksese. Sayang kan? Berkreasi sendiri, buat sendiri video yang akan kamu unggah dengan baik dan menarik penonton.

So, yang penting kamu harus sabar untuk membangun channel yotube dengan cara baik dan benar dan tidak melanggar aturan yang telah di tetapkan oleh Google, pemiliki yotube.

Komputer, laptop, kamera dan internet merupakan hal yang sangat penting dan diperlukan untuk menjadi yotuber. Namun, itu bukan keharusan karena kamu bisa menjadi youtuber hanya dengan modal smartphone Android yang kamu miliki. Simpel.

Langkah Menjadi Youtuber dengan smartphone Android

Langkah kamu sebelum menjadi youtuber adalah memastikan bahwa kamu memiliki

Smartphone Android, paket data internet, topik pembahasan di channel youtube kamu, dan aplikasi yang kamu perlukan untuk menjadi Youtuber via smartphone Android.

Aplikasi Android yang kamu perlukan adalah:

  • YouTube

Aplikasi Youtube adalah aplikasi pertama yang harus dimiliki untuk menjadi Youtuber. Sebuah aplikasi yang nantinya akan digunakan untuk upload atau mengunggah video yang kamu buat ke channel youtube kamu. Disamping itu, aplikasi yotube ini untuk kamu manfaatkan untuk melihat notifikasi jika ada orang yang memberi komentar di video youtube kamu.

  • YouTube Creator

Aplikasi YouTube Creator berguna bagi para Youtuber seperti kamu untuk melihat trafik, mengedit deskripsi sebuah video, menambahkan sebuah tag, mengaktifkan monetize, membuat playlist, dan yang lain.

  • Browser Firefox

Aplikasi browser Firefox dapat kamu gunakan untuk membuka situs YouTube layaknya membuka youtube di desktop.

So, aplikasi ini berguna untuk mengubah gambar thumbnail dan menambah anotasi setelah kamu upload video.

Caranya yaitu buka YouTube, lalu ketika kamu ada di beranda YouTube maka klik tombol opsi yaitu gambar titik tiga yang berada di pojok kanan atas browser, selanjutnya checklist bagian Request desktop site.

  • KineMaster

Banyak aplikasi edit video yang telah tersedia di PlayStore, namun sebagai saran yang baik, gunakanlah aplikasi KineMaster untuk kegiatan kamu mengedit video di smartphone android. KineMaster memiliki banyak fitur yang lengkap sebagai kebutuhan untuk menjadi youtuber. Aplikasi bisa kamu gunakan untuk menghapus dan mengganti background video yang sudah kamu buat dengan green screen.

Namun kekurangan aplikasi ini adalah watermark yang untuk menghapusnya kamu harus bayar. So, jika tidak ingin membayarnya kamu harus tahu cara menghapus watermark yang telah banyak di share di google.

  • DU Recorder

Aplikasi ini biasa digunakan youtuber sebagai alat untuk merekam layar yang memang sangat cocok dengan topik tutorial smartphone. Sebenarnya tersedia banyak aplikasi perekam layar di Play Store, namun DU Recorder nyaman dipakai dan bisa menghasilkan video dengan ukuran resolusi sampai 1080p Full HD.

 

Membuat Channel di Youtube

Setelah topik kamu sudah tentukan maka langkah selanjutnya adalah membuat channel di Youtube.

  • Buat akun Google Gmail.
  • Buka browser Firefox dan aktifkan tampilan desktop.
  • Kunjungi situs YouTube.
  • Login dengan akun Google Gmail di YouTube. Artinya akun YouTube telah berhasil kamu buat.
  • Klik foto profil kamu di pojok kanan atas, lalu klik Creator Studio.
  • Selanjutnya pilih Create a Channel, kemudian memasukkan nama channel kamu.
  • Selesai. Channel YouTube kamu telah berhasil dibuat.

Langkah selanjutnya adalah berkreasi membuat sebuah konten video yang baik dan menarik, kemudian mengunggahnya di channel YouTube kamu.

Demikianlah cara menjadi Youtuber dengan smartphone Android. Kereen bukan?

Semoga bermanfaat. Sekian.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.