Cara Menulis Arab di Microsoft Word Windows 8 dg Mudah

0

Cara Menulis Arab di Microsoft Word pada windows 10 bisa dilakukan dengan mudah. Microsoftr word sudah dilengkapi fitur penggantian bahasa di seluruh dunia termasuk bahasa arab. Hanya saja untuk menggunakan bahasa lain selain bahasa inggris maka kita harus menyeting atau menginput bahasa yang kita inginkan terlebih dahulu.

Microsft Office Word,  memberikan berbagai macam kemudahan bagi penggunanya,  bahkan mungkin yang menurut anda sangat sulit. Untuk itu, microsoft Office Word dilengkapi dengan berbagai macam kelengkapan fitur yang membuat apa yang anda inginkan terpenuhi.

Salah satu fitur yang mungkin belum pernah anda gunakan adalah mengetik dalam bahasa arab.  agar di microsoft word kita bisa mengetik / menulis huruf / bahasa arab Kita perlu mengaktivasi dulu agar kita bisa memanfaatkannya.

Baca juga :
13 Shortcut Microsoft Word Penting Dan berguna Untuk Anda Ketahui
Cara Memperlihatkan Text Boundaries Di Word Office 2007

Dalam beberapa versi windows yang berbeda, ikon yang ditampilkan mungkin berbeda. Namun pada intinya sama. sebagai contoh disini saya menggunakan windows 8 untuk praktek mengatur bahasa arab pada microsoft word.

Postingan kali ini saya memakai windows 8, untuk windows 7 atau window 10 dan versi yang lain tinggal menyesuaikan.

Anda bisa mengaktifkannya di desktop atau sembari membuka aplikasi MS Word anda.

Cara Menulis Arab di Microsoft Word Windows 8 dengan Mudah

 

Bagi anda pengguna windows 8 cara input bahasa arab bisa dilakukan dengan beberapa langkah saja. selengkapnya Cara Menulis Arab di Microsoft Word Silahkan ikuti langkah-langkah

    1. Pilih Start Windows dipojok kiri bawah, lalu klik Setting 

Cara Menulis Arab di Microsoft Word

  1. Klik Time & Language kemudian klik Region and languageCara Menulis Arab di Microsoft Word windows 10
  2. klik ikon kemudian tambahkan bahasa yang diinginkan. Untuk bahasa arab silakan pilih

Selesai, mudah bukan ???

Lihat juga :

Cara melindungi dokumen dengan kata sandi dengan Mudah

 

Penting untuk diketahui dalam cara Menulis Arab di Microsoft Word Windows 8 :

Untuk versi windows yang lain, gunakan langkah-langkah diatas dengan menyesuaikan menu yang tersedia. Jika masih kebingungan silakan tanyakan kesulitan anda di kolom komentar.

Khusus Windows XP professional, anda akan membutuhkan CD driver Windows XP untuk menginstall arabic font ini, dan langkah-langkahnya sedikit lebih rumit.

Selanjutnya, untuk merubah font dari latin menjadi arabic silakan tekan tombol ‘ Alt+Shift ‘ pada bagian kanan keybooard. Adapun untuk otomatisasi pengetikan arabic dari kanan ke kiri, tekan tombol Ctrl + Shift ‘ bersamaan.

Jika anda ingin menulis font latin kembali, maka tekan tombol ‘ Alt+Shift ‘ pada bagian kiri keybooard. Adapun untuk otomatisasi pengetikan font latin  dari kiri ke kanan, tekan tombol ‘Ctrl + Shift ‘ secara bersamaan.

Font arabic yang terinstall secara bawaan tidak begitu banyak, namun sudah cukup baik untuk menyelesaikan tugas. Apabila anda ingin membuat berbagai macam variasi font arabic yang artistik, silakan download dan install dari situs-situs penyedia font arabic.

Perlu diketahui, angka yang ada dalam font arabic tidak otomatis berbentuk tulisan arab. Anda harus men-setting dahulu dalam aplikasi MS Word anda.

Ikuti langkah-langkah berikut :

  1. Klik tombol Costumize Quick Acces Toolbar di sebelah pojok kiri atas.
  2. pilih More Commands lalu pilih Advance.
  3. Scroll ke bawah sampai menu Show Document Content dan ganti isian pada box menu Numeral dengan Context
  1. Klik Ok

Selesai  !!! dan berikutnya anda dapat mengetik arabic font secara menyeluruh baik huruf maupun angkanya.

Terakhir, pastikan anda memahami tata bahasa dan penulisan dalam bahasa arab. Jika belum paham, silakan belajar kepada ustadz atau ustadzah ditempat anda.

Terima kasih telah membaca artikel Cara Menulis Arab di Microsoft Word ini. Semoga bermanfaat. Silakan share jika perlu dengan mengikutkan tautan pada situs ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.