Cara Merawat Power Bank Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak

0

Cara merawat Power Bank wajib diketahui bagi semua pengguna smartphone agar pengisi ulang daya baterai smartphone tanpa colok kabel ke arus listrik ini tetap awet, tahan lama dan tidak mudah rusak.

Power Bank kini sudah menjadi sesuatu yang sangat diperlukan oleh banyak orang. Power bank biasa digunakan ketika keadaan darurat dan kondisibaterai low (lemah). Contoh, ketika ada di perjalanan jauh, sedang kemping atau yang lain. Terlebih bagi mereka yang memakai smartphone untuk hal yang sangat menguras daya baterai.

Baca juga:

Fungsi Lain Power Bank yang Unik dan Mengesankan

Cara Merawat Power Bank Agar Awet
Cara Merawat Power Bank Agar Awet

Power bank memiliki kapasitas yang berbeda- beda. Ada yang berkapasitas kecil hingga ada yang berkapasitas besar. Bahkan, ada juga power bank untuk laptop.

Pengisian daya baterai kini semakin nudah dan praktis dengan adanya power bank. Namun seiring waktu, power bank akan tetap bermasalah, pengisian daya terlalu lama atau terjadi kerusakan.

Nah, untuk cara merawat power bank agar awet dan tidak rusak maka simaklah cara berikut ini:

  • Tidak terlalu sering diisi ulang

Power bank tidak boleh kalian isi ulang terlalu sering. Alasannya power bank memiliki jenis baterai yang dapat diisi ulang dayanya. Yakni Li-Ion atau Li-Po.

Power bank dengan jenis baterai Li-Ion (Lithium-Ion) memiliki siklus yang bisa diisi ulang hingga 500 kali. Sementara power bank dengan baterai Li-Po (Lithium Polimer) mampu diisi ulang hingga 1000 kali.

So, jika siklus pengisian ulang itu habis maka kapasitas pengisian daya juga akan mudah habis. Sehingga pengisian daya ulang ke baterai smartphone menjadi lebih lama.

  • Isi ulang Power Bank jika telah Low (lemah)

Jika indikator power bank kamu yang memiliki 4 LED menurun menjadi hanya tersisa satu LED maka kamu harus segera mengisi ulang power bank itu. So, jika masih dua LED atau lebih jangan dulu diisi ulang. Artinya isi ulang power bank jika memang benar- benar sudah low.

  • Tidak berlebihan dalam pengisian ulang

Sebagaimana baterai smartphone, power bank juga tidak boleh diisi daya dengan berlebihan melewati batas waktu. Pasalnya proses overcharging dapat menjadi sebab rusaknya baterai power bank kamu.

  • Tidak mengisi ulang di tempat tertutup atau panas

Ketika kamu mengisi baterai smartphone dengan menggunakan power bank maka kamu harus menghindari tempat yang tertutup atau panas. Power bank ketika diisi ulang juga sama, jangan ditempatkan di tempat tertutup seperti didalam tas misalnya.

Hal itu disebabkan karena permukaan power bank ketika digunakan akan mengeluarkan panas. So, ketika power bank tertutup atau ditempat panas maka power bank tidak mendapat sirkulasi udara.

  • Jangan sampai terbentur

Power bank yang terbentur atau jatuh ke tempat yang keras akan menjadi rusak, karena komponen baterainya atau permukaan output-nya menjadi kendor.

Oke, itulah cara merawat power bank agar awet, tahan lama dan tidak gampang rusak. Semoga benar- benar dioerhatikan. SEKIAN. TERIMAKASIH.

Leave A Reply

Your email address will not be published.