Cara Mudah Mencegah Pembajakan Akun Facebook

0

Pembajakan akun Facebook sudah jamak terjadi dilakukan oleh para hacker, bahkan hampir di semua akun media sosial yang lain juga. Nahasnya, akun itu tidak bisa kalian pulihkan walaupun sudah ganti password sekalipun. Itu juga pasti pernah terjadi pada kalian bukan?

Nah, jika pembajakan akun Facebook itu terjadi pada kalian, maka kalian bisa mengirim laporan ke pihak Facebook agar dibantu mengatasinya, atau lebih mudah lagi dengan membuat akun Facebook yang baru saja.

Lihat juga

Fungsi Lain dari Tombol Volume di Smartphone Android

Cara Membuat Gambar GIF dari Video di YouTube

cara mencegah pembajakan akun facebook

Sebelum pembajakan Akun Facebook itu terjadi, ada baiknya jika kalian sering mangganti kata sandi Facebook, dan jangan lupa untuk membiasakan log out (keluar) dari situs Facebook ketika membukannya dari perangkat lain.

Selanjutnya lakukan pencegahan dari pembajakan akun Facebook kalian dengan cara mengetahui apakah ada pihak lain yang membuka Facebook kalian. Berikut cara mudahnya:

Cara Mencegah Pembajakan Akun Facebook

Ada dua cara untuk mencegah pembajakan akun Facebook yang bisa kalian lakukan, yakni melalui aplikasi Facebook di smartphone dan melalui dekstop. Soalnya, tampilan Facebook di kedua perangkat tersebut tidaklah sama.

  • Via Smartphone

Mencegah Pembajakan Akun Facebook via Aplikasi Facebook di Smartphone bisa kalian lakukan dengan masuk ke “Menu” berikon “tiga garis” yang berada di pojok sebelah kanan, lalu cari opsi menu ke bawah dan pilih “Account Settings”. Selanjutnya pilih “Security and Login”, dan terakhir kalian bisa cek “Where You’re Logged In”.

Download: Aplikasi Facebook

  • Via Dekstop / Komputer

Sedangkan untuk mencegah pembajakan akun Facebook melalui dekstop/ komputer bisa kalian lakukan dengan memilih “tanda panah bawah” yang tersedia di pojok kanan atas. Lalu pilih opsi “Settings” dan juga “Security and Login”. Selanjutnya lakukan cek “Where You’re Logged In”.

Oke, dengan begitu kalian dapat melihat dan mengetahui riwayat perangkat yang pernah digunakan untuk membuka akun Facebook kalian. So, cara ini bisa memberitahukan perangkat apa saja yang dipakai membuka Facebook dan juga lokasinya.

Dengan begitu, jika kalian merasa ada yang mencurigakan dengan perangkat itu maka ada kemungkinan pembajakan akun Facebook kalian pernah terjadi dan dilakukan oleh perangkat itu. Selanjutnya, lakukan tindakan dengan cara klik ikon dot yang ada di sisi kanan nama perangkat tersebut. Maka akan ada dua pilihan Not You atau Log Out. Pilih Log Out untuk keluar dari perangkat mencurigakan itu. Sedangkan opsi Not You akan memandu kalian untuk cek akun dan penggantian kata sandi.

Itulah Cara Mencegah Pembajakan Akun Facebook yang harus kalian lakukan agar Facebook kalian aman sentosa dari orang yang iseng melakukan pembajakan. Sekian. Terimaksih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.