Cara Termudah Menemukan Smartphone Android Yang Hilang

0

Cara Termudah Menemukan Smartphone Android Yang Hilang

Bingung dan panik, itulah yang terjadi jika kita lupa di mana kita meletakkan smartphone Android, apalagi jika ponsel Android itu hilang atau di curi orang.

karena Hp ini adalah barang yang sering di letakkan di manapun tempat kita berada jadinya barang ini mudah hilang. ada cara yang bisa anda lakukan untuk mencari Hp kamu. dimanakah hp kamu sekarang berada?

cara menemukan hp yang hilang

Khawatir tentu kamu rasakan. Bertambah panik jika di ponsel Android itu menyimpan data dan file penting. Luar biasa khawatir bukan?

Cara Termudah Menemukan Smartphone Android Yang Hilang

Nah, simaklah cara mudah menemukan smartphone Android yang hilang sebab terselip, tertinggal atau bahkan dicuri berikut ini:

Bagaimana cara mencari Hp Android yang hilang

  • Find My Phone

Caranya cukup mudah, yaitu buka browser di komputer, lalu buka laman utama mesin pencari Google. kemudian, kamu ketik kata kunci “find my phone” dan tekan Enter. Atau langsung masuk kesini. Selanjutnya, kamu nanti akan diminta untuk memasukkan akun dan password Google (Gmail) yang juga kamu gunakan di smartphone Android kamu yang hilang.

Hasilnya, mesin pencari Google akan menunjukkan peta dimana lokasi smartphone dengan ikon lingkaran biru. Peta itu akan muncul di bagian paling atas dari hasil pencarian Google.

Selanjutnya, kamu coba perhatikan di sebelah kanan bagian bawah peta yang muncul, atau tepat di sebelah kanan nama ponsel Android kamu yang hilang. Kamu akan menemukan menu “Ring” disebelah ponsel. Menu Ring itu bisa kamu gunakan untuk membuat ponsel Android yang hilang berdering selama 5 menit. Ini sangat berguna jika smartphone Android kamu cuma terselip, maka suara dering jelas membantu untuk menemukannya. Setelah ponsel Android kamu temukan, maka kamu bisa mematikan dering ponsel dengan menekan tombol on/off.

Oke, selanjutnya adalah menu “Recover” yang berada disebelah menu Ring. Menu Recover ini bisa kamu gunakan untuk mengamankan smartphone yang hilang, agar smartphone tidak diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Menu Recover ini bisa kamu klik untuk mengunci ponsel Android yang hilang dengan sebuah password, dan lockscreen bertuliskan “This phone is lost please help give it back” akan muncul. Artinya ponsel ini hilang tolong bantu dikembalikan.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan nomor telepon kamu yang lain selain nomor telepon Android yang hilang, dengan tujuan bisa ditelepon via layar lockscreen oleh orang yang menemukan dan berniat untuk mengembalikannya.

  • Android Device Manager

Satu cara lain untuk mencari dimana smartphone Android kamu yang hilang adalah menggunakan Android Device Manager atau biasa disingkat dengan ADM. Android Device Manager ini bahkan memiliki fitur cukup lengkap, yaitu melacak, menghapus data, dan membunyikan smartphone yang hilang dari jarak jauh.

Caranya juga mudah yaitu masuk ke URL devicemanager dari PC atau laptop. Laman akan menampilkan sebuah peta khusus aplikasi ADM. Pada sisi kiri bagian atas layar ada tab bertuliskan nama atau kode smartphone Android yang menggunakan akun Gmail Anda.

Selanjutnya, di bawah kolom nama atau kode smartphone, kamu akan melihat tiga menu, yaitu menu “Ring“, “Lock“, dan “Erase“. Fungsi “Ring” adalah menghidupkan dering di ponsel Android yang hilang, agar mudah ditemukan dimana letaknya.

Menu “Lock” berfungsi untuk mengunci smartphone dari jarak jauh. Sebagaimana dengan menu Recover, kamu diminta password baru untuk mengunci smartphone, berikut pesan yang ingin kamu tampilkan, serta nomor telepon kamu yang lain yang bisa dihubungi.

Sedangkan menu “Erase” bisa kamu gunakan untuk menghapus semua data di ponsel Android kamu yang hilang, agar tidak bisa dibuka oleh yang tidak bertanggung jawab. So, menu ini dapat me-reset smartphone dari jarak jauh.

Peringatan

Perlu kamu ingat dan perhatikan, bahwa dua cara menemukan smartphone Android yang hilang di atas cuma bisa kamu lakukan jika ponsel Android yang hilang dalam kondisi hidup, alias tidak dimatikan dan tidak kehabisan baterai, dan terhubung dengan internet, baik Wi-Fi atau paket data seluler.

Demikianlah dua cara termudah menemukan smartphone Android yang hilang agar cepat ditemukan dan tidak diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sekian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.