Defrag Tool Terbaik untuk Windows yang Perlu Anda Ketahui

0

Sekarang saat nya anda mengtahui tentang hal ini, sebuah Defrag Tool Terbaik untuk Windows. Defrag akan membuat PC / laptop anda optimal.

Sebelum kita membahas tentang defrag tool terbaik ada baiknya jika kita kupas terlebih dahulu tentang apa itu Degrag / defraging. Defragging komputer adalah aktifitas penting yang perlu dilakukan oleh pengguna komputer, karena hal ini akan memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam memperbaiki kinerja komputer, tidak seperti disk Cleanup atau paging file yang hanya mampu meningkatkan performance komputer dalam skala kecil.

Seiring waktu, banyak perusahaan mulai menjual defragging tool pihak ketiga yang konon melakukan pekerjaan lebih cepat, lebih baik dan lebih akurat. Beberapa sebenarnya cukup bagus, tapi kebanyakan tidak lebih baik dari alat defragment Windows built-in atau bahkan lebih buruk lagi.

Tidak mengherankan jika memanfaatkan alat defrag dari pihak ketiga dan bisa mengakibatkan komputer Anda berjalan lebih lambat dari sebelumnya.

Defrag tool terbaik

Baca juga :
Membuat Shutdown Otomatis di Laptop Berbasis Windows
Cara Menampilkan File Hidden di Laptop Windows Secara Permanen

 

Defrag Tool Terbaik untuk Windows, penting untuk anda ketahui

Mengetahui defrag tool terbaik sangatlah penting untuk kesehatan hardisk anda. anda bisa melakukan defraging secara berkala dengan informasi berikut ini yang mungkin itu akan memudahkan pekerjaan anda.

Skenario Defrag Pihak Ketiga

Satu-satunya saat saya benar-benar melihat alasan untuk merekomendasikan alat defrag pihak ketiga kepada siapa pun adalah jika orang tersebut memiliki penyiapan kompleks pada PC mereka dengan berbagai jenis data yang tersimpan di lokasi yang berbeda.

Misalnya, jika Anda memiliki empat hard drive berbeda yang terpasang pada PC Anda, masing-masing berisi berbagai jenis data seperti musik, video, file sistem operasi, dll, maka alat pihak ketiga dapat membiarkan Anda men-defrag setiap drive dengan cara yang berbeda.

Jika satu drive memiliki banyak file kecil yang sering diakses, Anda bisa menggunakan alat pihak ketiga untuk melakukan defragment drive sehingga file diurutkan berdasarkan waktu yang terakhir diakses atau waktu pembuatan.

Untuk drive yang memiliki banyak file musik atau video besar yang tidak sering diakses, Anda bisa mengurutkannya di disk dengan ukuran folder atau ukuran file.

Anda bahkan bisa defragment hanya file atau folder tertentu, bukan seluruh drive jika Anda mau. Jelas, seperti yang bisa Anda lihat, hal ini benar-benar hanya berguna untuk skenario spesifik tertentu. Sedangkan waktu dan usaha yang dihabiskan untuk melakukan semua ini mungkin bahkan tidak menghasilkan hasil yang sesuai harapan.

Lihat juga :
Memperbaiki Hard Disk External yang Error Minta di Format
Daftar Situs Download Video di YouTube Tanpa Install Aplikasi

Satu-satunya skenario lain di mana alat defrag pihak ketiga bekerja dengan baik adalah dengan klien yang memiliki hard drive yang hampir penuh.

Saya bisa menggunakan alat pihak ketiga untuk memindahkan semua data ke awal disk. Ini membebaskan beberapa ruang ekstra dan membantu mempercepat PC sedikit.

Windows Built-In Defrag tool adalah yang Terbaik

Untuk 99% orang yang membaca artikel ini, alat defragmenter disk built-in di Windows sangat cocok untuk menjaga agar hard drive Anda tetap berjalan dengan lancar.

Sebagian orang benar-benar mengalami kesulitan untuk menguji banyak alat defragment yang berbeda seperti Defraggler, MyDefrag, dll dan mendapati kenyataan bahwa pada Windows 7 ke atas, tool tersebut tidak mempercepat akses baca atau tulis ke data pada hard drive dengan jumlah yang signifikan.

Hal ini karena hard disk saat ini jauh lebih besar dan oleh karena itu memiliki lebih banyak ruang kosong. Dengan ruang ekstra, Windows tidak perlu memecah file Anda sebanyak-banyaknya.

Selain harddisk yang lebih besar, mesin modern dan hard drive bisa mengakses data jauh lebih cepat dari sebelumnya. Jadi, bahkan jika Anda memiliki sebagian hard drive terfragmentasi, kemungkinan besar tidak akan membuat perbedaan seberapa cepat data dapat diakses.

Hanya jika Anda memiliki hard drive yang sangat terfragmentasi, Anda akan mulai melihat beberapa kelambatan kinerja, tapi ini hampir tidak mungkin dilakukan karena adanya defragmenter Windows bawaan.

Pada Windows 7, ini disebut Disk Defragmenter dan Windows 8 dan yang lebih tinggi, sekarang disebut Optimize Drives. Secara default, ini dijadwalkan untuk berjalan sekali seminggu, yang cukup banyak menyimpan semua drive Anda di dekat fragmentasi 0%.

Baca juga :
Fungsi Tombol F4 di Ms-office Yang Ajaib dan Misterius
Apakah BIOS Perlu di Update? Begini cara Menentukannya
Download Game Aura Kingdom Terbaru Online / Offline Installer

SSD Tidak Perlu Defragmenting

Terakhir, defragmentasi otomatis semakin tidak dibutuhkan karena SSD (solid state disk). SSD tidak membaca dan menulis data seperti hard drive tradisional dan tidak perlu di-defrag. Sebenarnya, Windows secara otomatis akan menonaktifkan defragmentasi disk pada solid state hard drive karena defragging bisa mengurangi umur sebuah SSD.

Jika Anda mencari keuntungan kinerja yang sangat signifikan saat membaca dan menulis data, maka Anda harus melakukan upgrade ke SSD. Bahkan SSD termurah dan paling lambat berkali-kali lebih cepat daripada hard drive tradisional.

Pada mesin Windows 7, waktu booting bisa berjalan lebih dari 40 detik sampai di bawah 5 detik saat saya beralih dari hard drive 7200 RPM ke SSD Samsung 256 GB.

SSD biasanya berukuran jauh lebih kecil karena harganya lebih tinggi, namun dengan hanya menginstal Operating System ke SSD dapat membuat perbedaan besar, bahkan jika Anda menyimpan semua data Anda yang lain pada hard drive yang terpisah.

Kesimpulan

Mudah-mudahan, semua yang saya katakan tentang defrag tool terbaik di atas masuk akal, tapi jika tidak, inilah antisipasinya. Jika Anda menjalankan Windows XP di mesin yang lebih tua, Anda benar-benar harus meningkatkan versi. Jika tidak bisa, maka secara manual jalankan disk defragmenter bawaan.

Dan bila anda menjalankan Windows Vista atau lebih tinggi, tidak ada yang harus Anda lakukan karena Windows secara otomatis akan defragment hard drive tradisional dan akan mengecualikan SSD.

jika Anda seorang kutu teknologi dan ingin memeras setiap potensi terkecil dari PC Anda, pasanglah alat defrag pihak ketiga yang memiliki reputasi bagus dan konfigurasikan sesuai dengan keinginan Anda. Jika tidak, rileks dan nikmati hard drive Anda yang sudah dioptimalkan.

Cara lain yang bagus untuk mempercepat PC yang lebih baik daripada defragmenting adalah menguninstall perangkat lunak yang tidak digunakan atau sampah .

Leave A Reply

Your email address will not be published.