Enam Fitur Android yang Canggih Bikin Smartphone Jadi Super Canggih

0

Enam Fitur Android yang Canggih Bikin Smartphone Jadi Super Canggih

Saat ini, smartphone Android sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari. Selain sebagai alat komunikasi, smartphone Android memang bikin hidup lebih mudah dan menyenangkan. Apalagi jika kamu tahu benar bagaimana cara mengoptimalkan penggunaan smartphone Android kamu. Sayang, tidak semua pengguna tahu cara memaksimalkannya

Sebenarnya, ada cara setting fitur Android agar menjadi lebih canggih, sehingga smartphone Android itu menjadikan hidup kamu lebih hidup, praktis, dan bahagia.

Baca juga

Keunggulan Fitur Android Yang Tidak Ada di iOS

10 Aplikasi Yang Wajib Terinstal Di Smartphone Android

Daftar Enam Fitur Android yang Super Canggih

Kecanggihan smartphone Android itu tergantung dari pemiliknya. Smartphone Android jadi super canggih jika daftar fitur Android berikut ini diatur dengan setting yang tepat dan cerdas.

Daftar Enam Fitur Android yang Canggih

  1. Fitur Google Assistant

Fitur Android yang pertama yang super canggih adalah Fitur Google Assistant. Semua yang dibekalkan di dalam smartphone Android pasti mempunyai fungsi dan kegunaan. Fitur Google Assistant merupakan salah satunya. Ketika kamu berselancar, chatting dan browsing menemui sesuatu yang tidak kamu paham, kamu tinggal tekan tombol home agak lama.

Kamu akan menemukan lokasi, terjemah bahasa, baca berita dengan suara, dan ucapkan OK Google, untuk memakai perintah suara. Semua jadi sangat mudah. Kamu cukup menyesuaikan setting di Google Assistant untuk mengakses smartphone dengan maksimal.

  1. Fitur Smart Lock

Fitur Android kedua yang cukup canggih adalah fitur Smart Lock. Ketika mengakses smartphone Android dengan membuka kunci layar itu pasti cukup merepotkan. Apalagi ketika kamu kunci dengan password atau PIN.

Sebenarnya, ada cara setting Android yang lebih baik dengan membiarkan Android tidak terkunci pada kondisi khusus, yakni fitur Smart Lock yang bisa menjaga ponsel Android tidak terkunci ketika kamu ada di kondisi tertentu, seperti ketika berada di rumah, terhubung WiFi kantor, dan yang lain.

Caranya mengaktifkan Smart Lock yaitu tekan Pengaturan> Keamanan> Smart Lock untuk memulai. Selanjutnya atur Smart Lock untuk membuka smartphone ketika kamu ada di rumah, mendengar suara khasmu, atau ketika tersambung dengan perangkat yang kamu atur.

  1. Fitur Google Now

Saat ini, Google Assistant sedang diperhatikan, namun fitur Google Now tidaklah ketinggalan jaman. Google Now masih memiliki layanan yang kamu perlukan. Fitur Google Now merupakan fitur Android ketiga yang cukup canggih. Jadi, aturlah Google Now untuk melakukan pekerjaan dengan lebih baik dan cerdas.

Caranya yaitu buka Google Now, lalu tekan tombol “Menu” di pojok kiri bagian atas layar. selanjutnya pilih “Customize”, dan isi preferensi kamu. Pastikan untuk membiarkan Google Now mengetahui tempat tinggal dan tempat bekerja kamu. Jika kamu melakukannya, fitur Google Now bisa memberi tahu berapa lama perjalananmu, bahkan sebelum kamu bertanya.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui sejumlah kategori yang akan mengaktifkan Google Now untuk memberi petunjuk lebih lanjut tentang kesukaan kamu. Contohnya menampilkan berita dari situs web kesukaanmu, info olahraga, layanan streaming favorit, dan seterusnya.

  1. Fitur OK Google

Jika perlu mengetahui sesuatu maka ucapkan OK Google walaupun smartphone Android sedang terkunci. Fitur OK Google merupakan fitur Android keempat yang canggih.

Cara aktifkan OK Google yaitu buka Settings Google Now > Voice > Google Now detection.

Tapi, kamu tahu fitur ini masih terbatas dengan bahasa Inggris. Latihlah smartphone agar bisa mengenali suara kamu dengan mengucapkan “OK Google” sebanyak 3 kali. Setelah smartphone Android sudah terlatih, kamu bisa mengatakan sesuatu apapun, bahkan saat smartphone sedang terkunci.

Aktifkan juga “Trusted Voice” untuk membiarkan Google Now membuka Android kamu saat mendengar suaramu. Smartphone secara otomatis terbuka tanpa harus membuka kunci layar.

  1. Waktu Hemat Baterai

Jika kamu ingin smartphone Android hidup lebih lama, maka mode Battery Saver sangat diperlukan. Mode ini memungkinkan untuk mengatur smartphone dalam keadaan daya rendah ketika baterai akan habis. Smartphone Android itu bisa mengerem aktivitas di background.

Caranya yaitu buka Settings > Battery > Battery Saver > Turn on automatically. Atur kapan Android berganti mode baterai, ketika baterai sisa 10 % atau 30 % misalnya. Fitur Android ini canggih kan?

  1. Fitur Silent Otomatis

Suara notifikasi dari smartphone Android cukup mengganggu jika kamu sedang meeting atau menikmati waktu tenang. Bahkan, salah tingkah harus cepat-cepat menurunkan volume suara.

Tenang, sebenarnya kamu bisa mengatur mode Do Not Disturb di smartphone Android untuk membungkam suaranya dengan otomatis selama meeting, makan malam dan yang lain.

Fitur Android satu ini cukup canggih. Kamu bisa mengatur fitur Do Not Disturb di pengaturan sesuai keperluan. Selain itu, kamu juga tetap bisa mengatur panggilan khusus untuk tetap bisa masuk seperti biasa.

Demikianlah Daftar Enam Fitur Android yang Super Canggih dan jika diatur dengan tepat bisa membuat smartphone jadi lebih canggih. Bagaimana dengan Android kamu Gan?

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.