Fitur Android yang Tak Banyak Orang Mengetahuinya

0

Fitur Android yang Tak Banyak Orang Mengetahuinya

Fitur Android berikut ini merupakan beberapa fitur yang tidak begitu banyak orang ketahui. Padahal fitu – fitur tersebut sangat membantu pengguna Android jika dimaksimalkan.

Ponsel Android merupakan ponsel pintar yang kian hari semakin bertambah cerdas dengan banyaknya teknologi terkini yang ditanamkan didalamnya.

Baca juga:

Enam Fitur Android yang Canggih Bikin Smartphone Jadi Super Canggih

Cara Membuka Smartphone Android Yang Lupa Kata Sandi

Cara Termudah Menemukan Smartphone Android Yang Hilang

5 Fungsi Tablet Android Yang Jarang Digunakan

fitur android yang tak banyak orang ketahui
fitur android yang tak banyak orang ketahui

Namun begitu, ternyata masih banyak dari pengguna Android yang belum tahu fitur – fitur yang ada di Android mereka. Mungkin itu karena kebanyakan pengguna hanya menggunakan Android sebagai alat komunikasi saja. Baik berupa panggilan, berkirim pesan atau online di media sosial.

Nah, berikut ini adalah fitur Android yang tak banyak orang mengetahuinya sebagaimana kutipan dari Android Pit

  • Perintah suara ketika layar terkunci

Kecanggihan teknologi di Android dibuktikan dengan adanya fitur perintah suara yang bisa digunakan penggunanya ketika layar ponsel terkunci. Contohnya: perintah OK Google.

Fitur ini tersedia di Android yang telah ditanami sistem deteksi suara yang bisa pengguna perintahkan dengan suara ketika layar terkunci.

Caranya: masuk ke menu Google Setting, lalu pilih Search and Google Now. Setelah itu, pilih Voice, lalu klik OK Google Detection. Dan Terakhir pilih opsi Always On.

Selesai. Pastikan suara kamu dikenali oleh smartphone Android kamu agar perintah suara kamu bisa dilakukannya dengan lancar.

Peringatan

Android yang tidak memiliki deteksi turn off screen (layar dimatikan) masih mempunyai opsi From Any Screen, bukan opsi Always On.

  • Fitur Reset Dan Kunci Dari Jarak Jauh

Ketika smartphone Android kamu hilang, maka fitur Android Device Manager bisa membantu pemiliknya untuk reset atau mengunci Android miliknya yang hilang dari jarak jauh.

Untuk mengaktifkan fitur ini silahkan masuk ke menu Setting, lalu Security, kemudian Pone Management.

Pengguna Android bisa mengakses situs Android Device Manager-nya melalui Android yang lain atau PC/ Laptop jika kehilangan smartphone.

  • Pasang Nomor Kontak Jika Android Hilang

Kehilangan smartphone Android atau Android itu hanya teertinggal di tempat tertentu bisa membuat pemiliknya menjadi khawatir dan takut. Namun, sebenarnya pengguna bisa memaksimalkan fitur Android yang memungkinnya untuk meninggalkan sebuah pesan yang berupa nomor kontak dan memasangnya di layar smartphone yang hilang itu.

Cara mengaktifkannya bisa kamu lakukan dengan masuk ke Setting, lalu Security, selanjutnya pilih Lock Screen Message untuk memasang informasi kontak kamu.

Dengan begitu, siapapun yang menemukannya bisa langsung menghubungi nomor tersebut. Tentu jika dia berniat mengembalikannya. Jika tidak ya wassalam. Kacian deh lho…

  • Fitur Scan Barcode

Fitur Android selanjutnya adalah fitur Barcode Scanner atau pemindai barcode melalui kameranya. Untuk menggunakannya kamu perlu aplikasi barcode Scanner yang dapat dibuat untuk memindai kode QR (Barcode).

  • Merekam Video Screenshot

Jika kamu sudah tahu akan adanya fitur screenshot di Android tentu itu sudah biasa bagi pengguna smartphone. Namun tahukah kamu bahwa Android memiliki fitur merekam video screenshot.

So, fitur ini cocok bagi para youtuber yang terbiasa untuk merekam layar smartphone. Bahkan kini, sudah ada smartphone yang mampu merekam permainan game yang dimainkan. Contohnya, Galaxy S8 dengan Game Lounchernya.

Nah, jika Nadroid kalian belum memiliki fitur merekam video screenshot kamu, bisa meminta bantuan aplikasi pihak ketiga. Misalnya aplikasi AZ Screen Recorder agar mampu merekam video sreenshot layar Android milikmu.

Download: AZ Screen Recorder

Oke, demikianlah fitur Android yang tak banyak orang mengetahuinya. Silahkan kamu maksimalkan agar Android kamu bekerja dengan optimal. SEKIAN dan TERIMAKASIH.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.