Fitur Populer Smartphone yang Saat Ini Dilupakan

0

Fitur Populer Smartphone yang Saat Ini Dilupakan

Zaman yang terus berkembang membuat produsen smartphone harus berlomba-lomba mengembangkan teknologinya dengan menghadirkan beragam fitur smartphone yang terbaik. Sensor sidik jari, sensor wajah sampai pengisian daya nirkabel kini telah hadir.

Dari sekian banyaknya fitur smartphone, masih ada yang sampai saat ini bertahan, ada juga yang pada akhirnya ditinggalkan. Ada 5 fitur populer smartphone dan menjadi tren, namun sekarang mulai dilupakan dan ditinggalkan, bahkan kini tidak dipakai lagi.

Baca juga

Tips Penting Memilih dan Membeli HP Android Baru

Fitur Populer Smartphone Yang Saat Ini Dilupakan

Fitur Populer Smartphone yang Saat Ini Dilupakan:

  1. Keyboard fisik

Sebelumnya, semua ponsel memakai keyboard fisik. Ponsel seperti Nokia dan Sony dan yang lain memakainya. Selanjutnya, keyboard berkembang dan berubah menjadi QWERTY sebagaimana yang ada di ponsel BlackBerry. Namun sekarang, keyboard fisik sudah ditinggalkan dan diganti dengan layar sentuh (touchscreen).

Seiring waktu berjalan, teknologi touchsreen bertambah canggih dan pada akhirnya dengan perlahan-lahan keyboard fisik kini terlupakan dan ditinggalkan. Itulah fitur populer smartphone yang pertama dan kini sudah dilupakan.

  1. Trackball dan Trackpad

Ketika tidak ada layar sentuh, maka trackball dan trackpad diperlukan untuk menggerakkan kursor. Namun sayang, fitur smartphone populer ini tidak bisa terlepas dari kritik. Bagaimana tidak, trackball yang tersangkut atau desain trackpad yang tidak kokoh sudah cukup menjengkelkan.

Pada akhirnya fitur populer smartphone ini dilupakan dan digantikan dengan touchsreen yang sangat mudah bagi pemakai smartphone untuk menggeser layar, mengetik teks, dan aksi copy-paste. Itulah fitur populer smartphone kedua yang kini ditinggalkan seperti keterangan laman Android Authority.

  1. Speaker depan

Dulu, tempat speaker berada di depan smartphone. HTC merupakan yang pertama memiliki konsep ini di HTC One M7 pada tahun 2013. Produk pesaing semisal Nexus 6 dan Axon 7 juga mengikuti konsep HTC ini.

Seiring perjalanan waktu, fitur populer smartphone ini kian surut dan terlupakan. Bahkan HTC sendiri meninggalkan konsepnya ini dengan menempatkan speaker HTC 10 di bagian bawah smartphone.

  1. Baterai bisa dilepas

Apple sudah sangat lama memakai baterai tanam alias tidak bisa dilepas. Saat itu, Samsung dan LG belum berniat menggunakan baterai tanam. Namun pada akhirnya, mereka menjadi luluh dan ikut memakai baterai tanam sebagaimana Apple.

Alasan beralih menggunakan baterai tanam adalah daya tahan dari air dan debu. Karena baterai yang dapat dilepas akan sangat mudah terkena air dan debu.

Kini, fitur populer smartphone ini sudah dilupakan dan tidak ada lagi ditemukan di smartphone masa kini.

  1. Headphone Jack

Hilangnya headphone jack di smartphone telah menjadi obrolan hangat saat ini. Smartphone populer seperti HTC, Motorola, dan Apple sudah meninggalkan headphone jack. Walaupun masih ada smartphone yang memakainya, namun tren ini mulai surut.

Alasan terbesar meninggalkan fitur populer smartphone ini adalah perubahan colokan menjadi USB type C. Bahkan, Pixel 2 yang akan dirilis oleh Google pada Oktober 2017 nanti juga akan meninggalkan headphone jack. Cepat atau lambat, Samsung dan LG akan mengikutinya..

Demikianlah fitur populer smartphone yang kini dilupakan dan ditinggalkan. Semoga semakin baik kedepannya. Sekian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.