Fungsi Google Chrome Ketika Offline, Tidak Terhubung Internet

0

Google Chrome adalah sebuah aplikasi peramban cerdas yang sudah populer. Peramban ini memerlukan koneksi internet jika ingin dijalankan secara maksimal. Karena internet merupakan sumber utamanya untuk berjalan dengan penuh.

Namun begitu, aplikasi peramban buatan Google tersebut ternyata bisa untuk melakukan bermacam hal selain untuk berselancar via internet. Artinya fungsi dari Chrome bisa digunakan tanpa harus tersambung internet alias offline.

Lihat juga:

Cara Browsing Secara Offline, Tanpa Koneksi Internet di Android

Cara Reset Browser Google Chrome (Kembali Ke Pengaturan Pabrik)

Fungsi Google Chrome Ketika Offline

Fungsi Google Chrome Ketika Offline  

Berikut adalah fungsi Google Chrome yang bisa kalian gunakan tanpa terhubung internet alias offline, seperti dikutip dari Popular Science.

  • Akses Email di Gmail

Ini merupakan salah satu fitur yang jarang orang tahu, yakni email yang terkirim di Gmail sebenarnya bisa kalian akses tanpa harus ada koneksi internet. Namun ada satu syarat yaitu memasang ekstensi Gmail Offline sewaktu terhubung internet.

Fungsi ekstensi ini adalah men-sinkronkan email yang ada di Gmail dengan hard drive bawaan sehingga bisa dibuka ketika offline.

Kalian juga bisa mengatur durasi email yang akan diunduh setelah pemasangan ekstensi tersebut, bisa seminggu, dua minggu, bahkan satu bulan.

Tapi ada yang perlu kalian perhatikan yaitu bahwa email yang bisa kalian lihat hanya email yang telah termuat di peramban Google Chrome. Artinya kalian tidak bisa membuka email secara real time. Begitupun dengan membalas email masuk, kalian bisa melakukannya setelah online.

  • Akses Layanan Google

Sewaktu Google Chrome offline dan tidak terkoneksi internet, kalian masih bisa mengakses beberapa layanan Google, yaitu Google Drive, Docs, Sheets, dan Slides.

Namun jika kalian sudah mengatur Google Drive dan mengaktifkan fitur offline. Selanjutnya, semua dokumen, spreadsheet, dan juga presentasi akan tersimpan di hard drive Google Chrome.

Artinya, ketika Google Chrome sedang offline, kalian masih bisa membuat dokumen baru, dan melakukan edit pada dokumen yang sudah termuat. Tapi, kalian tidak diizinkan mengakses file seprti video dan musik di Google Drive, kecuali file itu sudah kalian unduh terdahulu secara terpisah.

  • Bermain Game

Saat Google Chrome tidak terhubung internet, kalian masih bisa menggunakannya untuk bermain game secara offline, dengan syarat kalian mengunduh game di Chrome Web Store.

Toko aplikasi ini menyediakan beberapa aplikasi, game dan bermacam kelengkapan yang bisa kalian akses ketika tidak terhubung ke internet. So, kalian bisa bermain game yang ada disitu.

Selain itu, Google Crome sejatinya memiliki Game rahasia dan tersembunyi yang hanya bisa dimainkan ketika sedang offline. Dan saat tidak ada koneksi internet maka ikon dinosaurus akan tampil di layar. Selanjutnya tekan tombol spasi di keyboard, maka dinosaurus itu akan berjalan dan menghindari rintangan. Permainan yang cukup seru untuk meraih skor tertinggi kalian.

Demikianlah Fungsi Google Chrome Ketika Offline, Tidak Terhubung Internet. Silahkan kalian coba. Sukses selalu. Terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.