Fungsi Lain dari Tombol Volume di Smartphone Android

0

Tombol volume sudah wajar dan tidak asing dimiliki oleh sebuah smartphone, baik Android atau iOS. Semua pasti punya tombol itu. Sebuah tombol yang berfungsi utama untuk menaikkan suara atau mengecilkannya.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa tombol tersebut memiliki sejumlah fungsi lain, selain untuk menaik turunkan suara.

Lihat juga:

Fungsi Lain Dari Tombol Power Smartphone Android

Fungsi Google Chrome Ketika Offline, Tidak Terhubung Internet

fungsi lain tombol volume di smartphone

Nah, kali ini, artikel kami akan mengupas beragam fungsi lain dari sebuah tombol volume di smartphone. Penasaran, apa saja fungsi lain itu?

Berikut rincian fungsinya:

  • Zoom kamera

Fungsi lain yang pertama adalah untuk zoom in atau zoom out kamera smartphone. Kamera smartphone kini sudah banyak yang support pemakaian tombol volume di user interface-nya, sehingga kalian bisa mengatur tombol itu menjadi shortcut untuk zoom di kamera.

  • Jepret Foto

Fungsi lainnya yaitu merubahnya menjadi tombol shutter untuk mengambil foto. So, cara ini tidak merepotkan kalian dari menyentuh layar ketika jepret foto atau buat video.

  • Hidupkan layar

Jika umumnya kalian memakai tombol power untuk menghidupkan layar, atau juga menggunakan fitur double tap to wake, kalian bisa lho menjadikan tombol volume sebagai ganti keduanya untuk menghidupkan layar smartphone.

  • Buka lock screen

Fungsi lain selanjutnya adalah untuk membuka lock screen. Dengan membuat lock screen dari kombinasi tombol volume, maka kombinasi tombol itu bisa kalian tekan untuk membukanya.

  • Shortcut aplikasi

Tombol volum bisa kamu jadikan sebagai shortcut aplikasi sehingga membuka aplikasi tersebut bisa lebih cepat dengan langsung menekannya. Cara itu bisa kalian lakukan dengan bantuan aplikasi QuickClick. Hal lainnya juga bisa kamu lakukan dengan aplikasi ini.

  • Screenshot

Sceenshot atau menyimpan tangkapan layar bisa kalian lakukan dengan menekan tombol volume bawah + tombol power.

  • Recovery mode

Kombinasi tombol volume + tombol power bisa kalian gunakan untuk masuk ke recovery mode ketika menyalakan smartphone. Selain itu, tombol itu juga berfungsi untuk memilih menu yang ada di recovery mode.

Oke, itulah sejumlah Fungsi Lain dari Tombol Volume di Smartphone selain untuk meningkatkan suara atau menurunkannya. Jika ada fungsi yang lainnya, silahkan komentar di kolom bawah ya. Sekian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.