11 Hal Ilegal di Internet ini Mungkin Sering Anda Lakukan

0

Saat ini Internet telah memasuki berbagai macam sendi kehidupan dan banyak mempengaruhi pola interaksi sosial dan pola pikir individual.  Tanpa disadari hal ini menyebabkan begitu banyak ketergantungan kita pada teknologi ini. Membaca dan menyaksikan berita secara real time, memesan makanan, bahkan mencari souvenir kecil, semuanya bisa dilakukan hanya ujung jari saja. namun apakah anda ingin tahu apa saja Hal Ilegal di Internet yang mungkin sering anda lakukan.

Tahukah anda ? ada beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan di internet. Pelanggaran terhadap hal ini bisa mengakibatkan hukuman penjara atau denda yang mungkin tidak pernah anda perkirakan sebelumnya.

hal ilegal di internet

Baca juga :
Inilah 5 Pekerjaan Teknik Terbaik Dimasa Depan Paling Populer
Kekurangan WhatsApp Versi Web ini Pasti Bikin Anda Ilfil

 

Hal ilegal di internet yang mungkin sering anda lakukan

 

  1. Merekam Percakapan Skype

Apabila anda merekam pembicaraan orang lain di Skype, pastikan anda memberitahukannya kepada orang tersebut, apabila anda ingin menge-share-nya. Karena mungkin isinya tidak pantas atau memuat konten yang dilarang untuk dibagi di ruang publik, jika anda melakukannya tanpa izin, maka hhal ini bisa menjadi kejahatan yang beresiko.

  1. Memblokir iklan

Memang Iklan menghisap kuota kita, dan itu tidak nyaman. namun memblokirnya menjadikan pengiklan merugi cukup banyak. Dalam beberapa aspek, hal ini termasuk dalam pencurian.  Jadi hati-hatilah… tapi kalau tidak ketahuan ya gak apa-apa, he he.

  1. Menjual di eBay Tanpa memberitahukan Penghasilan

Penjual ditoko eBay harus tahu bahwa aktifitas yang dilakukannya sama dengan pekerjaan didunia nyata dan dia harus membayar pajak penghasilan kepada pemerintah atas penghasilannya. Anda tahukan ???  bahwa ’ Tidak membayar pajak itu ilegal’.

 

  1. Berbagi sandi berlangganan

Isi suatu akun sebenarnya milik pribadi dan bersifat rahasia. Dan berpikir untuk membagikan kata sandinya untuk bebas diakses pengguna lain, bisa menimbulkan potensi kejahatan atau penyalahgunaan yang bisa membawa Anda ke jaring polisi.

  1. Akun facebook di bawah umur

Facebook tidak mengizinkan siapapun yang berusia di bawah 13 tahun untuk mendaftar atau menggunakannya. Namun itu bisa saja terjadi apabila menggunakan tanggal lahir palsu untuk bersenang-senang dan ini ilegal. 

  1. Memalsukan Alamat IP

Menentukan alamat IP Anda adalah hal yang legal, tapi mengubahnya dan secara salah mengiklankan IP Anda secara online berada di bawah Undang-Undang Penipuan dan Penyalahgunaan Komputer.

  1. Menggunakan Jaringan Wi-Fi Tanpa Izin

Maukah kamu pergi ke toilet tetanggamu dan buang air kecil disana? TIDAK, Anda tidak akan melakukannya tanpa izin. Dengan cara yang sama, Anda tidak boleh menggunakan Jaringan Wi-Fi tanpa izin seseorang karena ini adalah kejahatan.

  1. Kejahatan Maya

“Siapa pun yang mentransmisikan komunikasi antar negara atau luar negeri, setiap komunikasi yang mengandung ancaman untuk menculik seseorang atau ancaman untuk melukai orang lain, harus didenda dengan judul ini atau dipenjara tidak lebih dari lima tahun, atau keduanya.”

  1. Mengunduh gambar atau GIF berhak cipta

hal ilegal di internet berikutnya adalha tentang gambar. Semua gambar yang sedang tren di situs manapun mungkin tidak tersedia untuk penggunaan pribadi karena terikat dengan hak cipta tertentu. Menggunakan materi berhak cipta dianggap sebagai kejahatan.

 

  1. Pelanggaran domain bermerek dagang

Jika Anda berpikir untuk menggunakan domain yang sudah terdaftar untuk meningkatkan penjualan Anda, maka berhati-hatilah, karena perusahaan dengan domain merek dagang dapat menuntut Anda di pengadilan jika domain mereka dilanggar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.