Tanpa Anda Sadari 8 Hal Sepele ini Akan Merusak Laptop Anda

0

Dengan laptop, banyak sekali tugas-tugas kita yang cepat terselesaikan. banyak sekali fungsi yang bisa di gunakan bahkan dengan bekal laptop seseorang bisa bekerja dan mencari uang tanpa harus keluar dari rumah. Laptop juga seperti mahluk bernyawa yang membutuhkan perawatan bahkan mesin elektronik ini konon juga ada umurnya. untuk itu perlunya pengetahuan tentang hal hal sepele yang bisa merusak laptop agar laptop bisa berumur panjang nantinya.

Karena laptop ini adalah perangkat yang selalu dekat dengan kita sehingga banyak hal yang tanpa kita sadari melakukan hal yang sepele yang dapat memicu pada masalah software maupun hardware. oleh karena itu penting kiranya informasi ini agar anda bisa lebih hati-hati dalam menggunakan laptop anda agar laptop anda selalu optimal dan tahan lama.

hal sepele yang bisa merusak laptop

Baca juga :

Untuk merawat laptop sendiri tidaklah begitu sulit namun mungkin karena kebiasan sehingga hal itu terasa sulit untuk di lakukan. berikut adalah beberapa hal yang kelihatannya sepele namun punya pengaruh besar terhadap ketahanan terhadap performa laptop itu sendiri.

Beberapa hal yang tanpa anda Sadari, hal sepele yang bisa merusak laptop Anda. Dan tentunya gejala-gejala laptop akan bermasalah manakala frekuensi melakukan hal di bawah ini sudah sering dilakukan.

Hal sepele yang bisa merusak laptop Anda

 

1. Menutup/Membawa laptop dalam keadaan Mode Sleep

Jika laptop dalam keadaan sleep itu artinya laptop masih dalam keadaan berfungsi / On. jika kita membawa laptop tersebut dalam keadaan hidup dikhawatirkan akan terjadi benturan / gesekan antara satu komponen dengan komponen lainnya seperti hardisk/memory ram yang mudah sekali bergeser karena benturan. Jika hal itu sering terjadi maka akan menyebabkan terjadinya arus yang tidak stabil antara hardisk/RAM dengan Mesin laptop.

2. Menghidupkan Laptop terlalu lama lebih dari yang seharusnya.

Laptop sendiri di rancang tidak seperti PC dimana laptop mempunyai batas waktu untuk di hidupkan. sebaiknya anda matikan saja ketika laptop sudah tidak anda gunakan. Sebaiknya anda gunakan laptop seperlunya saja.

3. Memaksa mematikan Laptop dengan menekan Tombol Power.

Mematikan laptop dengan menekan tombol power agak lama ini salah satu kebiasaan untuk mematikan laptop dengan cepat. atau memaksa mematikan laptop. sebaiknya tombol power ini digunakan ketika darurat saja sewaktu terjadi masalah dengan laptop. sebaiknya anda matikan laptop dengan sewajarnya saja bisa menggunakan tombol shit down yang ada di dalam windows.

5. Sering Membuka file/ Memutar film DVD Bajakan

Dvd Bajakan bisa memicu kerusakan pada optik DVD room pada laptop karna banyak sekali desain pada DVD bajakan ini tidak sesuai dengan standar yang berlaku. Sebaiknya jika anda ingin memutar film DVD bajakan anda bisa menggunakan dvd player TV saja.

 

6. Memasang Charger Dulu Ke Laptop Baru Ke Listrik

Hal ini adalah tentang arus yang tidak stabil dibandingkan jika anda mencolokkan charger ke listrik dulu baru ke laptop. Dan tentu saja pengaruh terbesar untuk hal sepele ini adalah matherboard yang sering mengalami masalah.

7. Meletakkan laptop di tempat empuk (Kasur, bantal dll)

Alasannya adalah kasur ataupun bantal dan lain sebagainya akan menyumbat aliran udara yang keluar dari dalam laptop.  Jika aliran panas pada laptop di sumbat maka yang sering terjadi adalah overheat. Sebaiknya anda gunakan tatakan khusus yang memungkinkan laptop bisa mengalirkan udara dengan lancar.

8. Meletakkan Barang di Atas laptop

Bagi sebagian merek tertentu memang sudah di desain lebih kuat dan tahan banting namun tak sedikit pula laptop dengan desain tipis dan ringkih sehingga tidak mampu jika harus menahan beban di atasnya sehingga hal itu bisa merusak hardware laptop anda terutama adalah layar laptop anda.

 

Semoga informasi tentang menghindari hal sepele yang bisa mengakibatkan laptop bermasalah di atas bisa memberikan manfaat untuk anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.