inilah, cara mengamankan flashdisk dengan password atau kata sandi

0

Flashdisk dapat di kata adalah satu dari banyaknya aksesori yang umum dimiliki oleh orang yang punya laptop atau komputer. Fungsi flashdisk sudah sangat jelas yaitu untuk menyimpan dan menyalin sebuah file dari satu perangkat ke perangkat yang lain. oleh karena pentingnya untuk mengetahui cara mengamankan flashdisk agar isi dalam flasdisk selalu aman dan tentram.. hehe

 

Kapasitas flashdisk juga semakin besar dan bervariasi. Dahulu, kapasitas flashdisk hanya di ukuran puluhan MB atau ratusan MB, namun sekarang kapasitas flashdisk sudah sampai ukuran TB. Semisal Kingston di awal tahun 2017 telah memamerkan flashdisk dengan kapasitas 2TB di ajang CES 2017.

Baca juga :
Cara Amankan File Pribadi di Smartphone Dan Laptop
Cara Membuka Smartphone Android Yang Lupa Kata Sandi

cara mengamankan flashdisk

Jika kamu suka menyimpan  file dan folder rahasia dan penting di sebuah flashdisk, dan kamu tidak ingin orang lain tahu, maka ada baiknya jika kamu amankan flashdisk dengan password atau kata sandi.

Caranya cukup mudah kok, berikut selengkapnya :

Cara mengamankan flashdisk dengan password

  • Download program DiskCryptor, lalu instal.

Saat program aplikasi DiskCryptor kamu jalankan maka ia akan mendeteksi seluruh disk drives di perangkat laptop atau komputer, termasuk juga flashdisk yang tertancap di perangkat.

Pilih flashdisk drive, kemudian kamu klik tombol Encrypt, maka akan muncul kotak dialog yang meminta kamu untuk memilih metode enkripsi. Langsung saja kamu klik next, tanpa merubah apapun yang ada.

Selanjutnya, muncul kotak dialog, ketik password atau kata sandi yang kamu inginkan lalu konfirmasi. Buatlah kata sandi atau password yang sedikit rumit tapi kamu ingat, jangan yang mudah ditebak. Lalu klik OK. Proses enkripsi langsung dimulai dan tunggulah sampai proses itu rampung.

Ingat! proses enkripsi itu tergantung pada ukuran kapasitas flashdisk kamu.

Setelah proses enkripsi flashdisk selesai, maka flashdisk kamu tidak lagi dikenali oleh Windows, bahkan Windows justru memintamu untuk menformat flashdisk, namun lewati saja. Abaikan!

Selanjutnya kamu buka DiskCryptor, lalu klik di drive flashdisk yang dituju, kemudian klik Mount. Dan ketik password atau kata sandi yang telah kamu buat sebelumnya.

Cara mencabut flashdisk, kamu klik saja Unmount dengan proses serupa, atau kamu langsung bisa klik Safely Remove. Selesai.

Peringatan

Flashdisk memang sudah aman dari orang lain karena tidak terbaca oleh Windows, namun ingat mereka bisa memformatnya. So, tetaplah hati-hati jika flashdisk dipinjam orang lain, jangan sampai di format. Bisa hangus semua isinya.

Oleh karena itulah, seyogyanya kamu mencadangkan file dan folder yang dirasa penting sebagai antisipasi akan hal yang tidak kamu inginkan.

Demikianlah cara amankan flashdisk dengan password atau kata sandi. Semoga berguna. Terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.