Keunggulan Fitur Android Yang Tidak Ada di iOS

0

Keunggulan Fitur Android Yang Tidak Ada di iOS – Pengguna Android dan pengguna iOS terus saja bersaing. Mereka merasa lebih unggul dari yang lain. Sistem operasi yang mereka pilih lebih unggul dari yang lain. Sepertinya akan terjadi perseteruan abadi diantara mereka.

Namun, sebenarnya perseteruan mereka terjadi tak lebih cuma soal preferensi, sebab setiap sistem operasi selalu mempunyai keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh sistem operasi yang lainnya.

Keunggulan Fitur Android Yang Tidak Ada di iOS

Lihat juga :

Karena itulah, kali ini kita akan menginformasikan sejumlah fitur Android yang belum ada di iOS sebagaima informasi dari Make Use Of.

5 Keunggulan Fitur Android Yang Tidak Ada di iOS

 

  • Setting aplikasi default

Fitur setting atau pengaturan aplikasi default untuk berbagai tugas, semisal membuka sms, menulis pesan, dan panggilan kamera merupakan nilai tambah bagi Android. Oleh sebab itu, banyak pihak yang meminta Apple untuk membuat fitur sama di iOS.

Dengan keunggulan ini, pengguna smartphone Android bisa setting aplikasi pihak ketiga untuk melakukan tugas khusus dari aplikasi asli bawaan. Bahkan, aplikasi tersebut bisa diatur secara default sehingga tidak lagi membutuhkan setting berulang kali.

Namun, konsekuensi akan diterima pengguna jika menggunakan aplikasi pihak ketiga. Diantaranya yaitu iklan di aplikasi yang sering mengganggu. Dan untuk menghilangkan iklannya, pengguna wajib membayar harga tertentu.

  • Setting notifikasi lebih unggul

Salah satu fitur yang sering diminta untuk dibuat di iOS adalah kontrol notifikasi tingkat lanjut. Sampai saat ini, bentuk notifikasi iOS masih berupa notifikasi aplikasi secara terpisah-pisah. Dan hal itu menyebabkan tampilan notifikasi terlihat penuh dan sesak.

Namun untuk Android 7.0 Nougat, problem seperti itu sudah tidak terjadi. Sebab, sejumlah notifikasi dari aplikasi yang sama sudah dibuat menjadi satu bagian. Dan cara melihat sumber notifikasi, pengguna Android cukup geser ke bawah saja.

Selain itu, pengguna Android juga memiliki kebebasan untuk mengabaikan notifikasi yang tidak ingin dia lihat dengan cara menggeser notifikasi itu untuk menolaknya. Jelas, hal itu tidak sama dari iOS yang masih membutuhkan beberapa proses sebelum notifikasi yang tidak ingin diketahui dihapus dari layar notifikasi. Berbeda bukan? Dalam hal ini, Android lebih unggul daripada iOS.

  • Perekam internal

Banyaknya obrolan ketika berbincang via ponsel dengan orang lain tentang hal yang cukup serius dan penting, kemungkinan banyak orang akan kesulitan mengingat semuanya. Dan umumnya mereka akan menulis poin penting percakapan atau lebih mudah lagi jika merekamnya langsung ketika menelepon.

Nah, keunggulan perekaman suara ketika menelepon inilah yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna Android. Namun, tidak semua smartphone Android mampu melakukannya. Untuk itu, pengguna Android bisa menggunakan perekam dari aplikasi pihak ketiga.

Berbeda dengan Android, pengguna iOS sebenarnya bisa melakukan perekaman jika menggunakan aplikasi yang telah disediakan di App Store. Dan tentu, pengguna iOS perlu merogoh kocek untuk setiap perekaman. Cuapek deh, merogoh teruuus.

  • Modus multi-pengguna

Dimulai dari Android 5.0 atau Lollipop, Google telah memberi kewenangan agar pengguna Android bisa menambahkan akun lain di sebuah smartphone atau pun tablet Android. Dengan fitur ini, pengguna Android bisa membatasi akses orang lain ketika sedang menggunakan perangkat lunaknya.

Selain itu, data akun yang telah terpasang di tiap perangkat juga akan dibuat terpisah, sehingga kamu tidak perlu was-was dan khawatir. Namun sayang, Apple sampai sekarang belum berencana membuat fitur yang sama di iOS.

Informasi

Beberapa manufaktur tidak lagi menawarkan multi-pengguna secara penuh. Dan sebagai gantinya, mereka menawarkan solusi serupa namun dengan kemampuan yang telah disesuaikan.

  • Fitur multi-windows

Pada awalnya, fitur multi-windows cuma bisa dilakukan di perangkat PC. Namun, sebab pergeseran pengguna ke perangkat mobile, menjadikan para penyedia sistem operasi perangkat mobile membuat fitur serupa.

Perlu kamu ketahui, Apple telah membekali iPad dengan fitur menjalankan aplikasi berdampingan mulai iOS 9. Kemudian, pada iOS 11 untuk iPad fitur itu ditingkatkan. Namun sayang, fitur tersebut tidak bisa dinikmati oleh pengguna iPhone. Kecewa tidak?

Kondisi berbeda bisa ditemukan dari pengguna smartphone Android. Samsung saja telah memperkenalkan fitur serupa sejak tahun 2012 bersamaan dengan peluncuran Galaxy Note 2. Fitur itu juga masih tetap ada hingga sekarang di berbagai perangkat buatan Samsung.

Dan tidak mau kalah, Google pada tahun lalu juga sudah membuat fitur multitasking split-screen di Android 7.0 Nougat. Fitur ini tentu lebih memudahkan para pengguna smartphone Android dalam menjalankan dua aplikasi secara bersamaan.

Demikianlah sejumlah keunggulan fitur Smartphone Android yang tidak ada di iOS. Silahkan pilih yang mana kamu suka. Sekian. Ayo, dipilih, dipilih, dipilih…

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.