Memperbaiki Android yang Rusak Parah Dan Mati Total

0

Memperbaiki Android yang rusak parah dan mati total sudah menjadi keharusan dan kewajiban bagi pemiliknya. Dengan begitu, pengguna tidak perlu khawatir harus beli Android yang baru lagi. Selain itu, data – data yang ada di dalam ponsel juga bisa terselamatkan.

Kerusakan yang terjadi di smartphone Android bisa kita kategorikan menjadi dua, yaitu Soft Brick dan Hard Brick.

Kode Rahasia Android yang Wajib Pengguna Android Ketahui

Fitur Android yang Tak Banyak Orang Mengetahuinya

Tips Merawat Smartphone Android Agar Bertahan Bertahun-tahun

Menjaga Baterai Android Agar Tidak Kembung / Jebol

memperbaiki android yang rusak
Memperbaiki Android yang Rusak

Soft Brick atau bisa disebut Bootloop adalah kerusakan ponsel yang umumnya terjadi karena ada error atau crash di sistem operasinya. Sedangkan Hard Brick ialah kerusakan ponsel yang terjadi sebab ada kesalahan ketika melakukan flashing, terutama saat flashing kernel.

Kerusakan Android yang bersifat Soft Brick masih dapat diperbaiki sendiri oleh penggunanya dan ponsel Android itu masih ada kemungkinan untuk diselamatkan. Sebaliknya kerusakan yang bersifat Hard Brick di Android memerlukan penanganan khusus dari Service Center terdekat yang ahli, bukan tukang service biasa.

Nah, untuk memperbaiki Android yang rusak parah dan mati total, kita sebelumnya harus tahu jenis kerusakan yang terjadi, termasuk Soft Brick atau Hard Brick. Setelah itu, baru lakukan tindakan perbaikan.

Ciri – ciri Soft Brick

  • Layar Android tetap bisa menyala tapi macet di boot logo animation
  • Ponsel Android masih bisa bergetar
  • LED ponsel masih menyala

Cara memperbaiki Android yang rusak parah dan mati total

Beikut ini rincian cara memperbaiki Android yang rusak parah dan mati total sesua dengan jenis kerusakannya

  • Jika layar Android masih bisa hidup dan menyala namun macet dan berhenti di boot logo animation, pengguna bisa memperbaikinya dengan melakukan Wipe Data dan Wipe Cache melalui menu Recovery Mode. Sedangkan cara umum ke Mode Recovery yaitu dengan menekan tombol Volume bagian atas + Home + Power. Ingat, setiap Android mempunyai cara yang tidak sama untuk masuk ke menu Recovery Mode.
  • Selanjutnya, jika cara Wipe Data dan Wipe Cache ini belum berhasil, maka pengguna bisa melakukan flash dengan ROM lain melalui menu Recovery Mode.
  • Jika ponsel Android itu tidak bisa booting, tapi LED masih bisa menyala atau berkedip dan Android itu bisa kita gunakan untu masuk ke Flash Mode atau Download Mode, maka kita bisa memperbaikinya dengan cara flash ulang finware melalui Komputer / Laptop.
  • Dan jika Android kamu itu rusak yang bersifat Hard Brick dengan arti layar ponsel mati, tidak bisa getar, dan LED tidak menyala, bahkan tombol pewr juga tidak merespon, kamu nisa memperbaikinya dengan membawa Android itu ke ahlinya, yakni Service Center terdekat. Ingat, bukan ke tukang service biasa karena kemungkinan besar dia tidak akan menerimanya.

Oke Gan, itulah cara memperbaiki Android yang rusak parah dan mati total yang bersifat Soft Brick dan Hard Brick. SEMOGA SUKSES.

Leave A Reply

Your email address will not be published.