Memperbaiki Hard Disk External yang Error Minta di Format

0

Memperbaiki Hard Disk External yang Error Minta di Format

Hard Disk External sangat kita perlukan untuk media penyimpanan tambahan komputer dan laptop yang kita rasa kurang luas untuk menyimpan banyaknya file yang ingin kita simpan. Apalagi file itu berupa video- video dari film yang ukuran besarnya mencapai ukuran GB. Atau kita membutuhkan hard disk external agar komputer dan laptop kita tetap nyaman digunakan dan tidak berat dioperasikan sebab tidak memiliki beban banyaknya file yang kita simpan di komputer dan laptop.

Namun seiring waktu berjalan, hard disk external kita itu mungkin saja mengalami masalah yang tidak kita duga. Baik itu karena kelalaian kita dalam menjaganya atau memang sudah uzur usianya.

Baca juga:

Tips Memilih Hard Disk External yang Baik untuk Laptop

Sebab Dan Cara Atasi Komputer Atau Laptop Yang Lelet

Cara Lindungi Komputer Atau Laptop Dari Virus via Flashdisk

memperbaiki hard disk external yang error minta di format
Memperbaiki hard disk external yang error minta di format

Pernahkah kalian mengalami hard disk external kalian tiba- tiba error dan meminta format? Bahkan hard disk external itu tidak mau membuka semua isi yang disimpannya. Ngambek bagai cewek yang di perlakukan kasar atau di sia- siakan oleh pacarnya.

Iya, hard disk external itu marah dan meminta cerai karena kalian selingkuhi. He he he…

Hard disk external itu ngambek karena di perlakukan semena- mena dan dicabut dengan kasar terlebih ketika sedang kalian gunakan.

Jika hard disk external yang error dan meminta format itu memiliki data dan file yang penting tentu kalian menjadi pusing. Skripsi, karya ilmiah, dokumen lain tidak bisa kita buka. Sungguh terlalu.

Oke, tenang saja kawan, ada cara mudah untuk Memperbaiki hard Disk External yang error minta di format yaitu memanfaatkan fitur bawaan komputer dan laptop, tanpa harus meminta bantuan software tambahan dari pihak ketiga.

Memperbaiki Hard Disk External yang Error Minta di Format

Untuk memperbaiki hard disk external yang error minta di format tanpa bantuan software pihak ketiga bisa kalian lakukan dengan cukup mudah sekali. Berikut langkah- langkahnya:

  • Colokkan hard disk external kalian ke komputer atau laptop
  • Lihat dan perhatikan tempat hard disk external berada dimana? Di lokal drive E, F, G atau H. Tempat hard disk external akan berbeda sesuai dengan komputer dan laptop kalian. Contoh untuk laptop saya ada di drive G.
  • Ketik CMD di kolom pencarian komputer atau laptop untuk mencari Command Prompt
  • Klik Command Prompt tersebut
  • Ketik CHKDSK /r /f G

Perhatikan G adalah drive tempat dimana hard disk external berada. So, kalian bisa menggantinya dengan E, F, atau H. Sesuai tempatnya hard disk external di komputer atau laptop yang kalian miliki.

  • Selanjutnya, tekan Enter.

Oke, selesai. Kalian tinggal menunggu proses hingga selesai. Lama dan tidaknya tergantung dari ukuran dan isi hard disk external yang kalian perbaiki dan pulihkan tadi.

Setelah proses rampung, sekarang coba kalian cek hard disk external itu. Apakah masih ngambek dan meminta di format? Tidak lagi kan? Pacar sudah kembali dan lebih perhatian. Jangan lagi kalian sia- siakan.

Bagaimana Gan, cukup mudah dan sederhana bukan? Cara Memperbaiki Hard Disk External yang Error Minta di Format ini?

Silahkan dicoba. Jika cara ini belum berhasil juga, kalian bisa meminta bantuan Tools Recovery yang sudah banyak tersedia di Internet. Silahkan kalian browsing. Jangan menyerah dan kehabisan akal pokoke. Sekian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.