Memperbaiki Hard Disk Komputer / Laptop yang Rusak

0

Memperbaiki Hard Disk komputer / laptop yang rusak atau biasa disebut dengan hard disk bad sector bisa kalian lakukan dengan dua cara, yaitu melalui software bawaan asli dari komputer / laptop, dan melalui software pihak ketiga.

Namun untuk memperbaiki Hard Disk yang bad sector harus kalian lihat terlebih dahulu pada jenis kerusakannya. Sebab kerusakan Hard Disk ada dua macam. Yakni kerusakan berat (hard bad sector) dan kerusakan ringan (soft bad sector).

Lihat juga:

Ternyata, Ini dia Merek Laptop yang Sering Bermasalah

Tips Memilih Hard Disk External yang Baik untuk Laptop

Sebab Dan Cara Atasi Komputer Atau Laptop Yang Lelet

Memperbaiki Hard Disk Komputer dan Laptop
Memperbaiki Hard Disk Komputer dan Laptop

Kerusakan hard disk yang disebabkan oleh kerusakan fisiknya biasa disebut dengan hard bad sector (kerusakan berat) dan sulit untuk diperbaiki denagan sofware. Kerusakan hard bad sector di hard disk umumnya dikarenakan head crash yakni head hard disk terjadi kontak pada platter yang sehingga terjadi kerusakan permanen. Jika itu yang terjadi maka sebaiknya kalian bawa ke tukang servis jika masih memungkinkan diperbaiki atau beli saja hard disk yang baru. Masalah pun beres.

Namun jika kerusakan hard disk itu bersifat soft bad sector (kerusakan ringan) itu bisa saja kalian perbaiki sendiri dengan menggunakan software asli bawaan dari komputer / laptop, atau menggunakan bantuan software pihak ketiga.

Oke, untuk memperbaiki hard disk komputer / laptop yang rusak ringan dengan software bawaan bisa kalian simak rincian langkah berikut ini

Memperbaiki Hard Disk Komputer / Laptop yang Rusak Ringan

Software bawaan dari komputer / laptop yang bisa kalian gunakan untuk memperbaiki hard disk yang rusak ringan adalah Chkdsk. Berikut langkah- langkahnya:

  • Buka File Explorer / Windows Explorer
  • Pilih dan klik kanan di Local Disk yang akan kalian cek. Lalu pilih Properties.
  • Pilih tab Tools di tampilan Local Disk Properties
  • Klik Check / Check Now di opsi error checking
  • Lalu klik scan drive

Di sebagian komputer terdapat dua pilihan di opsi check disk, kalian centang saja keduanya. Lalu klik Start untuk proses scan local drive

Silahkan tunggu proses pengecekan local disk selesai. Komputer / laptop nantinya juga akan restart sendiri setelah proses cek dan perbaikan. Kami sarankan proses untuk memperbaiki hard disk yang rusak ringan di komputer dan laptop ini kalian lakukan sewaktu keduanya tidak sedang digunakan, karena proses cek dan perbaikan memakan waktu cukup lama sesuai local disk keduanya.

Demikianlah cara Memperbaiki Hard Disk Komputer / Laptop melalui software asli bawaan. Semoga bermanfaat.

Tips Mencegah Hard Disk Rusak

  • Bersihkan komputer / laptop secara berkala dari debu yang menempel
  • Pastikan suhu komputer / laptop tetap dingin
  • Matikan komputer / laptop dengan cara yang benar
  • Hindari goncangan komputer / laptop agar tidak head crash
  • Manfaatkan AntiVirus untuk perlindungan komputer / laptop
  • Lakukan defragmenter secara berkala untuk mencegah bad sector di hard disk
  • Pakai PSU yang berkualitas untuk mengatur arus listrik tetap aman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.