Menjaga Baterai Android Agar Tidak Kembung / Jebol

0

Menjaga baterai Android agar tidak kembung / jebol wajib kamu lalukan. Baterai Android jika tidak dijaga kesehatannya maka lambat laun akan menjadi kembung / jebol. Padahal baterai merupakan bagian vital di sebuah ponsel. Terutama Android yang diciptakan untuk sistem yang serba online dan dan terhubung internet.

Baterai kembung biasa terjadi karena tidak mengikuti cara charging yang benar. Banyak diantara kita yang sering kali membiarkan baterai Android di isi daya berlebihan karena kelalaian atau tertidur. Dan kebiasaan buruk itu bisa mengakibatkan baterai kembung / jebol.

Baca juga:

Tips Jitu Memanjangkan Umur Baterai Smartphone

Tips Mengisi Baterai Smartphone Agar Cepat Terisi Penuh

Cara Jitu Agar Baterai Laptop Awet dan Tidak Bocor

Menjaga Baterai Android Agar tidak kembung
Menjaga Baterai Android Agar tidak kembung

Nah, karena itulah kita akan membagikan tips dan sebuah cara sederhana agar baterai Android tidak mudah kembung dan jebol. Ini cukup penting diketahui. So, perhatikan dengan seksama cara berikut ini:

Cara Menjaga Baterai Android Agar Tidak Kembung / Jebol

Baterai Android kembung / jebol tentu sangat tidak kamu inginkan. So, kamu harus benar – benar menjaga baterai Android itu agar tidak mengeluh dikemudian hari dengan cara dibawah ini:

Langkah Pertama

  • Lakukan root pada Android kamu
  • Lalu aktifkan Unknown Source agar Android dapat meng-install aplikasi dari luar Google Play Store. Caranya: masuk ke menu Setting >> Security >> Allow Unknown Source di ponsel Android.
  • Install aplikasi ES File Explorer atau aplikasi sejenis yang bisa untuk root file explorer.

Download: ES File Explorer

  • Lalu aktifkan fitur root explorer di aplikasi ES File Explorer (atau yang sejenis) dengan cara swipe layar ke kiri.
  • Setelah fitur root explorer diaktifkan, cari folder direktori/sys/class/power_supply/battery. Pilih charging_enabled di sub-folder battery, lalu buka dengan teks editor Android kamu.
  • Selanjutnya, kamu ubah isi file charging_enabled dari angka 1 menjadi angka 0. Simpan perubahan itu.
  • Oke, charging baterai Android kamu. Jika baterai tidak bisa diisi daya maka artinya Android kepunyaanmu kompatibel dan siap melakukan langkah selanjutnya.

Langkah Kedua

Sebelum melanjutkan ke langkah kedua, kamu harus lakukan restart untuk mengembalikan angka 0 menjadi angka 1 seperti semula.

Download: Battery Charge Limit

  • Buka aplikasi tersebut. Lalu aturlah batas pengisian daya baterai agar baterai Android tidak mudah kembung / jebol. Kamu sebaiknya mengatur batas maksimal pengisian daya sebesar 80%, hingga 95%.
  • Kemudian geser pilihan Off menjadi On untuk mengaktifkan fungsi aplikasi tersebut.
  • Selesai. Cek fungsi aplikasi ini di bagian notifikasi Android. Atau isi daya baterai hingga batas yag telah kamu tentukan tadi. Pastikan charging berhenti otomatis jika telah mencapai batas tersebut.

Itulah Cara Menjaga Baterai Android agar tidak kembung / jebol dengan aplikasi Battery Charge Limit. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.