Panduan Pemula untuk Windows Command Prompt

0

Ada beberapa alasan lain mengapa Anda harus mengetahui Panduan Belajar command prompt dalam hidup Anda (meski jarang), jadi ada baiknya mengetahui cara menavigasi jalan Anda!

Jika Anda telah lama belajar bagaimana menggunakan command prompt di Windows, saya akan melalui beberapa perintah dasar yang paling sering dilakukan. Jadi semua orang di halaman yang sama, Anda bisa sampai ke command prompt dengan masuk ke Start dan kemudian klik Run dan ketik CMD . Pada Windows 7, klik Start dan mulai mengetik cmd .

 

Lihat juga :
Apakah BIOS Perlu di Update? Begini cara Menentukannya
Fungsi Tombol F4 di Ms-office Yang Ajaib dan Misterius

Panduan Belajar command prompt, Cara melakukan perintah menggunakan command prompt

Panduan Belajar command prompt

Pada Windows 8, Anda bisa klik kanan pada tombol Start dan pilih Command Prompt.

cara menggunakan command prompt

Sekarang Anda akan melihat jendela hitam besar dengan kursor di ujung jalan ke profil pengguna Anda di C: \ Documents and Settings \ Username atau C: \ Users \ Username . Jadi apa yang harus dilakukan sekarang !? Nah, karena saya tidak bisa menjelaskan semuanya, Anda bisa menggunakan beberapa panduan bantuan yang disediakan di MS DOS sendiri dengan mengetik HELP dan menekan Enter.

 

Bila Anda melakukan itu, Anda akan mendapatkan daftar semua perintah yang dapat Anda gunakan di MS DOS dan deskripsi singkat tentang apa yang mereka lakukan:

belajar mengenal command prompt di pc.

Anda juga bisa mengetahui informasi lebih rinci tentang parameter dan cara menggunakan setiap perintah dengan mengetikkan nama perintah diikuti dengan a /? . Misalnya, mengetikkan CD / ?, akan hadir dengan tutorial singkat tentang cara menggunakan perintah CD:

 

 belajar mengenal command prompt di pc.

Seperti yang dapat Anda lihat dari atas, CD perintah MS DOS menampilkan nama atau mengubah direktori saat ini. Jadi jika Anda ingin mengubah dari direktori profil pengguna default ke direktori Windows System32 untuk menghapus file virus, Anda akan mengetikkan berikut ini untuk menavigasi ke direktori itu:

 

cd c: \ window \ system32 dan tekan Enter

direktori Anda saat ini di prompt sekarang akan berubah menjadi:

belajar command prompt

 

Sekarang setelah Anda berada di direktori itu, Anda mungkin ingin melihat semua file dan direktori terlebih dahulu, sehingga Anda dapat mengetikkan perintah DIR dan tekan Enter. Anda sekarang akan mendapatkan daftar raksasa semua file dan folder di direktori itu. Anda bisa mengetik DIR /? dan lihat parameter apa yang bisa Anda lewati.

bagaimana cara menggunakan command prompt

Seperti yang Anda lihat, Anda bisa mengetik DIR / P untuk memberi daftar dalam format paginasi yang dapat Anda telusuri secara perlahan. Atau Anda bisa mengetik DIR / W untuk mendapatkan daftar dalam format lebar daripada satu kolom tunggal. Hal yang keren tentang DOS adalah Anda bisa memasukkan beberapa parameter untuk setiap perintah, sehingga Anda bisa mengetik DIR / P / W dan mendapatkan tampilan halaman demi halaman beserta format lebar:

Jadi sekarang kita memiliki daftar file dan folder, mari kita lanjutkan dengan menghapus contoh virus kita. Jika Anda ingin menghapus file, Anda akan menggunakan perintah DEL . Sekali lagi mengetik di DEL /? akan memberi Anda beberapa info berguna tentang perintahnya.

mengetik di DEL

Untuk menghapus file, kita bisa mengetikkan nama file DEL dan itu akan menghapus file. Bila Anda menggunakan perintah dengan cara ini, Anda tidak akan meminta konfirmasi sebelum menghapus file, jadi pastikan Anda mengetikkan nama file yang benar. Juga, Anda harus memasukkan nama file dengan ekstensi, jadi akan DEL Test.txt untuk menghapus file itu. Juga, jika Anda perlu menghapus file yang memiliki spasi pada namanya, Anda harus menggunakan tanda kutip seperti DEL “Ini adalah test.txt”

.belajar command prompt pemula

Jika Anda perlu membuat atau menghapus folder, Anda akan menggunakan perintah MKDIR dan RMDIR . Perlu dicatat bahwa jika Anda mencoba untuk menghapus direktori yang tidak kosong, Anda akan mendapatkan pesan kesalahan.

cara melakukan perintah di command prompt

Namun, jika Anda yakin ingin menghapus direktori dan semua isinya, Anda bisa menggunakan perintah foldername RMDIR / S.

Ada banyak perintah lain yang dapat Anda gunakan untuk melakukan segala macam hal seperti file copy, file teks cetak, mengubah hak akses file, dll. Jadi, jika Anda dapat melakukan sebagian besar dari hal ini di Windows menggunakan antarmuka GUI, mengapa perlu DOS, bukan?

 

Pertama, Anda tidak pernah tahu kapan sesuatu yang buruk akan terjadi pada Windows dan Anda terjebak dalam command prompt karena tidak ada yang lain yang akan dimuat. Juga, perintah yang Anda ketik pada command prompt, seperti yang kami tunjukkan di atas, dapat disimpan ke dalam sebuah file dengan ekstensi .BAT dan dijalankan kapan saja dengan hanya mengklik file atau dapat dijadwalkan berjalan menggunakan applet Windows Scheduled Tasks Control Panel .
baca juga :
Cara Membuat Hotspot WiFi di Laptop Windows 10
Cara Membuka Password Pc Paling Mudah dan Ampuh

Jadi jika Anda ingin secara rutin melakukan beberapa tindakan sederhana di komputer Anda, seperti menyalin file dari satu folder ke folder lain, cukup ketikkan perintah ke Notepad dan simpan file dengan ekstensi .BAT dan bukan sebagai file teks. Pada dasarnya, Anda harus memilih Semua File untuk opsi Jenis File dan kemudian ketik namanya seperti “MyFile.bat” dengan tanda kutip disertakan.

 

Izinkan saya menyebutkan beberapa perintah lain yang sangat sering berguna.

 

IPCONFIG

Perintah IPCONFIG memberi Anda informasi tentang kartu jaringan Anda, alamat IP dan juga memungkinkan Anda memperbarui alamat IP Anda. Favorit saya adalah ipconfig / all, yang akan memberi Anda informasi rinci tentang masing-masing adapter jaringan di komputer Anda. Anda kemudian dapat menggunakan info ini untuk mengetahui alamat IP router Anda (gateway default) dan apakah Anda mendapatkan alamat IP dari server DHCP atau tidak.


DISKPART

Sekali lagi, ketika Anda berakhir dengan masalah hard drive, perintah ini bisa terbukti sangat berguna. DISKPART memungkinkan Anda mengelola hard disk yang terpasang pada komputer Anda. Anda dapat melakukan hal-hal seperti mengatur partisi menjadi partisi aktif, menetapkan huruf drive ke sebuah partisi, mengecilkan disk, disk offline atau online, dll.

SFC

System File Checker sangat berguna karena memindai semua file sistem yang dilindungi dan mengganti versi yang salah dengan versi file yang benar. Akan ada banyak waktu ketika file sistem tertentu di Windows telah rusak dan pemeriksa file sistem akan memperbaikinya untuk Anda dengan mudah. Anda tinggal menjalankan ‘sfc / scannow dan akan melakukan scan dan memperbaiki masalah apapun. Butuh sedikit waktu, tapi layak jika Anda mengalami masalah korupsi.

 

Beberapa perintah lain yang sangat berguna yang mungkin harus Anda gunakan adalah di bawah ini:

chkdsk – Memeriksa hard disk atau floppy disk untuk integritas file sistem.

copy – Menyalin file dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Tujuan default ke direktori saat ini. Jika ada beberapa file sumber, tujuannya harus berupa direktori atau jika tidak Anda akan mendapatkan error.

fc – Membandingkan dua file atau kumpulan file dan menampilkan perbedaan di antara keduanya

fdisk – Memanipulasi tabel partisi hard disk. Saat dijalankan dari command line, maka akan muncul menu berbagai operasi partisi.

format – Hapus semua file pada disk dan memformat ulang untuk MS-DOS. Gunakan sebagian besar untuk memformat disket atau removable disk lainnya.

scandisk – Utilitas diagnostik disk yang merupakan pengganti utilitas CHKDSK.

netstat – Menunjukkan semua koneksi Anda saat ini dari komputer lokal Anda ke sesuatu yang eksternal.

Itu semoga mudah-mudahan membuat Anda bangun dan berlari tentang cara menggunakan dan menavigasi prompt perintah MS DOS!

Leave A Reply

Your email address will not be published.