Meski Terdengar Sepele, Pengguna Android Wajib Tahu Hal Ini

0

Pengguna Android Wajib Tahu Hal Ini – Android, siapa yang tidak kenal dengan ponsel pintar ini? Dalam waktu sekejap, Android telah menyihir banyak pengguna gadget diseluruh dunia. Berbagai macam model Android telah diciptakan oleh bebepapa pabrikan diseluruh dunia. dan sekarang andapun juga sudah memegangnya bukan..

Siapa yang tidak ingin ponsel nya awet dan tahan lama? tentu saja siapapun menginginkannya. Ada banyak hal tentunya yang bisa dilakukan karena mempunyai Hp android harus mengetahui bagaimana cara merawatnya atau mengetahui hal-hal penting untuk dilakukan agar performance ponsel selalu normal. dan pengguna mungkin sering melewatkan hal-hal sepele yang sebenarnya itu penting untuk dilakukan.

hal penting diketahui oleh pengguna android

Lihat juga :

Si robot hijau bahkan telah menenggelamkan posel yang berbasis symbian. Telah banyak pengguna symbian beralih kepada smartphone Android. Mereka tertarik dengan berbagai fitur dan layanan yang dijanjikan oleh si robot hijau.

Jika Anda merupakan salah satu dari para pengguna Android, maka perlu Anda tahu bahwa untuk memaksimalkan operasional Android dalam keseharian Anda ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan, agar performance Android menjadi optimal.

Berikut hal yang harus diketahui oleh para pengguna Android: hal adalah adalah pengetahuan dasar yang mungkin terdengar sepele namun hal ini penting untuk anda ketahui.

 

Hal yang perlu Pengguna Android ketahui

 

1. Android adalah PC mini

Ya, Smartphone adalah PC miniatur yang mudah kamu bawa kemanapun kamu mau dan lebih kecil dari PC. Sistem kerja Android sama persis dengan kerja PC, semisal soal menejemen memori. So, Android adalah PC Mini, perlakukanlah sebagaimana kamu memerlakukan PC.

Android semakin lemot apabila RAM atau memori internal telah penuh, sama sebagaimana PC juga demikian. Jadi, tingkatkan kerja Android sebagaimana PC yaitu dengan menonaktifkan progam yang sedang aktif tapi tidak tidak dipakai lewat task manager ada di ponsel Android kamu.

Jangan lupa, bersihkan Android kamu dengan cara unistall dan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan atau jarang digunakan, dan file lama yang berupa foto atau video, setelah kamu backup dahulu.

2. Atur modifikasi

Diantara kelebihan utama dari Android daripada ponsel yang lain adalah kebebasan modifikasi yang dijanjikan. Maka manfaatkanlah hal itu. Kamu dapat menaruh berbagai widget di homescreen atau di lockscreen.

Kamu juga dapat langsung melihat E-mail atau timeline Twitter, misalnya, tanpa harus buka aplikasi, begitupun informasi lain, cuaca di daerah sekitar sampai pergerakan nilai saham.

So, aturlah smartphone Android Anda sedemikian rupa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu, untuk lebih memudahkan pemakaian Android sesuai dengan kebiasaan kamu.

3. Tulis alamat/kontak di lockscreen

Memang, telah banyak terjadi pencurian pada gadget belakangan ini. So, untuk waspada dan berjaga-jaga, kamu bisa menulis alamat atau kontak dan menaruhnya di lockscreen. Hal ini berguna jika kemungkinan ponsel Android kamu hilang atau tertinggal, lalu ditemukan oleh seseorang yang baik dan berniat mengembalikannya.

Caranya sangat mudah yaitu masuk ke menu Settings > Security > Screen security> Owner info, lalu ada boks kecil sebagai tempat kamu menulis informasi alamat atau kontak untuk ditampilkan di lockscreen.

Jika kamu ingin melacak posisi ponsel Android kamu dimana? Kamu dapat melakukannya lewat “Googling”, ketik kata kunci “Find my phone” dan Google Search akan menampilkan posisi smartphone kamu lewat tampilan Google Maps.

Bahkan, bila perlu, Anda dapat membunyikan ringtone smartphone kamu atau melakukan remote wipe melalui fasilitas “Find my phone” tadi. Hal ini berguna dalam mencegah jangan sampai data penting yang ada di smartphone kamu diketaui oleh orang yang tak bertanggung jawab.

4. Lakukan enkripsi pelindung data

Tips ini hanya dilakukan jika memang sangat diperlukan karena Anda takut kehilangan data penting yang ada di Android Anda jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab.

Caranya: buka menu Settings > Security > Encryption, lalu klik “Encrypt phone”. Kemudian Anda diminta membuat PIN.

Ingat! Kode PIN ini akan selalu diminta setiap Anda menyalakan smartphone.

Proses enkripsi umumnya membutuhkan waktu lama, sekitar 1 jam, dan Cuma dapat dikembalikan melalui factory reset. Dan informasi yang terenkripsi juga lamban diakses. Sebab itulah lakukan enkripsi jika memang amat sangat diperlukan oleh Anda.

5. Cobalah launcher alternatif

Kebebasan untuk memodifikasi yang ditawarkan oleh Android adalah Anda dapat mengganti-ganti launcher, atau antarmuka utama yang menjadi isi tampilan homescreen.

Cobalah launcher yang populer semisal Nova Launcer dan banyak lagi yang lain yang telah disediakan oleh Google Play Store. Anda bisa mencoba dan carilah launcer yang cocok.

Bahkan lebih jauh, Anda juga bisa mencoba custom ROM atau OS Android hasil modifikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengganti OS Android asli ponsel.

6. Opsi developer

Ini merupakan opsi yang menarik di ponsel Android. Sebuah fitur “rahasia” yaitu developer options, Anda dapat menggunakan sejumlah opsi pengaturan tingkat selanjutnya, semisal jeda waktu animasi dan USB debugging.

Cara mengaktifkan developer options yaitu buka menu “about phone” di layar settings. Lalu, ketuk “build number” (berisi nomer versi sistem operasi) sebanyak 7 kali.

Sebuah pemberitahuan: “You’re now a developer!” akan muncul, dan Anda bisa mengakses developer options dari dalam menu settings.

7. Widget di Lockscreen

Widget yang berisi tampilan bermacam informasi berguna tidak hanya dapat diletakkan di homescreen atau layar utama Android, tapi juga bisa di taruh di lockscreen disaat keadaan layar terkunci. So, cobalah taruh widget pilihan kamu di lockscreen.

Cara mengaktifkannya yaitu bukalah menu Settings > Security lalu pilih “Enable widgets”. Kemudian menuju ke lockscreen dan sapukan jari Anda ke kiri.

Tanda “+” berukuran besar akan muncul yang bisa kamu gunakan untuk menambah bermacam widget di layar lockscreen, mulai dari e-mail, Google Now, informasi cuaca sampai notifikasi pesan, dan lain sebagainya.

Semoga sedikit tips android di atas bisa memberikan manfaat untuk anda..

Leave A Reply

Your email address will not be published.