Penyebab Layar Biru / Blue Screen di Laptop Windows

0

Penyebab Layar Biru / Blue Screen di Laptop Windows

Blue screen (layar biru) adalah kondisi kerusakan system yang berhenti dan hanya menampilkan layar berwarna biru. BSoD atau blue screen of death bisa terjadi di PC atau laptop yang berbasis windows.

Ada banyak sebab layar laptop di laptop berbasis Windows menjadi berwarna biru. Dengan mengetahui faktor penyebab itu, nantinya kamu bisa menemukan solusi untuk menanganinya.

Baca juga:

Cara Screenshot di Laptop Windows Tanpa Software Tambahan

Membuat Shutdown Otomatis di Laptop Berbasis Windows

Cara Menampilkan File Hidden di Laptop Windows Secara Permanen

Penyebab Layar Biru - Blue Screen
Penyebab Layar Biru – Blue Screen

Oleh sebab itu, nutuler kembali hadir dengan mengungkapkan penyebab layar biru / blue screen di laptop windows untuk mencari solusi yang tepat guna menyelesaikannya.

Penyebab Layar Biru / Blue Screen di Laptop WIndows

Langsung cekidot, inilah daftar penyebab layar biru yang perlu kalian ketahui:

  • Kerusakan Driver

Driver yang tidak cocok dengan system hadrware atau progam windows merupakan salah satu penyebab utama layar biru (BSoD).

Pesan error layar laptop karena kerusakan driver akan menggunakan kode 0X0000000A. Pesan driver_failure juga bisa kalian temukan di layar. Itu artinya driver yang kalian install ada masalah.

  • Kerusakan RAM

Kerusakan RAM (Random Acces Memory) merupakan penyebab layar biru / blue screen di laptop yang selanjutnya. Memori internal laptop yang rusak ini bisa dilihat sebagai faktor utama blue screen dengan memperhatikan pesan error yang terdapat di layar biru laptop.

Pesan data_bus_error atau corrupt pada pen_list menjadi petunjuk kerusakan RAM yang menjadikan layar berwarna biru.

  • Panas Laptop

Pemakaian laptop yang terus menerus dalam jangka waktu lama bisa mengakibatkan komponen laptop menjadi panas. Dan hal itu bisa menjadi penyebab layar biru / blue screen di laptop.

Pesan kode error 0X0000007F bisa memberitahukan bahwa penyebab blue screen adalah komponen laptop yang terlalu panas.

Nah, itulah 3 penyebab layar biru / blue screen di laptop berbasis windows yang wajib kita ketahui sebagai langkah berhati- hati dalam pemakain laptop agar tidak terjadi error. SEKIAN.

Leave A Reply

Your email address will not be published.