Sebab Dan Cara Atasi Komputer Atau Laptop Yang Lelet

0

Kamu tentu pernah mengalami PC / laptop terasa lambat. Komputer seolah tidak berjalan seperti biasanya. untuk itu kamu bisa membaca tips bermanfaat tentang sebab dan cara mengatasi laptop lelet ini. Karena penting kiranya mengetahui sebab-sebabnya.

Baca juga :
Cara Memperbaiki Memori Card Rusak Atau Tidak Terbaca
Cara Reset Browser Google Chrome (Kembali Ke Pengaturan Pabrik)
Laptop itu bisa dibilang komputer yang bisa dibawa kemana-mana. Pemakaian laptop juga sama sebagaimana komputer.

Pemakaian komputer dalam waktu lama dapat menjadikan performanya menurun dan lambat. Bahkan di awal menyalakan terasa berat dan lelet, atau lola, loading lama. Begitupun dengan laptop, sama persis dengan komputer.

sebab dan cara mengatasi laptop lelet

Penyebabnya pun bermacam-macam, namun perusahaan software anti virus Avast telah menginformasikan bahwa perfoma lelet itu umumnya tidak disebabkan oleh faktor hardware, melainkan karena masalah sistem dan software.

Baca juga :  Cara Lindungi Komputer Atau Laptop Dari Virus via Flashdisk

Sebab dan cara mengatasi laptop lelet alias lemot

sebab dan cara mengatasi laptop lelet membutuhkan informasi yang akurat karena hal itu akan menjamin keberhasilan anda. Setidaknya Ada 4 faktor penyebab turunnya perfoma komputer dan laptop, yaitu program, driver usang, data harddisk yang tak karuan, dan overheating alias terlalu panas.

Faktor utama Laptop menjadi Lemot Dan Lambat

1. Program

Progam bisa dianalogikan sebagai penumpang yang naik kendaraan yang bernama komputer. Semakin banyak progam maka beban komputer semakin bertambah. Sebagaimana sebuah mobil yang kebanyakan penumpang maka akan lambat karena beban yang berat. Jadi, program-program seperti Office, Adobe Reader, dan yang lain itu dianalogikan seperti penumpang mobil tersebut.

2. Driver

Faktor kedua adalah driver. Driver adalah sebuah file yang berfungsi mengkonfigurasikan komponen hardware pada komputer atau laptop, seperti kartu grafis. Sehingga bila driver tersebut sudah terlalu lama dan usang atau bahkan tidak terinstal, maka kamu bisa kehilangan separuh kecepatan normal.

3. Data harddisk

Data pada harddisk yang tak karuan dan berantakan atau yang lebih populer dengan istilah cluttered disk merupakan faktor ketiga yang menjadi sebab menurunnya perfoma komputer atau laptop. Harddisk kamu mungkin penuh atau data didalamnya tidak rapi dan tidak berada di ruangan yang berdekatan. Hal ini sering disebut dengan fragmentasi.

4. Overheating

Dan yang terakhir menjadi faktor penyebab menurunnya performa komputer dan laptop adalah overheating atau kepanasan. Umumnya hal ini disebabkan karena komputer atau laptop terkena banyak debu atau berada di area yang menjadikannya panas, di atas kasur misalnya, sehingga tidak cukup udara, maka potensi overheating, bahkan kerusakan mungkin saja terjadi.

Bagaimana Cara Atasi Performa Komputer Atau Laptop Yang Lelet

Setelah kamu memahami 4 faktor penyebab performa menurunnya komputer atau laptop di atas, maka kamu harus juga tahu cara mengatasinya.

Ada 4 cara untuk mengatasi perfoma lelet komputer dan laptop

  • Pilih program.

Kamu harus pintar dan jeli memperhatikan program yang menjadi sebab perfoma melambat dan lelet, selanjutnya menghapusnya dari komputer dan laptop.

Caranya yaitu cari dan klik Task Manager, lalu pilih Startup, maka akan muncul beberapa daftar aplikasi program yang berjalan dengan otomatis saat komputer atau laptop kamu dihidupkan.

So, kamu harus memilih program yang memang kamu butuhkan untuk selalu aktif dan berjalan otomatis. Dan jika perlu kamu bisa menghapus atau uninstall progam yang tidak terpakai dan tidak kamu butuhkan, atau cukup kamu disabled saja.

  • Perbarui driver.

Perbarui driver yang sudah lama dan usang merupakan cara agar perfoma komputer atau laptop kembali normal. Sedangkan driver yang banyak berdampak pada perfoma adalah kartu grafis dan chipset.

Kartu grafis merupakan komponen hardware yang memunculkan tampilan yang terlihat di layar. Dan chipset berperan sebagai komunikasi antara memory, harddisk dan prosesor.

Biasanya, driver chipset sudah ada di website produsen atau kamu dapatkan langsung saat membeli. Dan sebelum kamu mengunduh driver, pastikan untuk memeriksa hardware apa yang dimiliki melalui Device Manager.

Caranya, cari dan klik Device Manager. lalu buka kartu grafis lewat menu Display adapters.

  • Defrag

Cara ketiga adalah dengan melakukan defrag dan membersihkan komputer atau laptop. Hal ini diperlukan karena proses install, uninstall, copy, dan paste data menjadikan sususan data berantakan. Fragmentasi data ini menyebabkan komputer atau laptop semakin lama mencari dan membaca cluster, dan proses membuka file atau folder juga terasa lebih lama alias lelet.

So, sapu dan tata rapi semuanya dengan cara defrag. Caranya yaitu cari dan klik defrag untuk menjalankan program, dan tunggu selesai sambil ngopi-ngopi dulu, karena umumnya waktunya cukup lama.

Atau kamu bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketika, contohnya Avast Cleanup. “Avast Cleanup akan mencari semua area termasuk yang tersembunyi pada harddisk untuk file log tersembunyi, temporary file, atau file sisa lain dari program dan Windows yang tidak pernah Anda butuhkan kembali,” ujar Sandro Villinge, Global Product Marketing and Strategy Manager Avast.

  • Bersih- bersih

Langkah terakhir yang wajib kamu lakukan adalah bersih-bersih komputer atau laptop. Bongkar dan bersihkan debu yang menumpuk di dalamnya, agar sirkulasi udara dapat masuk dan berjalan lancar, sehingga komputer dan laptop tidak panas.

Demikianlah sebab dan cara mengatasi laptop lelet. Semoga bermanfaat. Dan silahkan mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.