13 Shortcut Microsoft Word Penting Dan berguna Untuk Anda Ketahui

0

Kita tahu bahwa shortcut tak hanya untuk Aplikasi microsoft word saja namun hampir semua software sudah di lengkapi dengan shortcut yang berfungsi untuk memberi perintah tanpa harus melalui / mengakses lokasi perintah dalam aplikasi tersebut. Shorcut microsoft word ini selain bisa menghemat waktu anda juga akan membuat pekerjaan menjadi lebih efisien.

Kebanyakan kita menggunakan shortcut ‘Ctrl+C’ dan ‘Ctrl+V’ untuk copy dan paste dalam aplikasi microsoft Word. Namun, tahukah Anda, ada beberapa shortcut ekstra yang akan memberi pengalaman berbeda dalam editing dan finishing lembar kerja Microsoft Word.

Selain itu shorcut microsoft word ini akan akan mampu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan efisien. Dan tentunya memberikan kepuasan kepada anda dari biasanya.

shorcut microsoft word

Baca juga :
Cara Memperlihatkan Text Boundaries Di Word Office 2007
Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer / Laptop
Ternyata inilah Fitur Watch Facebook Saingannya Youtube

Shorcut Microsoft Word Penting Untuk anda ketahui

Berikut adalah beberapa shortcut microsoft word penting yang mungkin belum anda ketahui.

1. Shift + F5 (kembali ke bagian terakhir yang diedit)
shorcut microsoft word

ini sepertinya penting untuk anda ketahui ketika anda melakukan pengetikan di microsoft word. Bayangkan, andai ditengah-tengah kerja, anda menerima telepon dari Sang Boss. Yang menuntut anda untuk menghadap segera, dan ketika kembali kerja anda bingung untuk kembali pada pekerjaan terakhir yang dilakukan. Maka shortcut inilah solusinya. Karena, cukup tekan ‘Shift+F5’, maka otomatis cursor akan berkedip ditempat terakhir yang kita edit. Begitu pula ketika kita melakukan copy paste dari dua halaman yang berjauhan. Misalnya membuat daftar isi Shortcut ini akan sangat berguna.

 

2. Shift + F3 (mengubah case dari teks yang dipilih)

Shortcut ini sangat berguna ketika kita ingin mengubah kapitalisasi kata atau kalimat. Cukup blok (highlight) teks yang ingin kita rubah. Tekan ‘Shift + F3’ maka karakter huruf atau kalimat akan berubah sesuai keinginan kita. Tinggal pilih, semua menjadi huruf kapital atau menjadi huruf kecil atau huruf kapital didepan.

 

3. Ctrl + Enter (otomatis menambah halaman baru)

Bagi pemula, untuk berpindah halaman, maka biasanya dia akan menekan tombol enter terus-menerus sampai berpindah ke halaman berikutnya. Namun, bagi anda cukup tekan ‘Ctrl + Enter’ , maka kursor akan langsung berpindah ke halamann baru. Mudah bukan ???.

4. Ctrl + Shift + N (Applies the Normal style)

Perintah ini akan menghapus format dan style teks yang dipilih. Shortcut ini berguna ketika anda mengcopy konten tulisan dari internet yang mempunyai format berbeda dari format dokumen yang anda kerjakan. Tinggal blok teks yang ingin kita dan tekan ‘Ctrl + Shift + N

5. Ctrl + Shift + C (mengcopy format teks yang dipilih)
Shortcut ini sangat membantu apabila anda ingin mengcopy hanya format teksnya saja, tidak berikut teksnya. Gunakan perintah ‘Ctrl + Shift + V’ pada teks yang anda inginkan untuk menyamakan format teks tersebut dengan format teks yang anda copy .

 

6. F4 (mengulang perintah yang paling sering digunakan)

Microsoft Word akan mengingat aksi terakhir yang anda jalankan, shortcut ini akan mengulang perintah terakhir yang anda lakukan. Hall ini akan sangat berguna apabila anda perlu mengulang perintah yang sama berkali-kali.

 

7. Ctrl + F6 (beralih ke dokumen lain yang aktif)

Ketika anda membuka beberapa dokumen secara bersamaan, shortcut ini akan sangat memudahkan anda untuk berpindah kedokumen lain. Tidak perlu repot-reptot menggerakkan pointer.

 

8. Alt + Shift + Panah Kiri/Kanan (menciptakan heading)

Tekan ‘Alt+Shift’ dan  (Panah Kiri/kanan).
Panah kiri untuk membuat heading utama, panah kanan untuk membuat subheading. Alternatif lain gunakan ‘Ctrl+Alt+1’ untuk membuat heading ke-1 dan ‘Ctrl+Alt+2’ untulk membuat heading ke-2.

 

9. Klik dua kali atau tiga kali (memilih kata atau paragraf)

Double klik kata untuk memilih kata tersebut, dan klik tiga kali pada suatu paragraf untuk memilih paragraf tersebut. Dan ‘Ctrl+klik’ untuk memilih suatu kalimat.

 

10. Alt + drag mouse secara vertical (memilih teks secara vertikal)

Sangat bermanfaat apabila anda ingin memilih teks secara vertikal

11. Ctrl + 0 (memasukkan atau menghapus 12 points spasi diatas paragraf paragraph)

Jika anda ingin mengimprovisasi cara baca dengan menambah spasi di atas paragraf tertentu, shortcut ini memudahkan anda.

12. Shift + Panah Kiri/Kanan (memilih teks per huruf)

Ketika anda memblok teks menggunakan mouse dan ada sedikit huruf yang terlewatkan, maka shortcut ini dapat membantu anda tanpa perlu mengulang lagi.

13. Ctrl + drag (mengcopy teks atau obyek yang terpilih)

Shortcut ini membantu anda untuk mengcopy gambar misalnya dan meletakkannya dimanapun area yang diinginkan dengan mudah.

Masih banyak lagi shorcut microsoft word lain yang sangat berguna untuk efisiensi kerja dan bisa anda explore sendiri

Leave A Reply

Your email address will not be published.