Solusi Memori Android yang Penuh (Tanpa Menambah MicroSD)

0

Memori Android sekarang memang sudah cukup besar. Namun, tetap saja memori itu tidaklah cukup untuk menyimpan semua data yang kalian miliki, baik itu foto, audio, video, dan dokumen.

Notifikasi akan muncul jika kapasitas memori Android sudah penuh. Kalian bisa saja di buat jengkel jika notifikasi itu muncul di saat merekam suara atau video, download atau yang lain.

Lihat juga:

Wow, Ini Dia Fitur Baru Instagram

Solusi Memori Android yang Penuh (Tanpa Menambah MicroSD)

Umumnya sih kalian akan menambahkan MicroSD External agar kapasitas memori Android semakin besar dan luas. Masalahnya, jika microSD itu pun penuh bijimana?

Nah, untuk menambah ruang memori Android agar lebih luas tanpa menambah microSD maka perhatikan saja solusi berikut ini:

Solusi Memori Android yang Penuh (Tanpa Menambah MicroSD)

Selain menghapus aplikasi yang tidak digunakan, atau foto dan video yang tidak lagi diinginkan, masih ada trik lain yang harus kalian lakukan tanpa harus menambah microSD:

  • Hapus cache dan database di aplikasi

Solusi ini tepat bagi kalian yang ingin menambah ruang memori Android tanpa harus menghapus aplikasi dari ponsel.

Caranya, masuk ke menu Setting > Storage > Apps. Temukan menu “Clear Data and Clear Cache”. Kalian bisa melihat seberapa banyak cache dan database aplikasi. Hapus cache dan database itu. Aplikasi itu akan kembali seperti awal terpasang di Android. Contoh: aplikasi Facebook, kalian akan log out secara otomatis setelah penghapusan cache dan database aplikasi Facebook.

  • Sinkronkan foto dan video ke cloud

Solusi kedua ini cocok bagi kalian yang maniak selfie dan merekam video sana sini. Kedua hobi ini sangat menguras memori Android. So, dengan sinkronisasi ke cloud, maka memori Android juga akan bertambah ruang.

Cara ini bisa kalian lakukan jika tidak ingin menghapus foto dan video yang ada. Foto selfie kalian bisa di sinkronisasi ke layanan cloud, seperti Google Photos misalnya.

Caranya, masuk menu “Setting”, dan pilih “Backup & Sync”. Setelah itu, klik opsi “Free Up Space” untuk menghapus foto dan video yang ada di galeri. Foto dan video tersebut sudah tersalin ke Google Photos.

Perlu kalian ingat, bahwa sebaiknya kalian gunakan koneksi WiFi ketika mengunggah foto ke Google Photos karena fitur ini cukup menguras data internet.

  • Hapus data di browser

Untuk menambah memori Android bisa kalian lakukan juga dengan menghapus data di browser mobile. Rekan jejak berselancar di dunia maya yang tersimpan di browser cukup meraup memori Android.

Cara menghapus data di Chrome, silahkan pilih Setting > Privasy, lalu Clear Browsing Data. Setelah itu, centang semua data yang akan kalian bersihkan. Ada pilihan history, cookies dan data situs, cache foto dan file, juga password.

  • Hapus film dan playlist musik offline

Solusi menambah memori Android terakhir ini berlaku untuk kalian yang sering menjajal aplikasi video atau pun musik o­ndemand, misalnya Netflix atau Spotify.

Netflix sudah memiliki opsi menonton video secara offline dengan syarat download video sewaktu terhubung internet cepat seperti WiFi.

Video film yang terunduh jelas sangat memakan memori Android. Coba banyangkan setiap film saja umumnya berukuran sekitar 2 GB. Jika kalian suka koleksi film tentu semakin besar ruang yang dibutuhkan. So, seyogyanya, kalian hapus saja film yang sudah kalian tonton.

Itulah beberapa Solusi Memori Android yang Penuh (Tanpa Menambah MicroSD) yang wajib kalian lakukan, agar memori smartphone tetap luas dan ponsel tidak berat dioperasikan. Sekian. Selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.