Teknologi Komputer di Masa Depan, Secanggih Apa..!!??

0

Seperti apa komputer masa depan? Apakah anda pernah membayangkan, Secanggih apakah teknologi komputer di masa depan. Akankah kita masih menggunakan keyboard dan mouse atau akankah kita benar-benar tinggal di dalam dunia digital ? Inilah yang kita pikirkan untuk masa depan komputasi. Namun bagikan prediksi Anda di komentar!.

Lihat juga :
Penasaran Dengan Kehidupan Pekerja Google Street View? Lihat ini !
Inilah Fitur Canggih Samsung Yang Tidak ada di Merek Lainnya
Penggemar Apple pun Belum tentu Tahu 7 Fakta Tentang Apple ini

Moore Law memprediksi bahwa jumlah elemen diskrit pada sirkuit terpadu silikon tiap inci persegi akan berlipat ganda setiap dua tahun. Meskipun tak berhubungan langsung, Anda bisa menafsirkannya bahwa komputer akan berlipat ganda dalam daya pemrosesan setiap dua tahun. Jika Moore Law benar, Itu berarti di tahun-tahun antara 2010 dan 2050, kekuatan pemrosesan komputer akan berlipat ganda 20 kali.

teknologi komputer di masa depan
source : pinterest.com

Pinterest

Secanggih Apakah Teknologi Komputer di Masa Depan, Pernahkan Anda membayangkannya.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang teknologi komputer disama depan kita akan mencoba mengulas sejarah tentang teknologi komputer terlebih dahulu. Pada tahun 2010, IBM memperkenalkan zEnterprise 196 (z196), yaitu prosesor yang mampu berjalan pada 5,2 gigahertz (GHz) – prosesor tercepat yang tersedia secara komersial pada saat itu. Itu berarti prosesor z196 berlari pada 5,2 miliar siklus per detik.

Setiap instruksi yang dijalankan prosesor memerlukan sejumlah ketukan. Semakin banyak ketukan prosesor berdetak dalam 1 waktu, semakin banyak instruksi yang bisa diselesaikan prosesor dalam jumlah waktu tertentu.

Itulah yang kami maksud ketika kita mengatakan prosesor 5.2 GHz lebih cepat daripada prosesor 3.2 GHz – microchip 5.2-GHz mampu mengeksekusi lebih banyak instruksi daripada chip 3.2 GHz dalam jumlah waktu yang sama. Jika 5,2 GHz adalah kecepatan tertinggi di tahun 2010, apa yang akan terjadi pada tahun 2050 ? Dengan asumsi para insinyur dapat menemukan cara untuk mengikuti Moore Law dan kecepatan prosesor yang sebenarnya berlipat ganda setiap 24 bulan, pada tahun 2050 kita memiliki sebuah chip yang mampu berlari pada 5.452.595 gigahertz, atau hampir 5,5 petahertz.

Sulit membayangkan aplikasi seperti apa yang bisa kita gunakan untuk menangani mesin semacam itu. Masalah komputasi yang rumit, seperti membangun simulasi virtual otak manusia, bisa menjadi tugas yang relatif sederhana.

Beberapa futuris percaya, kita bahkan bisa menciptakan mesin dengan kecerdasan yang jauh lebih besar dari kita sendiri. Mungkin mesin-mesin itu bisa menemukan cara untuk meningkatkan kecepatan pemrosesan lebih cepat dari yang manusia bisa. Tidak lama lagi, Anda bisa memiliki perangkat yang memperbaiki diri dengan menekan batas fisik seberapa cepat mesin dapat memproses informasi.

Sementara mimpi masa depan ini populer di kalangan ilmuwan komputer dan futuris tertentu, orang lain lebih skeptis. Mungkin pikiran manusia jauh lebih kompleks daripada yang kita pahami. Pemikiran mungkin melibatkan lebih dari sekadar pesan elektrokimia yang terjalin di antara neuron. Mungkin ada unsur hormonal yang secara halus membentuk bagaimana kita berpikir.

Jika itu yang terjadi, mungkin komputasi murni tidak akan cukup untuk menciptakan mesin yang mampu memikirkan apa yang kita pikirkan.

Menyisihkan debat intelijensi buatan untuk sesaat, seperti apa teknologi komputer di masa depan atau komputer futuristik? Mereka mungkin benar-benar tidak terlihat. Pervasive computing adalah jenis teknologi yang menggabungkan komputer menjadi apa saja yang bisa Anda bayangkan. Bangunan, jalan raya, kendaraan dan bahkan pakaian yang Anda pakai mungkin memiliki elemen komputer built-in.

Ditambah dengan teknologi jaringan, dunia tahun 2050 mungkin satu di mana lingkungan sekitar Anda adalah bagian dari sistem komputasi masif. Dalam dunia seperti itu, kehidupan digital dan kehidupan nyata Anda bisa saling tumpang tindih. Kami melihat petunjuk tentang dunia ini dalam teknologi saat ini. Ada ratusan aplikasi smartphone yang menambahkan lapisan digital di atas persepsi kita tentang dunia nyata.

Mereka mungkin membantu Anda menavigasi di sekitar kota yang aneh atau menemukan restoran favorit baru yang tersimpan di sebuah sudut di suatu tempat. Aplikasi ini masih mengharuskan kita untuk mengaktifkan program pada perangkat mobile dan menggunakan perangkat tersebut sebagai lensa yang bisa kita lihat di dunia digital.

Ke depan, kita mungkin bisa melakukan hal yang sama dengan menggunakan kacamata, lensa kontak atau bahkan implan mata. Bayangkan bisa melihat dunia melalui satu dari sejuta filter berbeda, yang semuanya memberikan berbagai jenis informasi kepada Anda seketika.

Lagi, mungkin saja kecerdikan kita tidak akan cukup untuk mengikuti Moore Law setelah beberapa generasi mikroprosesor lagi. Mungkin komputer kita akan lebih biasa dan fungsional. Tapi mengingat cara mereka mengubah dunia kita selama 50 tahun terakhir, saya berani bertaruh tahun 2050 akan menjadi era digital yang eksotis. Apa yang kamu pikirkan tentang teknologi komputer di masa depan? Kami ingin mendengar prediksi Anda tentang masa depan komputasi. Bagikan gagasan Anda di bagian komentar kami!

Leave A Reply

Your email address will not be published.