Tiga Aplikasi Ini Dapat Atasi Kecanduan Smartphone

0

Tiga Aplikasi Ini Dapat Atasi Kecanduan Smartphone  – Kebiasaan memegang smartphone memang bikin pemiliknya lupa waktu, apalagi lagi asyik-asyiknya main game atau lagi berselancang di dunia maya. Sehingga sering kali kamu merasa gelisah dan seakan ada yang kurang jika tidak memegang smartphone sebentar saja. Tangan pun menjadi seakan gatal ingin segera menggunakannya.

Smartphone merupakan sebuah alat yang sudah menjadi makanan pokok sehari-hari, karena memang smartphone bisa membantu untuk meningkatkan produktivitas hidup. Namun, semua hal yang terlalu berlebihan pastinya tidaklah baik. Begitupun berlebihan dalam pemakaian smartphone juga tidak baik.

Tiga Aplikasi Ini Dapat Atasi Kecanduan Smartphone

Lihat juga :

Bayangkan jika satu keluarga sedang berkumpul dan semua pada melototin ponsel, apa yang terjadi? Keluarga mati. Sebab keasyikan, mereka tidak menghiraukan orang sekitarnya. Cuek is the best. Tidak ada interaktif diantara mereka. Mungkin kamu juga demikian bukan? Artinya kamu sudah kecanduan smartphone.

Oleh karena itulah, kali ini kami akan informasikan bahwa ada 3 aplikasi Android yang dapat membantu mengurangi kecanduan dan ketergantungan pada smartphone. Sebagaimana informasi yang dilansir oleh Gadgets Now berikut ini:

Nama Aplikasi Ini Dapat Atasi Kecanduan Smartphone

  1. Checky

Aplikasi Android pertama yang dapat membantu mengatasi ketergantungan dan kecanduan smartphone yaitu checky. Checky adalah aplikasi yang berfungsi untuk memberi informasi data dengan akurat berapa kali pengguna smartphone telah membuka ponselnya dalam sehari. So, dengan aplikasi checky ini, kamu bisa memantau pemakaian-mu pada smartphone sehingga kamu bisa menguranginya agar kamu tidak berlebihan dalam menggunakan smartphone.

  1. RescueTime

Aplikasi Android kedua yang dapat membantu mengatasi ketergantungan dan kecanduan smartphone yaitu RescueTime. Sebuah aplikasi yang serupa dengan Checky. Namun sedikit berbeda, bahwa aplikasi RescueTime ini lebih rinci dan memberi informasi tentang apa saja yang telah kamu lakukan selama kamu memakai smartphone. Mulai dari informasi aplikasi apa yang sering kamu buka, waktu telpon, hingga pemakaian internet.

Bahkan, kamu bisa pasang peringatan batas waktu pemakaian ponsel. So, jika kamu melanggar dan melewati batas pemakaian, maka kamu sadar dan segera berhenti memakai smartphone.

  1. Cold Turkey

Aplikasi Android ketiga yang dapat membantu mengatasi ketergantungan dan kecanduan smartphone adalah cold turkey. Aplikasi cold turkey ini sangat cocok buat pengguna smartphone yang berniat berhenti dan terlepas dari kecanduan smartphone. Pasalnya, aplikasi cold turkey ini bisa kamu gunakan untuk “membekukan” smartphone. So, jika smartphone kamu bekukan, maka kamu tidak dapat memakainya selama masih beku.

Cara kerja cold turkey ini hampir serupa dengan fitur “Do Not Disturb”. Kamu cukup mengatur waktu beku smartphone. Waktu maksimal 1 (satu) jam. Setelah waktu beku smartphone diatur, maka smartphone tidak dapat digunakan, sampai waktu yang telah ditentukan. Atau kamu bisa mematikan aplikasi. Beres.

Demikianlah informasi tentang 3 aplikasi yang dapat kamu manfaatkan untuk atasi kecanduan smartphone. Ketiga aplikasi tersebut bisa kamu dapat di Google Play Store. Semoga sukses.

Leave A Reply

Your email address will not be published.