Tiga Cara Lindungi Android Dari Aplikasi Yang Terinfeksi Malware

0

Tiga Cara Lindungi Android Dari Aplikasi yang Terinfeksi Malware Begitu banyak sekali aplikasi Android telah disediakan oleh toko aplikasi Google Play Store, namun tidak semua aplikasi yang tersedia disana aman dari malware. Untuk itulah Google merilis tool teranyar yaitu Google Play Protect guna melindungi perangkat lunak Android dari aplikasi-aplikasi android yang riskan terkena malware.

Tiga Cara Lindungi Android Dari Aplikasi yang Terinfeksi Malware

Lihat juga :

Cara kerja Google Play Protect cukup mudah, ia akan memberi peringatan ketika menemukan aplikasi yang terinfeksi malware sebelum pengguna Android mendownload aplikasi tersebut. Sederhana bukan?

Namun perlu kamu ketahui bahwa Google Play Protect dibuat hanya untuk mengidentifikasi langsung dari Play Store, tidak dari aplikasi yang download dari situs web third party (via APK). Nah, karena itulah, kamu wajib tahu bagaimana cara mengantisipasi smartphone Android dari aplikasi yang terinfeksi malware.

cara lindungi Android dari aplikasi yang terinfeksi malware.

  1. Perhatikan Daftar Scan Aplikasi

Langkah pertama yaitu memperhatikan kondisi aplikasi, apakah terkena malware ataukah tidak? Dan kamu bisa melihatnya melalui dari daftar aplikasi yang baru saja di-scan.

Caranya yaitu masuk ke menu Settings > Google > Security > Google Play Protect. Di sinilah kamu akan melihat daftar aplikasi yang baru saja di_instal, aplikasi yang terindikasi berbahaya, terinfeksi malware, opsi mengaktifkan fitur cek perangkat untuk keamanan, dan meningkatkan deteksi aplikasi malware.

Selanjutnya jika kamu lihat tulisan “Looks good (No harmful apps found)”, maka artinya smartphone Android kamu telah aman dan terbebas dari aplikasi yang terinfeksi malware.

  1. Tinjau ulang sebelum download

Sebagaiman penjelasan diatas bahwa Google telah meluncurkan Google Play Protect dan sudah di-implementasi-kan. Seluruh aplikasi yang tersedia di Play Store akan menunjukkan logo verifikasi di sisi bawah logo aplikasi.

TulisanVerified by Google Play Protect’ menunjukkan bahwa aplikasi sudah aman dan bebas dari malware dan jelas terverifikasi oleh Google.

So, langkah kedua yang wajib kamu lakukan adalah meninjau ulang sebelum mendownload aplikasi dan memastikan bahwa aplikasi telah Verified by Google Play Protect.

  1. Cek ulang setelah update

Aplikasi yang telah di update atau diperbarui tidak menjadi jaminan keamanan sebuah aplikasi. Sebab itulah, mesin raksasa Google memberi kelengkapan Google Play Protect dengan sebuah fitur yang menjelaskan bahwa aplikasi yang baru saja diupdate atau diperbarui sudah aman dan bebas dari malware.

So, Jika kamu melihat tulisan “No problems found” setelah aplikasi kamu update, maka artinya aplikasi itu telah aman dari infeksi malware.

Demikianlah tiga cara lindungi Android kesayangan kamu dari aplikasi yang berbahaya dan terinfeksi malware. Semoga menjadi perhatian, dan bermanfaat bagi kalian. Sekian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.