Tips Dan Trik Android yang Pengguna Android Wajib Mengetahuinya

0

Tips Dan Trik Android yang Pengguna Android Wajib Mengetahuinya

Tips dan trik Android telah banyak bertebaran di internet menjadikan penggunaannya semakin menarik, penuh pengalaman dan bertambah ilmu seputar teknologi smartphone Android yang kian hari kian canggih.

Namun sayang, tidak semua pengguna Android mengetahui tips dan trik Android untuk memaksimalkan penggunaan Androidnya.

Baca juga:

Di Jamin, Kamu Jadi Jago Android Dengan Tips Ini

Tips Memaksimalkan dan Mengoptimalkan HP Android

Cara Termudah Menemukan Smartphone Android Yang Hilang

Kode Rahasia Android yang Wajib Pengguna Android Ketahui

Tips dan Trik Android
Tips dan Trik Android

Nah, artikel kali ini akan mengupas sejumlah tips dan trik Android yang seharusnya diketahui semua pengguna Android, bahkan hukumnya wajib mengetahuinya. Ha hA..

Tips dan Trik Android.

Selain harga yang terjangkau, pilihan kustomisasi pada Android menjadikannya diminati banyak orang ketimbang iPhone dan yang lain. So, meri simak tips dan trik Android berikut ini:

  • Screenshot tanpa tekan tombol

Mengambil gambar sceenshot biasa dilakukan dengan tombol kombinasi di Android. Namun tahukah kamu bahwa memasang aplikasi Screenshot Crop & Share bisa kamu gunakan untuk mengambil screenshot tanpa harus menekan tombol apapun. Bahkan aplikasi ini mampu untuk mengambil screenshot sebagian saja.

Download: Screenshot Crop & Share

  • Sembunyikan File dan Aplikasi Tanpa Aplikasi

Tips dan trik android selanjutnya adalah menyembunyikan file dan aplikasi tanpa bantuan aplikasi lain. Kamu cukup membuat Guest Mode atau mode yang lain, maka semua file akan aman. Hal ini bisa kamu lakukan di Android Lollipop.

  • Opsi Developer

Kamu bisa jadi developer walau Cuma sekedar pengguna biasa. Google telah menyediakan opsi developer yang bisa kamu gunakan. Dengan menjadi developer, kamu bisa lakukan banyak hal terkait Android. Caranya: masuk ke menu Setting >> Developer Option, lalu aktifkan.

  • Percepat Android yang nge-lag

Dengan kamu menjadi developer di Android, kamu bisa mempercepat Android kamu yang lagi nge-lag.

Caranya, cukup pilih “window animation scale” di Developer Options.

  • Aplikasi Default

Toko aplikasi Google Play Store telah menyediakan banyak aplikasi untuk Android yang banyak juga berfungsi sama. So, kamu harus menentukan aplikasi default yang kamu suka dan tentu nyaman kamu gunakan. Contohnya, UC Browser sebagai browser default ketimbang browser yang lain.

  • Disable Aplikasi yang Tidak Dipakai

Aplikasi bawaan asli dari sebuah smartphone Android cukup membebani kecepatan sistem di Android. So, kamu bisa menonaktifkannya dengan cara masuk ke menu Setting, lalu pilih Apps. Setelah itu, cari dan pilih aplikasi yang akan kamu disable-kan.

  • Akses Cepat ke Setting

Panel notifikasi di Android bisa kamu gunakan untuk mengakses dengan cepat ke berbagai macam menu di Android. Nah, pergunakan juga panel notifikasi itu untuk masuk ke menu Setting agar kamu lebih cepat untuk mengatur apapun yang kamu inginkan.

  • Pantau Pemakaian Data

Hal ini harus kamu lakukan jika tidak ingin kuota kamu habis tanpa sepengatahuan. Masuk ke Setting, lalu pilih Data Usage. Pantau data yang kamu pakai di jaringan mobile atau WiFi.

  • Fitur Battery Saver

Fitur ini wajib kamu aktifkan agar baterai Android lebih hemat dalam pemakaian. So, kamu bisa mengatur fitur ini agar aktif secara otomatis di berapa persen sisa baterai.

  • Akses Cepat ke Kamera

Untuk mempercepat akses dan menghemat waktu kamu bisa menggunakan akses cepat ke kamera yang telah disediakan Google secara default daripada menggunakan jasa aplikasi pihak ketiga. Dengan tips ini, kamu tidak lagi bakal ketinggalan untuk mengabadikan momen – momen istemewa yang terjadi di hadapanmu.

  • Pahami Akses Aplikasi

Ketika kamu memasang aplikasi, kamu wajib memantau kemana saja akses aplikasi itu berjalan. Pasalnya, seluruh aplikasi Android pasti memerlukan akses ke sisitem. Ada yang ke contact, kamera, SMS, lokasi dan lain seterusnya.

So, baca akses apa saja ketika kamu install aplikasi. Hal itu perlu kamu lakukan untuk antisipasi dari adanya aplikasi yang bisa mencuri data pribadi milikmu.

  • Biasakan Multitasking

Multitasking adalah menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan tanpa harus menutup salah satu aplikasi.

Nah, fungsikan tombol Recent Apps untuk multitasking agar waktu yang kamu perlukan lebih cepat daripada harus buka tutup dan mencari aplikasi.

Sebagai info tambahan, sebagian Android sudah dibekali fitur Multi Windows. Fitur ini sangat membantu kegiatan multitasking yang akan kamu lakukan. Nonton video sambil chatting dan browsing bisa kamu perbuat.

  • Fungsikan Google Search

Widget Google Search telah disediakan di Android, namun tidak semua pengguna memanfaatkannya. So, gunakan Google Search untuk mempercepat pencarian apapun yang ada di Android kamu. Baik aplikasi, kontak, browsing dan yang lainnya.

  • Customize

Aplikasi launcher bisa memabntu penampilan Android agar lebih menarik dan tidak lagi membosankan.

Kamu bisa mengunduh aplikasi louncher di Google Play Store, seperti Hola Louncher yang tealh memiliki fitur menyembunyikan aplikasi dan boost. Atau bisa kamu manfaatkan Custom ROM jika Android kamu telah di root.

  • Maksimalkan Layanan Google

Sistem Android dikembangkan oleh Google. So, manfaatkan semua layanan dan aplikasi dari Google. Gmail untuk berkirim email, YouTube buat streaming, Play Musik untuk memutar musik, Photos untuk aplikasi galeri dan yang lain.

Oke, itulah sejumlah tips dan trik Android yang perlu diketahui semua pengguna Android agar lebih maksimal dan jago. SEKIAN.

Leave A Reply

Your email address will not be published.