Tips Hemat Dan Tidak Boros Menggunakan Kuota Internet

0

Tips Hemat Kuota Internet – Komukasi via smartpone semakin banyak dan jadi tren masa kini. Mudah dan tidak mengenal jarak jadi salah satu alasannya. Bermain games dan berselancar di dunia maya juga menjadi kelengkapan smartphone yang menggoda. Namun, disamping itu, kebutuhan pulsa, paket data dan kuota harus juga di perhatikan. Pastinya, semakin membesar jika kita terlalu sering berselancar.

Berselancar di dunia maya sangat menyenangkan. Berbagai macam apa pun yang ada di belahan dunia bisa kamu lihat dan perhatikan. Namun yang terpenting adalah gunakan untuk hal-hal yang bernilai positif. Dan lebih penting lagi kebutuhan data dan kuota internet jangan sampai menjadikan kantong Anda kempes dan bobol, kehabisan uang.

Tips menghemat kuota internet

Kunjungi juga :

Untungnya, sekarang ini, pengguna smartphone bisa memilih. Banyak paket internet telah ditawarkan. Paket internet unlimited dan paket kuota. Tapi tetap saja kedua paket memiliki batas pemakaian. Jika paket kuota habis, maka koneksi internet langsung terputus. Berbeda dengan paket unlimited, koneksi internet tetap bisa di akses namun kecepatannya yang berkurang.

Paket internet unlimited tanpa FUP atau fair usage policy juga telah ada. Pengguna tetap di-izinkan untuk menggunakan paket data tanpa perlu takut kehabisan kuota. Namun sayang, harga yang ditawarkan umumnya sangat tinggi.

Intinya: Apapun paket internet yang kamu gunakan, tetaplah wajib berhemat supaya akses internet lancar tanpa harus menguras isi dompet. Begitu kura-kura.

Hal itu sebenarnya bisa kita atasi dengan alternatif mencari hubungan WiFi gratis. Namun hal itu juga sedikit merepotkan, apalagi bagi pengguna yang disekitarnya tidak ada WiFi gratisan. Pusing deh jadinya. Lagi-lagi isi kantong yang terkuras.

Namun selain WiFi yang free alias gratis, berikut ini ada beberapa Tips Hemat Dan Tidak Boros Menggunakan Kuota Internet,

Bagaimana cara menghemat data Internet di smartphone

  1. Lihat konsumsi data internet

Sebelumnya, kamu harus mengetahui konsumsi data internet yang telah terpakai, digunakan untuk apa saja, dan akses apa yang banyak menghabiskan data internet. Apakah browsing, membuka media sosial, menonton video atau film, bermain game online, atau mendowload.

Informasi konsumsi data internet ini umumnya berada di menu setting. Disana akan di tampilkan berapa data internet yang telah terpakai dan untuk apa saja data internet itu. Atau kamu bisa melacak data via aplikasi pihak ketiga, contoh Onavo Count.

Setelah itu, kamu bisa mengatur aplikasi apa yang menggunakan data internet, semisal setting buka phath saat terhubung Wifi saja, atau di waktu-waktu tertentu saat mendapat bonus kuota.

  1. Matikan update otomatis

Fitur update otomatis bagi sebagian pengguna smartphone sangat menguntungkan untuk mengoptimalkan posel pintarnya. Namun bisa juga merepotkan jika tidak di kendalikan. Update otomatis bisa menguras kuota internet sampai limit, tak tersisa.

Jika satu aplikasi yang di update otomatis berukuran besar maka kuota internet pun akan terpotong seukuran dengan aplikasi itu, bahkan bisa lebih. Itu umumnya. Jika itu satu aplikasi mungkin tidak terasa, tapi bila yang update otomatis itu tiga atau lima aplikasi bagaimana menurut kamu? Kuota kering. Huhuhu…

So, seyogyanya fitur update otomatis kamu matikan saja, dan gunakan update aplikasi hanya jika terhubung WiFi atau perbarui aplikasi secara manual, itu lebih aman untuk kuota internet kamu. Hemat pangkal kaya. Irit pangkal … isi sendiri. Hehehe…

  1. Kurangi download aplikasi

Kurangi mendownload aplikasi. Apalagi jika aplikasi itu berupa aplikasi game. Sebab walaupun ukuran file aplikasi itu beragam, namun umumnya aplikasi game selalu besar. So, perhatikanlah ketika mengunduh aplikasi.

Namun jika kamu sudah ngebet ingin download ya silahkan tapi kami sarankan carilah koneksi WiFi gratis atau saat mendapat bonus kuota.

Aplikasi seperti Facebook saja ketika di download memang berukuran kecil, namun jika sudah kamu pasang maka konsumsi datanya akan membesar. Begitupun dengan instagram, path dan yang lain. So, minimkan download aplikasi. Pilih yang memang benar-benar kamu perlukan. Atau setidaknya atur penggunaan aplikasi.

  1. Cerdas live streaming

Menonton film secara online, melihat video di YouTube, streaming radio adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun jelas kuota data internet akan ludes tak tersisa.

So, ada baiknya jika kamu menghindari hal yang bersifat live streaming memakai koneksi seluler. Lakukan live streaming hanya saat terhubung WiFi gratis.

Namun jika memang harus live streaming maka sebaiknya kamu turunkan dan kurang kualitas video-nya. Misalnya di YouTube telah tersedia pilihan antara 270p hingga 1080p. Jika kualitas video rendah maka ukuran data internet juga lebih kecil, daripada video yang kualitasnya tinggi.

Atau kamu bisa menggunakan fitur baru YouTube yakni menonton video secara offline. Namun perlu kamu ingat bahwa tidak semua video YouTube bisa didownload ke dalam versi offline.

  1. Kompresi data browser

Langkah terakhir adalah kompresi data browser. Beragam browser telah memiliki fitur asli yang cukup berguna bagi yang suka berselancar di dumay alias dunia maya. Bukan Luna Maya lho ya… Sebuah fitur yang otomatis memampatkan data. Contohnya peramban Chrome dan Opera Mini, keduanya memakai server yang berfungsi untuk mengompres data situs yang dikunjungi, lalu mengirimkannya dalam bentuk data yang sudah diperkecil.

So, gunakanlah peramban atau browser yang memiliki fitur kompresi data dan nyalakan fitur tersebut agar konsumsi data lebih hemat.

Demikian sejumlah Tips Hemat Kuota Internet. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa lagi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.