Tips Jitu Memanjangkan Umur Baterai Smartphone

0

Tips Jitu Memanjangkan Umur Baterai Smartphone

Baterai merupakan elemen penting dari sebuah smartphone. Tanpa baterai yang kuat dan tahan lama, smartphone tak bisa berfungsi semestinya. Sebab itulah, pengguna smartphone wajib merawat baterainya dengan tepat supaya tahan lebih lama.

Sudah banyak tips dan trik yang telah dijelaskan di sana sini agar supaya baterai tahan lama dan berumur panjang, namun ada beberapa tips yang sedikit sulit. Contohnya, harus menonaktifkan fitur, tidak download aplikasi, dan hal lainnya yang dapat mengurangi fungsi sebuah smartphone, si ponsel pintar.

Tips Jitu Memanjangkan Umur Baterai Smartphone

Nah, berikut ini ada beberapa tips sederhana namun jitu untuk memperpanjang umur baterai smartphone.

  1. Isi daya baterai secara bertahap.

Sebagaimana di kehidupan nyata, berlari sprint beberapa sesi lebih baik daripada lari marathon satu sesi. Pengisian baterai juga sebaiknya dilakukan beberapa tahapan, agar sel baterai tidak muak dengan pengisian. Semisal dari 30 % sampai 60 % atau dari 45 % sampai 79 %.

  1. Baterai tidak sampai benar-benar kosong.

Kondisi yang ekstrim ternyata berbahaya untuk kesehatan baterai smartphone. Mengisi daya penuh sebuah baterai dalam waktu yang lama itu sebenarnya tidak baik. Namun, lebih tidak baik lagi jika membiarkan baterai smartphone benar-benar kosong, itu berbahaya. Jika hal ini sering terjadi pada ponsel kamu, maka akibatnya ketahanan baterai ponsel kamu akan perlahan menurun.

  1. Kondisi baterai seimbang adalah 40 %.

Kondisi seimbang sebuah baterai adalah 40%, baterai tidak terlalu penuh dan tidak juga kosong. Jika baterai ada di 40%, janganlah kamu menekan sel baterai dengan mengisi dayanya. Sebaiknya kamu gunakan smartphone sampai persentase baterainya menurun sedikit demi sedikit, namun tidak sampai benar-benar kosong. Selanjutnya, isi daya baterai kamu sebelum baterai kosong beneran.

  1. Tidak menaruh baterai di suhu panas.

Ketahanan baterai di suhu normal yaitu 25 derajat akan berkurang 20 % di tiap tahun secara alamiah. Dan baterai akan kehilangan ketahanannya 80% jika ditaruh di sebuah tempat dengan temperatur 60 derajat selama satu tahun.

Inilah sebabnya jangan menempatkan baterai dalam suhu yang panas, agar ketahanan baterai tidak turun drastis.

  1. Tidak menaruh baterai di suhu dingin.

Menempatkan baterai dalam suhu dingin dampaknya juga sama sebagaimana menaruh baterai dalam suhu panas. Jadi, jika kamu menyimpan baterai, pastikanlah tidak kamu taruh di tempat yang suhunya dingin, kulkas contohnya. Dampak negatifnya akan menurunkan ketahahan baterai.

  1. Tidak boleh kosong dalam waktu lama.

Jika kondisi baterai sudah terlanjur benar-benar kosong, maka segeralah isi daya, agar sel baterai tidak “tidur” terlalu lama. Sebab jika dibiarkan seperti itu, maka akibat buruknya akan menghilangkan kemampuan baterai untuk menyerap daya dari charger.

So, perhatikanlah betul-betul tips nomor tiga diatas untuk pengisian ulang daya baterai.

  1. Terimalah kenyataan baterai tidak bisa hidup selamanya.

Manusia itu tidak abadi, dia hidup hanya untuk sementara, lalu mati. Begitupun dengan baterai smartphone kesayanganmu. Ketahanan baterai akan terus menurun di tiap tahunnya. Artinya, baterai tetap punya umur, dan sebagai pengguna smartphone kamu hanya wajib merawat dan menjaganya, agar baterai tidak turun secara drastis. Jika turun sedikit demi sedikit di tiap tahunnya itu masih wajar.

Sebab itulah, kamu jangan sedih. Terimalah kenyataan. Dan bersiap untuk membeli baterai baru untuk kesehatan smartphone kamu.

Perhatian

Tips dan trik yang dijelaskan dimanapun itu cuma untuk memperpanjang umur baterai, bukan untuk membuat baterai abadi.

Demikianlah beberapa tips sederhana namun jitu agar baterai smartphone berumur panjang dan pengguna tidak perlu keluar duit untuk bergonta-ganti baterai. Semoga bemanfaat.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.