Tips Keamanan Transaksi via Mobile Banking

0

Tips Keamanan Transaksi via Mobile Banking

Mobile Banking merupakan alat kelola keuangan yang sangat cocok bagi nasabah yang sangat sibuk atau ingin cepat dan efisien. Sehingga, saat ini pemakaian mobile banking meningkat tajam di kota-kota besar penjuru dunia.

Survei Mastercard Mobile Shopping Survei 2017, memaparkan bahwa 25 % responden di Indonesia mengatakan mereka sudah aktif menggunakan aplikasi mobile banking untuk melakukan pembayaran.

Keamanan Transaksi via Mobile Banking
Foto: Dailysocial

Dengan aplikasi mobile banking, nasabah dapat menyimpan, mengirim, dan menerima uang dengan cepat, mudah, serta aman. Nasabah cuma membutuhkan smartphone dan koneksi internet aman untuk dapat mentransfer pembayaran di mana pun dan kapan pun.

Sebagian bank juga telah menghadirkan aplikasi mobile banking yang dapat didownload di smartphone. Ini cukup mengurangi kunjungan ke bank dan antrean ATM. Namun begitu, transaksi via mobile harus didukung dengan keamanan.

Berikut adalah tips keamanan transaksi via mobile banking:

  1. Tidak Menggunakan Wi-Fi Umum

Tips pertama memakai mobile banking yang aman adalah tidak menggunakan koneksi Wi-Fi umum ketika mengakses aplikasi perbankan. Hal ini disebabkan karena koneksi Wi-Fi umum tidak terjamin keamanannya. Bahkan, memungkinkan data-data di dalamnya rentan diretas oleh hacker.

  1. Cek Website Penerbit Kartu

Hal ini sebetulnya tidak harus dilakukan, namun demi alasan keamanan, memeriksa website dari penerbit kartu bisa kamu lakukan agar lebih percaya diri bahwa informasi perbankan dan uang di rekening tetap aman.

Selain itu, hal ini juga berguna untuk mengetahui siapa yang dapat dihubungi ketika kamu merasa ada aktivitas mencurigakan pada rekening pribadi kamu.

  1. Aktifkan Autentikasi Akun Perbankan

Sebagian besar bank sudah menawarkan bermacam layanan dan perangkat autentikasi. Salah satunya yaitu One-Time-Passwords yang bisa kamu gunakan untuk melakukan autentikasi dan verifikasi proses transaksi yang kamu lakukan.

Dengan layanan ini, transaksi para pengguna mobile banking bisa terlindungi dan lebih aman.

  1. Perbarui Aplikasi Mobile Banking

Memperbarui aplikasi mobile banking yang terinstal di smartphone harus kamu lakukan untuk memastikan bahwa aplikasi itu telah dilengkapi dengan keamanan terbaru.

Dengan meng-update aplikasi mobile banking secara rutin, kamu dapat menikmati manfaat dan bermacam fitur yang ditawarkan dalam aplikasi mobile banking versi terbaru, diantaranya adalah peningkatan keamanan.

  1. Tidak me-Jailbreak Smartphone

Melakukan jailbreak pada smartphone bisa menyebabkan aplikasi pihak ketiga dapat mengakses sistem operasi dari smartphone itu. Dan hal itu sangat berpotensi membuat pihak lain mengetahui seluruh informasi yang tersimpan di smartphone tersebut.

  1. Aktifkan Password di Smartphone

Password merupakan sesuatu yang sangat penting bagi keamanan. Jika tidak ingin smartphone kamu dibobol oleh pihak lain, maka jangan sampai lupa untuk mengaktifkan password atau mengaktifkan fitur keamanan biometrik agar smartphone kamu aman dan terjaga.

Pengaturan password smartphone sangat penting dilakukan jika semua data dan informasi penting ada di dalam smartphone, diantaranya yaitu keuangan perbankan.

Pastikan bahwa kamu sudah memasang smartphone dengan mode terkunci, dan pasang password smartphone untuk mengantisipasi pihak lain mengakses dan mencuri datanya.

Demikianlah sejumlah Tips Keamanan Transaksi via Mobile Banking. Semoga bermanfaat. Selesai.

Leave A Reply

Your email address will not be published.