Tips Membeli Micro SD yang Tepat Buat Smartphone Android

0

Tips Membeli Micro SD yang tepat untuk sebuah smartphone Android merupakan hal yang cukup penting untuk diketahui. Selain karena untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan kualitas Andorid yang kita miliki, juga karena banyaknya Micro SD palsu yang bertebaran dipasaran.

Misro SD banyak diperlukan bagi mereka yang merasa memori internal smartphone yang mereka miliki terlalu sedikit dan kurang luas untuk menyimppan banyaknya file – file yang mereka punya. Baik berupa dokumen, foto, audio, atau video. Baik berupa aplikasi penunjang Android atau game – game seru yang bikin hidup makin hidup.

Baca juga:

Cara Menggunakan Smartphone Android Bagi Pemula

Cara Membuka Smartphone Android Yang Lupa Kata Sandi

Cara Mengunci Jaringan 4G di Smartphone Android

10 Aplikasi Yang Wajib Terinstal Di Smartphone Android

Tips Membeli Micro SD yang Tepat Buat Smartphone Android
Tips Membeli Micro SD yang Tepat Buat Smartphone Android

Oleh karena itu, kalian harus memperhatikan tips membeli Micro SD yang tepat buat smartphone Android dari Android pit berikut ini:

  • Pastikan Smartphone Android Kamu Mendukung Micro SD

Iya, tak semua vendor Android membuat smartphone Android mereka dengan dukungan sebuah slot untuk Micro SD. Mereka berdalih bahwa memori internal Android mereka sudah cukup besar dan luas. Padahal tidak bisa dipungkiri bahwa minat pengguna Android masih cukup tinggi dengan adanya slot Micro SD di Android yang ingin mereka miliki.

Selain itu, perfoma sebuah Micro SD juga tergantung dengan kelas, kecepatan dan kemampuan smartphone Android yang kamu punya.

  • Ketahui Perbedaan SDHC dan Micro SDXC

Perbedaan keduanya harus kamu ketahui ketika membeli Micro SD. Perbedaan keduanya ada di kapasitas data yang mampu disimpan oleh keduanya.

SDHC ( secure digital high capacity) mampu menyimpan data hingga 32 GB, dan SDXC (secure digital extended capacity) mampu menyimpan data mulai 64 GB keatas.

  • Ketahui Keaslian Micro SD

Banyaknya Micro SD palsu yang beredar dipasaran mengharuskan kamu harus teliti sebelum membelinya.

Penampilan Micro SD yang meragukan karena informasi kemasan Micro SD yang tidak lengkap dan fisiknya yang buram bisa menjadi tanda – tanda Micro SD itu aspal, asli tapi palsu.

Selain itu, harga yang terlalu murah untuk Micro SD yang berkapasitas luas dengan merek ternama juga bisa merupakan tanda Micro SD itu palsu.

  • Ketahui Kelas Micro SD

Tips memilih Micro SD selanjutnya adalah mengetahui kelas ebuah kartu Micro SD. Sebab, kelas Micro SD merupakan pertanda tingkat minimal Micro SD dapat mempertahankan transfer data.

Contoh, Micro SD Class 2 (kelas 2) memiliki arti Micro SD mampu membaca dan menulis data di kecepatan 2 Mbps. Begitupun Micro SD Class 10 mampu membaca dan menulis data di 10 Mbps.

  • Ketahui Arti USH di Micro SD

USH merupakan kecepatan transfer data 312 Mbps. Kartu Micro SD tertentu ada yang sudah kompatibel UHS-1 atau UHS-4.

Sayangnya , sampai kini, belum ada smartphone yang mendukung standar UHS. So, kecepatannya tidak sama dengan kecepatan Micro SD yang telah tersedia saat ini.

  • Micro SD Dapat Mempercepat Kinerja Android

Semakin baik Micro SD dapat meningkatkan kinerja smartphone. Menyimpanan aplikasi, foto dan video di Micro SD yang berkecepatan tinggi akan lebih cepat. Kecepatan membuka aplikasi dan transfer data juga akan lebih cepat. Berbeda dengan membuka aplikasi di memori internal pasti kerja smartphone akan lambat.

Nah, itulah Tips Membeli Micro SD yang tepat buat smartphone Android yang kalian miliki. So, sekarang sudah siap memilih dan membeli Micro SD?

Leave A Reply

Your email address will not be published.