Tips Memilih dan Membeli HP Android Bekas biar tidak menyesal

0

Kali ini kita akan lanjut pada postingan Tips Membeli HP Android Bekas . tujuan utamanya adalah untuk mengetahui apa hp android tersebut masih bagus atau tidak. sebelum menyesal dibelakang mending cari pengetahuan dahulu sebanyak-banyaknya. tul gak.,?

Setiap hp baru pastinya lebih terjamin kualitasnya daripada hp yang bekas. Setiap orang pastinya ingin hp baru ketimbang hp yang bekas. Namun masalahnya setiap orang tidaklah dapat membeli hp yang baru karena masalah uang misalnya atau memang dia suka yang bekas daripada yang baru, semoga bukan kamu orangnya. Masak lebih memilih mantan orang daripada yang masih cling. Haha. ..

Lihat juga : 5 Tips / Cara Mengatasi Layar HP Smartphone Bermasalah

Walaupun begitu, tidaklah jadi masalah ketika ingin hp second, tapi tidak semua second kamu beli, Anda harus dapat memilah dan memilih mana yang bagus tapi murah dan berkualitas agar tidak menyesal, semisal mantan orang pilihlah yang sholihah dan yang murah maharnya? Hehehe…

Tips Membeli HP Android Bekas

Baca juga : 5 Tips Ampuh mengatasi Hp Android Yang Mudah Panas

Kebanyakan anggapan orang membeli handphone bekas akan mudah rusak, tidak terjamin kualitasnya dan kebanyakan mengecewakan. Namun, jika kamu beruntung dan memilih dengan tepat, kamu bisa juga mendapat hp bekas tapi berkualitas, karena tidak semua bekas itu tidak berkualitas, bahkan yang terlihat buruk tak disangka lebih berkualitas daripada yang terlihat bagus. opleh karena penting kiranya kamu tahu tentang Tips Membeli HP Android Bekas ini.

tidak ada salahnya mencoba bukan..

So, bagi kamu yang punya rencana membeli handphone bekas maka kamu harus tahu beberapa Tips Membeli HP Android Bekas atau second agar nanti tidak kecewa.

Tips Membeli HP Android Bekas / second

1. Spesifikasi HP.

Tips Membeli HP Android Bekas yang pertama ini adalah menentukan handphone yang akan kamu beli, pastikan merk dan tipe, tentukan spesifikasi hp second yang ingin dibeli, agar nantinya dapat memudahkan untuk memilih hp second yang memenuhi kebutuhan kamu.
perlu kamu tahu smartphone android merupakan pilihan bagus dan baik untuk sekarang ini.

2. Banding Harga

Langkah kedua pada Tips Membeli HP Android Bekas atau second ini adalah mengetahui perbandingan harga handphone yang ingin kamu beli. Kamu harus mencari info seluas luasnya tentang perbandingan harga, diantara caranya yaitu:

1. Bandingkan harga hp bekas incaran kamu dengan harga handphone baru yang sama, karena perbandingan harga hp second umumnya hanya berkisar di 60% sampai 80% dari harga handphone baru. Dan perlu kamu tahu bahwa tingginya persentase harga handphone bekas dengan handphone yang baru itu merupakan tanda bahwa handphone tersebut memiliki kondisi bagus dan kualitas yang baik.
2. Bandingkan harga hp second dari satu counter ke counter yang lain sebanyak mungkin.
3. Bandingkan harga hp second melalui browsing internet dari daftar terbaru harga hp second.

Bandingkan harga handphone second yang ingin dibeli dengan harga handphone second yang ada di daftar harga terbaru di internet, pastinya dengan hp yang sama.

Anda mungkin akan memilih hp yang harganya termurah, namun perlu anda ingat bahwa umumnya kualitas hp tidak jauh berbeda dari harganya.

3. Pengguna Lama

Langkah ketiga dalam membeli handphone bekas adalah mengetahui siapa pemilik hp sebelumnya. Ini sangat membantu sekali untuk anda, jadi, cara jitunya yaitu membeli dari teman dekat, saudara, tetanggan atau orang yang kamu kenal. Dengan begitu kamu akan mendapat keuntungan berlipat yaitu harga lebih murah, bisa dikembalikan jika tidak cocok, dan mudah mengetahui kualitas hp tersebut.

Dan untuk anda yang membeli di toko atau counter bisa dengan menanyakan siapa dan darimana pemilik sebelumnya, berapa hari, bulan, tahun dia memegang hp tersebut, dst. Yang penting yang jaga toko tidak marah marah jika kamu tanya. Kalau yang jaga perempuan kan lumayan, jika kamu masih jomblo. Hahaha… pdkt.

Ingat! Bahwa maksud dari siapa pemilik sebelumnya adalah pria ataukah wanita, muda ataukah tua, atau bisa profesinya apa, begitu. Jadi, bukanlah yang dimaksud itu nama orangnya. Karena informasi tersebut berguna buat kamu untuk mudah menyimpulkan kualitas handphone bekas yang ingin kamu beli.
Misalnya: pemilik sebelumnya itu wanita umumnya handphone lebih terawat daripada pemilik sebelumnya lelaki, jika pemilik sebelumnya orang tua maka umumnya lebih baik dari yang dipegang anak muda. Jika pemilik sebelumnya dokter maka umumnya hp lebih terjaga daripada yang dipegang montir. Jadi, umumnya bagaimana, kamu bisa menebak kualitas hp second itu. Tapi tidak semuanya seperti itu juga, karena mungkin saja pemilik sebelumnya wanita tapi bertenaga pria, atau pemilik sebelumnya dokter tapi merangkap montir. Hahaha…

4. Fisik HP

Langkah keempat adalah memeriksa dan memastikan kondisi fisik handphone bekas yang akan dibeli. Adakah kerusakan, dimana rusaknya, seberapa rusaknya. Jadi, pilih dan belilah Handphone second atau bekas yang kondisinya mulus, tidak tergores dan masih terlihat cerah, tapi bukan fisik hp yang sudah diganti, jika sudah diganti ya bukan jaminan hp itu bagus.

5. Stiker Garansi

Langkah kelima adalah memeriksa dan memastikan segel atau stiker garansi, karena sebuah Handphone tentunya terpasang stiker garansi atau segel, maksudnya, jika segel atau stiker garansi sudah rusak berarti handphone bekas itu sudah pernah dibongkar dan sudah pernah diperbaiki.

Jadi, pilih dan belilah Handphone bekas atau second yang masih utuh segelnya, yang masih utuh stiker garansinya.

6. Kotak Box HP

Langkah keenam adalah memeriksa box atau kotak handphone yang akan dibeli.
Handphone atau smartphone walaupun bekas sekalipun tetaplah lebih baik jika masih ada kotaknya, karena berguna dan mempermudah anda untuk mengetahui spesifikasi hp yang tertulis di box, dan juga mengetahui nomor emei hp second tersebut, selain itu untuk mengetahui apakah masih ada asesoris lainnya, semisal chager, buku petunjuk, buku garansi, headset, disk, dan yang lain.

Kesimpulannya: belilah handphone bekas yang masih utuh dan lengkap dengan kotak dan asesorisnya, daripada kamu keluar duit untuk membeli secara terpisah.

7. Nomor IMEI

Langkah ketujuh adalah memeriksa nomor IMEI.
perangkat handphone atau smartphone sudah tentu memiliki nomor IMEI masing-masing dengan tujuan sebagai tanda bahwa handphone tersebut asli, bukan tiruan.
IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Indentity.
Nomor IMEI itu tercantum di box atau kotak handphone sebagaimana keterangan di langkah keenam tadi, dan ada di handphone tersebut, jadi lihatlah nomor IMEI yang tercantum di box handphone kemudian bandingkan dengan nomor IMEI yang ada pada Handphone.

Cara mengetahui nomor IMEI di handphone adalah menekan tombol *#06# .

8. Layar HP

langkah kedelapan adalah memeriksa kondisi layar handphone, yang biasanya berupa Touchscreen atau Layar sentuh yang merupakan ciri khusus dari Smartphone Android, si robot hijau. Pastikan bahwa layar masih lancar dan tidak tersendat atau bahkan tidak merespon sentuhan.
kamu operasikan dengan cara menekan dengan lembut dimuka layar dan perhatikan adakah yang tidak merespon atau tersendat, yang artinya layar dalam kondisi bermasalah bahkan rusak jika tidak merespon sentuhan sama sekali.

9. Baterai HP

Langkah kesembilan pada Tips Membeli HP Android Bekas adalah memeriksa Baterai handphone second yang akan kamu beli. Pastikan bahwa kondisi baterai masih tahan lama dan tidak ada kerusakan fisiknya.
jika kondisi baterai masih terlihat mulus dan tidak kembung, yang artinya baterai sudah rusak dan tidak tahan lama atau bahkan tidak bisa terisi charge.

Periksa dan pastikan juga bahwa baterai merupakan baterai asli bawaan pabrikan, tidak baterai yang sudah diganti. Jadi, pastikan baterai masih ada stiker yang menandakan masih asli.

10. Fungsi HP

Langkah kesepuluh adalah mengoperasikan handphone second untuk mengujinya. Pastikan semua fungsi-fungsinya dalam kondisi normal, lancar dan tidak ada masalah.

•ceck  kamera dan perhatikan hasilnya
•Uji pemutar musik, naikkan dan turunkan volume suaranya
•Cek dengan teliti pemutar video dan perekam videonya.
•Uji untuk melakukan panggilan, dengarkan suara di speaker handphone, dan pastikan bahwa suara masih jernih dan jelas.
• Perhatikan sinyal dengan cara browsing dan memutar video secara online.
•cek memory internal dan memory eksternal, lihat speknya dan data yang telah ada.

11. Minta Garansi

Dan langkah terakhir adalah meminta Garansi.
Pilih dan belilah handphone second yang memiliki garansi nasional, atau setidaknya garansi dari counter. So, jangan lupa meminta garansi walau tiga hari misalnya, karena dengan garansi itu, kamu bisa kembali ke counter jika ada masalah dengan handphone second yang kamu beli.

Demikianlah beberapa tips memilih dan membeli handphone bekas yang berkualitas.

Semoga dapat dipahami bukan disalah pahami. Wassalam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.