Tips Memilih Hard Disk External yang Baik untuk Laptop

0

Hard disk external kini semakin banyak yang memerlukannya. Khususnya untuk laptop yang kapasitas hard disk internal yang terbatas. Selain itu, hard disk laptop tidak seperti hard disk PC yang mudah diganti.

Tapi, memilih hard disk external untuk laptop yang bagus dan memuaskan cukup sulit, karena harus mengerti betul kualitasnya agar awet dan tidak mudah rusak.

Baca juga:

Cara Jitu Agar Baterai Laptop Awet dan Tidak Bocor.

Cara Menghidupkan Dan Mematikan Komputer / PC Khusus Pemula

tips memilih hard disk external untuk laptop

Nah, kali ini kalian harus perhatikan tips memilih hard disk external yang baik untuk latop berikut ini:

  • Operasi sistem

Kalian harus memastikan bahwa sistem operasi hard disk external sama dengan sistem operasi laptop yang kalian miliki. Hal ini dikarenakan sistem operasi setiap laptop berbeda dengan lainnya, begitupun dengan hard disk. Walaupun toh sama-sama bisa membaca ke yang lain, namun hal itu tidak bisa secara maksimal. Misalnya OS X yang sistem operasinya HFS+ bisa membaca hard disk berformat NTFS (sistem operasi Windows) namun nanti kalian tidak bisa menulis atau pun menulis di dalamnya.

  • Kapasitas

Kalian harus memastikan kapasitas hard disk external cukup besar dan memenuhi kebutuhan. Jadi, kalian harus menghitung dengan cermat berapa kapasitas yang diperlukan, karena file yang ada di laptop juga berukuran cukup besar, baik itu foto, audio, musik, dokumen, terutama video film, jelas lebih besar. Apalagi jika kalian ingin menyimpannya sebagai koleksi.

  • Kecepatan rotasi

Selanjutnya, kalian harus memerhatikan kecepatan rotasi dari piringan hard disk external yang akan kalian beli, karena hal itu berpengaruh pada kecepatan menulis dan membaca data.

Kecepatan hard disk yang 10.000 RPM atau 7200 RPM tentu memiliki perfoma lebih baik dari 5400 RPM.

  • Konektivitas

Umumnya, hard disk external memakai port USB untuk terhubung dengan laptop, baik itu USB 3.0 atau USB 2.0.

USB 3.0 memiliki kecepatan 5 Gbps, lebih cepat dari USB 2.0 yang berkecepatan 480 Mbps. Bahkan kini, sudah tersedia hard disk yang memakai koneksi via port thunderbolt yang memiliki kecepatan dua kali lipat dari USB 3.0. namun harganya mahal.

  • Pelindung hard disk

Pelindung hard disk juga perlu kalian perhatikan, karena cover penutup hard disk bisa menjadi petunjuk harga dan kualitas sebuah hard disk. Jika penutup hard disk itu kuat maka hard disk juga akan semakin aman dan tidak mudah rusak. Namun sebaliknya, pelindung yang biasa saja tentu lebih murah.

  • Fitur

Fitur sebuah hard disk external juga perlu diperhatikan, seperti fitur backup, password protection, dan fitur yang lain, sesuaikan keperluan kalian.

  • Garansi

Garansi perlu kalian perhatikan ketika membeli hard disk external. Karena jika kalian memiliki garansi, maka tidak perlu khawatir sewaktu hard disk itu mengalami kerusakan.

  • After sales

After saler (Tempat servis) juga harus kalian perhatikan sebelum membeli hard disk external, karena membeli hard disk dari produsen besar dan ternama tentu lebih mudah untuk servis jika rusak.

  • Ukuran hard disk

Ukuran hard disk external yang direkomendaiskan adalah ukuran 2.5. karena kalian tentu membeli hard disk dengan alasan ukurannya yang kecil. Selain itu, jika ukurannya besar maka tentu cukup ribet dan memerlukan daya listrik lebih besar.

  • Harga

Iya, harga hard disk external wajib kalian perhatikan, karena setiap hard disk dijual dengan harga yang berbeda. Harga hard disk berukuran 1 TB sekitar 800 rb, sementara hard disk berukuran 2 TB ke atas di jual dengan harga mulai satu juta keatas.

Demikianlah tips memilih hard disk external untuk laptop yang bagus dan memuaskan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kalian. Sekian. Terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.